loading

Cara Membuat Tempe

Setelah sebelumnya memposting cara membuat tahu, :-bd kali ini cara dan resep membuat tempe. Tempe adalah makanan khas kita bangsa Indonesia, walaupun makanan ini terkesan “murah” namun sebenarnya mengandung gizi tinggi, apalagi yang saat sulit tidak punya duit buat beli daging, bisa diganti dengan tempe karena juga mengandung protein nabati. Uniknya lagi, dari banyak makanan yang berasal dari kedelai yang ada disekitar kita, tempe adalah yang asli berasal dari Indonesia. Yang lain seperti tahu, kecap dan lain-lain kebanyakan dari China atau Jepang. Apalagi sekarang tempe sudah mendunia lho...

Cara Resep Membuat Tempe

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif. Baiklah sekarang mari kita bahas ke masalah caranya membuat tempe.

Bahan-bahan membuat tempe:

  1. Kacang kedelai 2 kilo gram
  2. Ragi tempe 1 sendok makan
  3. Tepung Sagu / Tapioka 1 sendok makan

Cara Membuat Tempe:

  1. Rebus Air di panci, setelah mendidih angkat. Masukan kacang kedelai kedalam panci yang berisi air mendidih tadi, diamkan sampai air hangat. Kacang kedelai tadi di buang kulitnya, sampai bersih.
  2. Rebus kacang kedelai sampai airnya mengeluarkan buih/empuk. Buang air rebusan tadi sampai kering, lalu masukan kacang kedelai kewadah yang datar yang bawahnya dialasi kain/handuk kecil, biar meresap dan tempe cepat kering.
  3. Setelah kacang kedelai kering, pindahkan tempe ke wadah yang cekung / bowl. Masukan Ragi tempe dan tepung sagu sambil di aduk aduk dan tercampur rata.
  4. Masukan Tempe kedalam Plastik dan rapatkan ujung plastiknya. Tusuk tusuk Plastik dengan ujung pisau sebanyak 8 tusukan dan di baliknya 8 tusukan,untuk mendapatkan udara.
  5. Setelah semua selesai masukan tempe ke dalam tempat yang hangat/kotak, tutup dengan kain/handuk kecil, jangan di buka buka kurang lebih selama 36 jam.

Ragi tempe dapat diperoleh di penjual kacang kedelai, ragi ini beda dengan ragi roti atau ragi tape.

Selamat mencoba! Eh iya, sekalian dibawah agar lebih lengkap ada video cara membuat tempe, juga disertakan daftar video yang mengandung kata "membuat tempe".

Tempe buatan sendiri mungkin lebih enak, karena dibuat bukan dengan nilai komersial, namun dengan rasa cinta.

Cara Membuat Tempe Bahan: 1. 1 kg kedelai 2.1 sendok teh atau 2 gr ragi tempe ... Cara Membuat Tempe 100% Berhasil! Cara Membuat Tempe atau Resep Membuat Tempe: 1 Cuci kacang kedelai lalu rendam selama 24 jam. 2 Kacang kedelai akan mengembang. 3 Setelah ... CARA MEMBUAT TEMPE TANPA RIBET cara buat tempe untuk pemula 1.rendam kedelai di air selama 1 malm 2.kupas kulit kedelai yang sudH DIRENDAM 3.rebus sampai empuk 4.tiriskan dan ... Cara Membuat Tempe Sendiri Langkah demi Langkah Cara Membuat Tempe Sendiri Langkah demi Langkah ALAT DAN BAHAN MEMBUAT TEMPE : Baskom Saringan Dandang Kipas angin Sotel kayu Tampah ... Cara Mudah Membuat Tempe Kedelai Asli Hai sedulur (saudara dalam bahasa jawa) kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat tempe dengan simpel dan sederhana sekali. Ini kan kami ... Cara Membuat Tempe Sederhana sehat, bergizi tinggi, makanan pokok orang Indonesia. selamat mencoba :)
Koleksi Video Membuat Tempe
URL
TitleCara Membuat Tempe
DescriptionBahan: 1. 1 kg kedelai 2.1 sendok teh atau 2 gr ragi tempe ...
Unduh MP4 3GP WEBM MP3 M4A
Cara Membuat Tempe
Cara Membuat Tempe 100% Berhasil!
CARA MEMBUAT TEMPE TANPA RIBET
Cara Membuat Tempe Sendiri Langkah demi Langkah
Cara Mudah Membuat Tempe Kedelai Asli
Cara Membuat Tempe Sederhana
widget by Pondok Jeruk List Video Builder

Komentar 3

  1. mantap tempenya, kalau kata orang jawa tempe munthuk, saya dan keluarga paling suka dengan tempe godhong

    BalasHapus
  2. Di magelang saya pernah makan tempe godhong, dibungkus kecil2 padahal masih mentah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah... Tempe mentah dimakan.

      Hapus
 
Jika kesulitan memilih ID, gunakan opsi Name/URL, isikan nama Anda, URL isi dengan URL profil facebook atau kalau lupa biarkan kosong. Link aktif di dalam komentar jika tidak relevan akan masuk kotak spam.
<b>, <i> standar bisa digunakan. Tag lain dibawah ini:
{u} text bergaris {/u}
{small} text kecil {/small}
{center} text rata tengah {/center}
{blockquote} text dalam blockquote {/blockquote}
{img} url-gambar {/img}
{youtube} url-video-youtube {/youtube}
{code} kode yang sudah di encode {/code}
Encode kode disini (tidak perlu menambahkan {code} dan {/code}
   

Popular Posts this Week 

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terl...

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Orang Menurut Cara Nyontek mungkin tidak menjadi salah satu ukuran dalam hal yang serius, tapi lumayan untuk menambah referensi dan m...

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Download Kalender 2018 dan Hari Besar / Libur / Cuti Nasional dalam file PDF, sebenarnya mau membuat untuk versi kalender 2018 excel, tapi ...