Langsung ke konten utama
loading

Cara Membuat Tempe

 

Setelah sebelumnya memposting cara membuat tahu, :-bd kali ini cara dan resep membuat tempe. Tempe adalah makanan khas kita bangsa Indonesia, walaupun makanan ini terkesan “murah” namun sebenarnya mengandung gizi tinggi, apalagi yang saat sulit tidak punya duit buat beli daging, bisa diganti dengan tempe karena juga mengandung protein nabati. Uniknya lagi, dari banyak makanan yang berasal dari kedelai yang ada disekitar kita, tempe adalah yang asli berasal dari Indonesia. Yang lain seperti tahu, kecap dan lain-lain kebanyakan dari China atau Jepang. Apalagi sekarang tempe sudah mendunia lho...

Cara Membuat Tempe

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe". Cara Membuat Tempe

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif. Baiklah sekarang mari kita bahas ke masalah caranya membuat tempe.

Bahan-bahan membuat tempe:

  1. Kacang kedelai 2 kilo gram
  2. Ragi tempe 1 sendok makan
  3. Tepung Sagu / Tapioka 1 sendok makan

Cara Membuat Tempe:

  1. Rebus Air di panci, setelah mendidih angkat. Masukan kacang kedelai kedalam panci yang berisi air mendidih tadi, diamkan sampai air hangat. Kacang kedelai tadi di buang kulitnya, sampai bersih.
  2. Rebus kacang kedelai sampai airnya mengeluarkan buih/empuk. Buang air rebusan tadi sampai kering, lalu masukan kacang kedelai kewadah yang datar yang bawahnya dialasi kain/handuk kecil, biar meresap dan tempe cepat kering.
  3. Setelah kacang kedelai kering, pindahkan tempe ke wadah yang cekung / bowl. Masukan Ragi tempe dan tepung sagu sambil di aduk aduk dan tercampur rata.
  4. Masukan Tempe kedalam Plastik dan rapatkan ujung plastiknya. Tusuk tusuk Plastik dengan ujung pisau sebanyak 8 tusukan dan di baliknya 8 tusukan,untuk mendapatkan udara.
  5. Setelah semua selesai masukan tempe ke dalam tempat yang hangat/kotak, tutup dengan kain/handuk kecil, jangan di buka buka kurang lebih selama 36 jam.

Ragi tempe dapat diperoleh di penjual kacang kedelai, ragi ini beda dengan ragi roti atau ragi tape.

Selamat mencoba! Eh iya, sekalian dibawah agar lebih lengkap ada video cara membuat tempe, juga disertakan daftar video yang mengandung kata "membuat tempe".

Tempe buatan sendiri mungkin lebih enak, karena dibuat bukan dengan nilai komersial, namun dengan rasa cinta.

Cara Membuat Tempe Bahan: 1. 1 kg kedelai 2.1 sendok teh atau 2 gr ragi tempe ... Cara Membuat Tempe 100% Berhasil! Cara Membuat Tempe atau Resep Membuat Tempe: 1 Cuci kacang kedelai lalu rendam selama 24 jam. 2 Kacang kedelai akan mengembang. 3 Setelah ... Cara Mudah Membuat Tempe Kedelai Asli Hai sedulur (saudara dalam bahasa jawa) kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat tempe dengan simpel dan sederhana sekali. Ini kan kami ... Cara Membuat Tempe Sederhana sehat, bergizi tinggi, makanan pokok orang Indonesia. selamat mencoba :)
Koleksi Video Membuat Tempe
URL
TitleCara Membuat Tempe
DescriptionBahan: 1. 1 kg kedelai 2.1 sendok teh atau 2 gr ragi tempe ...
Cara Membuat Tempe
Cara Membuat Tempe 100% Berhasil!
Cara Mudah Membuat Tempe Kedelai Asli
Cara Membuat Tempe Sederhana
star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Cara Membuat Tempe” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Rabu, 18 Oktober 2017
Last Modified:2020-11-11T08:14:03Z

Recent Posts

    Komentar 2  Recent Comments