loading

Keuntungan Menjadi Blogger

Keuntungan Menjadi Blogger apa saja sih? (*) atau jangan-jangan sama sekali tidak ada keuntungannya? :-ss Untuk orang yang pertama kali belajar ngeblog seperti saya ini, pertanyaan "apa saja untung rugi menjadi blogger" selalu terbersit di kepala. Untuk lebih tahu manfaat menjadi blogger, kita harus tahu dulu blogger itu apa? bisa dimakan apa gak? :))

Keuntungan Menjadi Blogger

Pertanyaan keuntungan jadi blogger itu adalah nomor kesekian, yang pertama perlu dipahami justru apa itu blogger? apakah punya blog selalu adalah blogger? Blogger sejati itu yang bagaimana? Munculnya istilah blogger itu dikarenakan apa? Saya ini sebenarnya blogger apa bukan?! :-o

Nah ternyata banyak yang harus diketahui dulu sebelum tahu keuntungan menjadi seorang blogger, oleh sebab itu mari kita ulas dulu yang perlu dipahami. Keuntungan Blogger

Apa itu blogger?

Blogger merupakan kata yang yang memiliki 2 arti, yang pertama:

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Wikipedia, Blogger (layanan)

Arti kedua memiliki penjelasan di wikipedia menjadi 2 halaman, dan istilah blogger di Indonesia sebenarnya adalah Narablog, dan blog sendiri juga memiliki definisi. Berikut ini selengkapnya:

Narablog – (istilah baku: pengeblog) adalah penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun kelompok, dalam aneka kategori pembahasan.

Wikipedia, Blogger

Narablog (bahasa Inggris: blogger) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki sebuah blog serta menyunting isi blog tersebut secara berkala maupun tidak berkala. Istilah ini dicetuskan untuk pertama kalinya oleh Enda Nasution.

Wikipedia, Narablog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Wikipedia, Blog

Dari 2 pengertian diatas kita sekarang tahu bahwa arti kedualah yang kita maksudkan, karena kalau arti pertama hanya menggambarkan tentang layanan milik google untuk melakukan kegiatan ngeblog, atau bisa kita istilahkan, seorang blogger (Narablog / pengeblog) bisa jadi membuat blognya di layanan blogger (layanan, blogger.com).

Nah sekarang sudah tahu definisi blogger, dan ternyata asalkan seseorang memiliki blog dan menuliskan didalamnya posting-posting atau tulisan-tulisan, itu bisa disebut blogger. Walaupun mungkin ada embel-embel dibelakangnya kalau mau dikategorikan lagi dengan jenis-jenis blogger, sebab "blogger sejati" murni menuliskan tulisannya sendiri.

Bisa jadi ada "blogger rewrite", "blogger copas", "blogger ikut-ikutan", "blogger matre", "blogger pintar", "blogger goblog", dan lain-lain :))

Entah kita masuk kategori blogger apa silahkan nilai sendiri, kalau saya sepertinya masuk blogger rewrite dan blogger goblok, ~x( semoga gak masuk blogger copas meski ada juga yang copas postingnya dari medsos. ^:)^

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger

Manfaat menjadi blogger sebenarnya sulit dibakukan, karena akan berbeda tiap individu merasakannya. Tidak usah jauh-jauh, dari jenis-jenis blogger diatas saja bisa berbeda manfaatnya, padahal diatas hanya contoh saja dari beberapa jenis blogger.

Meski bisa berbeda keuntungan bagi masing-masing individu karena tujuannya bisa berbeda-beda, saya akan mencoba memberikan beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh semua blogger maupun hanya beberapa jenis blogger tertentu saja.

1. Melatih Kemampuan Menulis

Kecuali blogger copas, semua pasti akan mendapatkan keuntungan ini, bahkan blogger copas sekalipun sepertinya juga akan terlatih menulis, sebab kadang mungkin dia sisipkan juga beberapa kata di blognya dari kata-katanya sendiri. Seiring berjalannya waktu kualitas tulisan sesorang akan makin baik jika terus dilatih.

Bahkan jika seseorang dari awal sudah terlatih, saat menjadi blogger dia akan memiliki tambahan dengan kemampuan menulis dengan kaidah SEO, ini menurut para pakar SEO. Jadi tentu saja makin joss keterampilan menulisnya.

2. Melatih Suka Membaca

Sebenarnya ini tidak perlu penjelasan, contoh mudahnya, "orang bisa mengaku bisa membaca walau tidak bisa menulis, namun tidak mungkin orang bisa menulis kalau tidak bisa membaca". Jadi dengan menjadi blogger kita akan tertuntut untuk selalu membaca untuk mengisi otak kita agar kita tetap bisa menulis, kalau informasi di memori kita tetap itu-itu saja apa yang bisa kita tuliskan lagi? Maka keuntungan menjadi blogger salah satunya adalah membuat kita akan rajin membaca.

3.Membantu Orang Lain

Ini sudah pasti mudah dipahami, dengan tulisan-tulisan kita diharapkan jika dibaca netter akan dapat membantu mereka, misalnya ada orang tidak bisa bagaimana cara mencegah penyadapan WhatsApp, lalu kita tulis cara mencegahnya, kita akan membantu mereka. Selain itu hal ini juga bisa menjadi pahala jariyah kita, begitu kata Pak Ustadz. Membantu orang lain akan melatih kita peduli pada sesama juga.

Eits! Tapi ada juga kebalikan dari hal ini, posting seorang blogger bisa juga menjerumuskan orang lain. Tentu ini sebaliknya dari tadi, akan menjadi dosa jariyah juga, makanya hati-hati, karena saya pernah membaca ada blogger yang mengajari di blognya untuk mencuri, misalnya posting tentang bagaimana cara copas seluruh post di blog orang, ada juga yang mengajari cara membuat script virus, dan lain-lain posting yang mengajarkan melakukan sesuatu yang negatif, jangan salah, blogger yang menulis pasti kena juga dosanya, meski ditulis di postnya bahwa tidak bertanggung jawab atas akibat apapun. Kalau mau gak bertanggung jawab ya jangan ditulis, \:d/ daripada gak dapat apa-apa tapi dapat bagian dosa. :-ss

4. Melatih Kemampuan Internet Marketing

Setelah seseorang menulis, dia akan suka kalau tulisannya dibaca orang lain, dan ini akhirnya akan menuntut blogger untuk mempelajari SEM (Search Engine Marketing), ini bisa berupa optimasi SEO, berkomentar yang baik saat blogwalking, submit ke sosial media dan lainnya.

Hal ini juga terkait dengan jenis blogger, karena marketingnya bisa berbeda tiap-tiap tujuan. Ada yang lebih prioritas ke SEO, ada yang prioritas ke medsos.

5. Membangun Jaringan

Manfaat menjadi blogger yang lain adalah dapat membangun jaringan melalui blog. Namun ini sebenarnya manfaatnya ngeblog jaman dulu, kalau saat ini, membangun jaringan lebih mudah dan lebih cepat menggunakan media sosial, blog hanya sedikit bisa membangun jaringan diantara blogger saja. Namun bagi jenis blogger tertentu, ada juga yang blognya lebih menyumbang jaringan dibanding medsos..

6. Mempertajam Bakat

Mungkin ada yang berpendapat bahwa mempertajam bakat disini hanya bakat menulis, padahal tidak begitu, tapi hampir semua bakat. Memang jika bakat menulis yang paling mendapat fasilitas besar jika orang tersebut menjadi blogger, tapi bukan berarti bakat yang lain tidak akan ikut mendapat keuntungan.

Biasanya seseorang akan menuliskan apa yang disukainya, dan itu erat sekali dengan bakatnya. Misalnya jika seorang blogger adalah seorang yang suka modifikasi motor, maka cenderung akan membahas motor di blog-nya dan inilah yang akan mempertajam bakat dia di bidang per-motoran :) atau dibidang otomotif.

7. Dikenal Lebih Luas

Dikenal luas disini bisa pada blognya atau pada bloggernya, keuntungan ini hampir mirip dengan point 5 membangun jaringan. Jika seseorang membuatblog pribadi maka yang akan makin dikenal adalah person bloggernya, namun kalau si blogger memutuskan untuk membuat blog umum maka yang akan makin dikenal adalah blognya.

8. Memiliki Aset Digital

Aset Digital

Aset digital disini apa? ya blognya itu. Sebab meskipun blog tidak seperti barang, tapi juga memiliki nilai, makin lama nilai blog akan semakin tinggi, kalau diupdate akan semakin kaya konten, dan itu menjadi aset buat sang blogger.

Blog juga bisa menjadi arsip catatan, journal perjalanan dan lain sebagainya yang bisa mengabadikan moment atau lainnya dari si blogger, dan ini tidak akan dimiliki oleh netter yang hanya sekedar mainan di medsos. Keuntungan ini yang bagi saya pribadi sangat bermanfaat, karena akan menjadi catatan dan jika suatu saat butuh bisa dipanggil kembali.

Aset lainnya adalah domain (jika menggunakan domain sendiri), karena makin lama nilai domain blog tidak akan semakin turun asalkan tidak melakukan spamming dan kegiatan pelanggaran lainnya. Dan ini bisa dijual kembali dengan harga lebih tinggi dari awal membeli domain.

9. Menghasilkan Uang

Blog juga menghasilkan uang kalau dipasangi iklan, misalnya iklan google adsense. Banyak jenis mendapatkan uang dari internet dengan blog, dan ini keuntungan yang saat ini banyak dicari blogger. Kalau dipikir memang lebih banyak blogger matre :d saat ini, karena kalau blogger jaman Enda Nasution dulu, menghasilkan uang ini hanya sampingan saja, tapi saat ini sebagian besar orientasinya kearah yang ini. Dan ini sah-sah saja. Karena duit memang manis. ~o)

Diatas itulah 9 keuntungan menjadi blogger yang bisa saya tuliskan. Apakah hanya 10 keuntungan diatas? Tidak! Masih banyak lagi tergantung dari masing-masing individu, juga penjabaran keuntungan tiap point diatas juga bisa lebih luas untuk tiap-tiap individu blogger. Dari posting banyak teman blogger lain bisa bervariasi keuntungannya. Sekian dulu posting kali ini.

SALAM BLOGGER!

Komentar 4

  1. Saya pilih nomor sembilan bang...

    Dapat penghasilan tambahan, itung2 bantu suami..

    Salam kenal mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siipp...! sudah dibilang kok, uang memang manis. :)

      Hapus
  2. Nice artikel gan :)

    BalasHapus
  3. Cara memulai jadi blogger bagaimana?

    BalasHapus

Popular Posts this Week

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terl...

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Orang Menurut Cara Nyontek mungkin tidak menjadi salah satu ukuran dalam hal yang serius, tapi lumayan untuk menambah referensi dan m...

Koleksi Ucapan Selamat Tahun Baru 2018 Banyak Pilihan

Koleksi Ucapan Selamat Tahun Baru 2018 Banyak Pilihan

Tahun baru 2018 sudah akan segera menjelang, jadi persiapan menyediakan ucapan-ucapan tahun baru 2018, sehingga dengan banyaknya kumpulan uc...