Langsung ke konten utama
loading

Tips Memilih Sabun

 

Mandi, khususnya bagi kaum wanita sangat penting artinya. \:d/ Coba kalau ada wanita jarang mandi, gimana menurut Anda? ^:)^ Dan yang berkaitan erat dengan acara "mandi" ini adalah sabun. Kali ini memberikan tips bagaimana memilih sabun yang baik. Sabun ini juga ada kaitannya dengan tips memutihkan kulit, karena ada juga sabun yang di iklannya katanya bisa memutihkan kulit.

Kalau kulit Anda termasuk kering, kemungkinan besar yang menjadi sebab adalah sabun yang selama ini Anda gunakan tidak tepat. Supaya tidak kering lagi, Anda menggunakan lotion dalam jumlah banyak, namun pada saat mandi Anda kembali menggunakan sabun yang sama. Hal yang sama pun kembali berulang. Perawatan seperti ini tidak akan menyelesaikan masalah yang kulit Anda.

Tips Memilih Sabun

Mereka yang tinggal di negara dengan empat musim memang tidak perlu sering mandi ketika sedang musim dingin, karena selain tidak berkeringat juga pasti brrr.. :-ss dingin. Tapi kita tinggal di iklim tropis, dimana udaranya lembap dan sinar matahari sangat terik, ini menyebabkan kulit terus mengeluarkan keringat. Oleh sebab itu, mau tidak mau, kita harus mandi sedikitnya dua kali sehari untuk mencegah tumbuhnya jamur pada kulit. Tips Memilih Sabun

Anda tentu tak akan memilih make up sembarangan untuk merias wajah. Mengapa ketika menyangkut produk untuk kulit tubuh Anda tidak melakukan pemilihan dengan teliti juga? Benar gak sih?

Sabun yang baik harus dapat membuat kulit terasa dan beraroma segar. Selain itu, sabun yang baik juga seharusnya tidak meninggalkan lapisan licin dikulit, tidak menghambat pori-pori, dan tidak membuat kulit kering.

Disarankan untuk memilih sabun yang terbuat dari bahan vegetasi. Sabun semacam ini mengandung ekstra minyak nabati yang baik untuk kulit. Sayangnya, sabun seperti ini belum banyak ditemui di Indonesia. Kalaupun ada, harganya pun cukup mahal.

Saat ini kebanyakan sabun di pasaran massal masih terbuat dari urapan (sodium tallowate) dan lye (larutan alkali). Ada beberapa sabun di pasaran yang fungsinya sebenarnya kurang baik untuk kulit, di antaranya:

  • Sabun deodoran
    Usahakan untuk menghindari sabun tipe ini. Sabun deodoran mengandung zat kimiawi yang membunuh bakteri penyebab bau badan. Padahal, sabun-sabun lain pun memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab bau badan tanpa tambahan zat sekeras yang dikandung tipe ini (yang bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi).
  • Sabun cair antibakteri
    Biasanya para dokter menggunakan sabun antibakteri yang mengandung triclosan agar memastikan tangannya bersih sebelum melakukan kegiatan medis. Namun, saat ini sudah banyak sabun untuk publik yang juga mengandung bahan ini. Tak sedikit bakteri penyebab penyakit yang justru bisa membantu kita lebih sehat dan membantu kita kebal.
  • Sabun medicated
    Kandungan medis, seperti belerang (sulfur), tar, dan resorcin, seringkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Sulfur adalah antiseptik yang bisa membantu mengeringkan jerawat, sama seperti minyak tea tree, namun tea tree tidak sekeras belerang. Coba ganti dengan sabun yang mengandung minyak tea tree.
  • Body wash dan shower gel
    Sebenarnya kedua hal ini mirip shampo, terang Rona. Seperti shampo, kedua shampo ini bisa membuat kulit kering karena kandungan sodium laureth sulfate-nya. Ketika menggunakan jenis sabun ini, Anda mungkin akan merasa licin, karena adanya silikon di dalamnya. Cairan pelicin silikon banyak digunakan di banyak kosmetika karena ia duduk di bagian atas kulit, dan tidak bisa menembus lapisan kulit. Setidaknya tidak sebaik shea butter, susu, atau sabun dari tumbuhan. Jika memang Anda benar-benar sayang terhadap kulit tubuh Anda, sedikit investasi pada sabun mahal tapi baik untuk kulit pasti akan menjadi hal yang menguntungkan.

Semoga tips memilih sabun ini bermanfaat. Memilih sabun yang tepat akan baik untuk kesehatan kulit, dan bagi wanita akan menjadi makin cantik bercahaya.

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Tips Memilih Sabun” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Minggu, 19 November 2017
Last Modified:2020-12-17T03:59:09Z

Recent Posts

    Komentar 2  Recent Comments