Langsung ke konten utama
loading

Cara Mengetik di Komputer Windows Dengan Suara

Mengetik di Komputer Dengan Suara

Tips ini pasti berguna :) bagi kamu yang sering mengetik dalam jumlah banyak sampai jari pegal-pegal. Mengetik di komputer dengan suara juga cocok sekali buat kamu yang malas :)) atau bagi kamu yang kalau mengetik tidak cepat karena memang kurang terampil dalam mengetik.

Tips kali ini untuk komputer atau laptop yang menggunakan OS windows, jadi kalau pakai linux, atau MAC ya dicari sendiri aplikasi yang mirip dan memiliki fungsi yang sama.

Enaknya mengetik dengan suara adalah kita tinggal mendikte dan komputer akan mengetik sendiri. Bagi pengguna smartphone aplikasi semacam ini pasti tidak asing lagi, karena aplikasi google misalnya, kita bisa langsung mengetikkan pencarian hanya dengan bilang "OK Google" disusul dengan menyebutkan kata kunci yang akan dicari, lalu proses pencarian akan dilakukan dan kata kunci sudah diketikkan otomatis. Windows Speech Recognition

Baiklah langsung saja ke cara mengetik pakai suara di PC.

  1. Pastikan komputer dilengkapi microphone. Untuk laptop versi baru biasanya bisa memakai headset smartphone yang menyatu antara microphone dan speakernya.
  2. Buka aplikasi Windows Speech Recognition. Caranya, ketikkan “Windows Speech Recognition” di kotak pencarian lalu buka aplikasi tersebut. Cara ini untuk Windows 10, kalau windows 8 sama hanya kotak pencariannya beda letak. Untuk Windows 7, karena fitur pencarian aplikasinya belum bagus pakai cara manual, yaitu buka Start » All Programs » Accessories » Ease of Acces » Windows Speech Recognition. Perhatikan gambar berikut ini:
  3. Mengetik di Komputer Dengan Suara

    Jika pertama kalinya kamu menggunakan aplikasi ini, maka perlu setup awal, semacam kalibrasi untuk microphone, lihat gambar:

    Mengetik di Komputer Dengan Suara

    Mengetik di Komputer Dengan Suara

    Mengetik di Komputer Dengan Suara

    Selesaikan wizard tersebut sampai selesai, ikuti petunjuknya, jika kamu disuruh bicara, ya bicara, karena itu mengetes suaramu. Juga pilih jenis microphone sesuai yang kamu pakai.

  4. Setelah aplikasi terbuka, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi pengolah kata sepeti Microsoft Word atau aplikasi apapun yang mau kamu pakai, misalnya pakai notepad kalau untuk percobaan.
  5. Mengetik di Komputer Dengan Suara

  6. Untuk memulai aplikasi Windows Speech Recognition, kamu harus barkata “Start Listening” atau tekan logo microphone. Lalu coba katakan sesuatu, maka kata yang kamu sebutkan akan tercetak di aplikasi pengolah kata yang kamu buka tadi.
  7. Mengetik di Komputer Dengan Suara

Mudah kan? \:d/ Tapi kadang disangka gila kalau orang dengar kita bicara sendirian jika orang tersebut gak ngerti teknik ini, dikira kamu bicara sama komputer. =))

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Cara Mengetik di Komputer Windows Dengan Suara” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Selasa, 28 November 2017
Last Modified:2020-12-17T03:02:05Z

Recent Posts

    Recent Comments