loading

Makanan Khas Indonesia yang Tidak Lumrah, Pecinta Kuliner Masuk!

Indonesia benar-benar kaya dengan budaya dan adat istiadat. Bidang kulinernya juga melimpah ruah. Tiap daerah memiliki makanan khas sendiri-sendiri, bahkan masakan yang namanya sama bisa-bisa rasanya sangat berlainan.

Jika kamu seorang pecinta kuliner dan suka dengan tantangan, sebaiknya kamu mencoba makanan-makanan dibawah ini yang juga khas Indonesia, saya sendiri sudah pernah merasakannya tapi tidak semuanya. Baiklah langsung saja ke masakan aneh yang mungkin tidak semua orang mau.

Bothok Tawon

tawon/lebah

Bothok biasanya makanan yang terbuat dari campuran tempe, tahu, daun beluntas dengan parutan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus atau sayuran lainnya. Tapi, bothok yang satu ini berbeda, terbuat dari bahan sarang tawon/lebah. Makanan ini bisa dijumpai di beberapa daerah di pedesaan Jawa Timur. Saya pernah makan ini di Banyuwangi, dan meskipun awalnya agak takut tapi setelah merasakan enak juga, mungkin karena yang memasak memang ahli. Makanan ini biasanya dimasak untuk hajatan atau acara-acara tertentu, seperti syukuran rumah baru atau acara lain yang konon katanya dapat mendatangkan banyak rejeki bagi sang pemilik rumah. Mungkin filosofinya seperti sarang yang dikerubungi banyak tawon yang kalau diartikan kita bisa mendapatkan banyak rejeki.

Belalang Goreng Khas Gunung Kidul

Belalang

Belalang adalah salah satu serangga yang halal dimakan, bahkan bangkainya pun juga halal. Belalang goreng ini dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk tubuh. Saya pernah makan ini juga, digado enak dan bumbunya yang membuat enak, tapi kalau terlalu banyak lama-lama juga pahit. Kadang kalau tidak terbiasa saat makan pertama kali akan gatal-gatal, tapi tidak parah, seperti biduran kecil.

Tikus Panggang Khas Manado

tikus

Tikus adalah hewan yang menjijikkan bagi banyak orang, terutama bagi perempuan. Namun, bagi masyarakat Manado, tikus justru diburu dan dibuat makanan. Makanan khas yang satu ini terbuat dari daging tikus hutan yang dipanggang. Gimana ya rasanya? Kalau ini saya belum pernah coba dan tidak ingin mencoba, kamu silahkan coba sebagai tantangan.

Sup Kelelawar dari Manado

kelelawar

Orang Manado terkenal hobi mengkonsumsi makanan yang ekstrem. Selain tikus panggang, daging kelelawar juga digemari oleh masyarakat Manado. Daging kelelawar ini dimasak menjadi rica-rica, dipanggang, diberi bumbu santan, atau bisa juga dijadikan sup. Nah kamu saya acungi jempol kalau mau mencoba masakan ini, tapi ngomong-ngomong siapa tahu rasanya enak. Saya tidak pernah makan makanan ini.

Ulat Sagu Khas Papua dan NTB

Ulat sagu

Ulat sagu merupakan larva dari kumbang merah kelapa yang hidup pada batang sagu yang membusuk. Ulat sagu ini biasanya dimakan mentah atau dijadikan sate. Konon katanya, rasa ulat sagu ini manis, lunak, dan lezat. Makanan khas ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi (9,34%) dan bebas kolesterol. Tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Mau coba makanan yang satu ini biar sehat? Kamu perlu makan ini kalau kurang sehat, haha. Ini juga saya tidak pernah/mau makan.

Buat kamu yang penasaran dan merasa tertantang dengan makanan-makanan aneh diatas, tidak ada salahnya untuk mencoba. Saya mending makan ikan gurame saja dah.

Komentar 4

  1. Huuuueeeeeeeeeeeeeee! nggilani!

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojok komentar judi disini paklek.

      Hapus
    2. Lah, wedok diceluk paklik dadakno.

      Hapus
Jika kesulitan memilih ID, gunakan opsi Name/URL, isikan nama Anda, URL isi dengan URL profil facebook atau kalau lupa biarkan kosong. Link aktif di dalam komentar jika tidak relevan akan masuk kotak spam.
<b>, <i> standar bisa digunakan. Tag lain dibawah ini:
{u} text bergaris {/u}
{small} text kecil {/small}
{center} text rata tengah {/center}
{blockquote} text dalam blockquote {/blockquote}
{img} url-gambar {/img}
{youtube} url-video-youtube {/youtube}
{code} kode yang sudah di encode {/code}
Encode kode disini (tidak perlu menambahkan {code} dan {/code}

Popular Posts this Week

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terl...

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Download Kalender 2018 dan Hari Besar / Libur / Cuti Nasional dalam file PDF, sebenarnya mau membuat untuk versi kalender 2018 excel, tapi ...

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Orang Menurut Cara Nyontek mungkin tidak menjadi salah satu ukuran dalam hal yang serius, tapi lumayan untuk menambah referensi dan m...