Langsung ke konten utama
loading

Pedang Damaskus, Pedang Tajam di Dunia

  

Ada yang bilang bahwa Pedang Damaskus, adalah pedang paling tajam di dunia, :-bd ungkapan ini ada benarnya, tapi karena belum pernah diadu beneran dengan pedang terkenal lainnya, maka kita sebut saja bahwa pedang damascus adalah pedang yang sangat tajam dan sudah diakui dunia. Walaupun teknologi pembuatannya menghilang di abad ke 18 :( karena mungkin ahli pembuatknya meninggal sebelum mewariskan ilmunya, namun kemudian dengan kecanggihan modern mampu juga membuat tiruan logamnya meskipun entah apa bisa sekuat dan setajam pedang damascus asli.

Pedang Damaskus

Pedang damaskus ini di gunakan dan dibuat oleh kaum muslimin untuk berperang melawan tentara kristen pada perang salib. Tentara Crusader kaget dengan pedang kaum muslimin ini. Karena pedang ini dapat menembus baju zirah tentara Crusader dengan mudah. Pedang ini juga mampu membelah pedang dan perisai tentara Crusader. Pedang ini digunakan oleh Shalahuddin Al-Ayyubi panglima perang muslimin waktu itu. Tidak hanya pedang beliau saja yang menggunakan besi Damaskus.Tetapi, baju dan perisainya juga. Itu artinya, kaum muslimin sudah menggunakan teknologi nano terlebih dahulu. Pedang Damaskus

Ciri khas paling khusus dari pedang damaskus ini adalah terdapat pola air di pedangnya mirip dengan keris kalau di jawa, namun bukanlah lapisan logam tapi pola yang menyatu di logamnya meskipun permukaannya halus, Elastis, sangat kuat, tidak mudah patah dan sangat tajam hinga bisa memotong pedang tentara Crusader.

Bagaimana Pedang Damaskus bisa sangat kuat dan tajam?

Alasan pedang ini bisa sangat kuat dan tajam yaitu menurut sekelompok ilmuwan University of Dresden mengatakan bahwa terdapat carbon nano tubes di pedang ini, itu artinya, kaum muslimin sudah menggunakan teknologi nano pada zaman dahulu. Carbon nanotubes ini 200 kali lebih kuat daripada baja.

Carbon nano tubes adalah material berteknologi nano. Carbon nano tubes adalah Komposisi senyawa karbon yang berbentuk tabung dan berukuran nano. Dibentuk dengan rasio perbandingan panjang : lebar » 132.000 : 1. Lebih besar dibanding material lainnya.

Molekul silinder material ini memiliki sifat yang luar biasa dan dapat dimanfaatkan untuk teknologi nano, elektronika, optik dan berbagai bidang ilmu dan teknologi material. Karena mereka memiliki koniktivitas termal ataupun sifat mekanis dari listrik yang dimiliki, karbon nanotube dapat diaplikasikan untuk berbagai macam bahan struktur.

Lalu apa hubungannya dengan ketajaman pedang? Seperti yang dikatakan tadi Carbon nanotubes Adalah material yang sangat kuat dan kecil, sehingga sangat tajam. Umumnya, baja memiliki fasa yang disebut ferit yang bersifat lunak. Tapi, Carbon nano tubes memiliki struktur (fasa) yang sangat kuat. Kemudian struktur tadi itu terdistribusi secara tertentu oleh ferit yang manghasilkan kombinasi yang luar biasa.

Nah itulah tentang pedang damascus yang legendaris, dan saat ini banyak yang dijual pisau damascus, pisaunya tajam, harganya mahal, karena logam penyusunnya memang bukan sembarang logam, meski tidak bisa menyamai pedang damascus asli tapi sudah sangat bagus kualitasnya, dibawah ada video-video tentang pisau damascus ini, karena teknologi ini banyak diadopsi orang barat juga dalam pembuatan pisau.

3 HOUR DAMASCUS KNIFE Thank you for watching! I make videos every day! Be sure to SUBSCRIBE :-) Want to see more? Check out this AWESOME DAGGER VIDEO! knife making - full Steel handle Damascus knife SOLD my webshob - my instagram - This video was really fun to make because it is ... Dagger blade Damascus of the cable The process of manufacturing a blade of a dagger from Damascus steel from an iron cable. On the cutting edge steel W1-7, zone hardening, 62 units according ... Making a Damascus Steel Knife Thanks for watching Make sure to click the alert button for more!!!!! This is my first attempt at making a knife I learnt a few things along the way and enjoyed the ... Making Damascus Steel Knife Hello :) This is my first damascus steel :) i have few cold welds there but one learns with mistakes :) Enjoy the video :) Knife making - damascus kitchen knife my webshob - my instagram - This knife This knife was a custom order. the knife it has 145 ...
Koleksi Video Damascus Knife
URL
Title3 HOUR DAMASCUS KNIFE
DescriptionThank you for watching! I make videos every day! Be sure to SUBSCRIBE :-) Want to see more? Check out this AWESOME DAGGER VIDEO!
3 HOUR DAMASCUS KNIFE
knife making - full Steel handle Damascus knife
Dagger blade   Damascus of the cable
Making a Damascus Steel Knife
Making Damascus Steel Knife
Knife making - damascus kitchen knife
star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Pedang Damaskus, Pedang Tajam di Dunia” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Minggu, 1 Oktober 2017
Last Modified:2020-11-11T06:49:06Z

Recent Posts

    Komentar 6  Recent Comments