loading

Sifat Umum Orang Madura

orang madura

Ini adalah artikel tentang orang-orang madura dalam tinjauan penilaian masyarakat umum pada etnis madura. Semua pasti tahu dong orang madura bisa ditemui hampir disemua daerah di tanah air. Sebuah suku petualang memang.

Dibawah adalah beberapa ciri-ciri orang madura, atau paling tidak adalah penilaian beberapa orang terhadap etnis madura. Penilaian dibawah ini berdasarkan unsur subjektivitas jadi maaf kalau ada Wong Duro yang tidak terima haha...

1. Mayoritas lelaki Madura itu perokok

Kemana pun, dimana pun, dalam kondisi apapun baik di dalam bus, angkot, feri, perahu, rumah makan, selalu saya melihat lelaki Madura dengan rokoknya. Nggak pernah saya temui lelaki Madura nggak merokok. Rokok yang disukainya adalah jenis kretek, entah dji sam soe, djarum, atau topamas. Baunya… alhamdulillah, membuat orang susah bernafas. Hehe kalau gitu sama dengan saya... perokok berat..!

2. Perempuan Madura itu jenis pesolek yang suka pamer perhiasan emasnya

Kalau dia memiliki lima cincin emas, maka kelimanya akan dipajang di kelima jarinya. Jika dia memiliki tiga kalung emas, maka ketiga kalung itu akan dikenakannya sekaligus di lehernya. Renteng-renteng. Gaya "toko emas berjalan" begini erat hubungannya dengan gengsi dan harga diri. Dengan memakai semua emasnya seolah dia ingin mengatakan berasal dari keluarga orang  berada, atau punya suami yang dapat dibanggakan.

3. Orang Madura bangga dengan gelar hajinya

Itu sebabnya mereka selalu menyisihkan penghasilannya untuk ongkos naik haji. Begitu bangganya akan haji ini membuat orang Madura melakukan pesta besar-besaran menjelang keluarganya berangkat haji dan sepulangnya. Seluruh warga kampung diundang, rumah dihias seindah-indahnya. Biasanya dengan tulisan "Menyambut kedatangan haji Sya'bi blablabla dari tanah suci." Jangan heran bila biaya pesta penyambutan ini lebih besar dari ongkos naik haji sendiri.

4. Orang Madura suka pesta, terutama pesta pernikahan

Inilah pesta terbesar setelah pesta hari raya haji yang berhubungan dengan penyambutan jemaah haji pulang. Pesta pernikahan begitu wah, sampai harus memotong sapi. Ongkos pesta begitu besar, untungnya ditanggung semua keluarga besar. Kekerabatan antar orang Madura memang kuat. Pada saat pesta, para undangan akan berlomba-lomba memakai pakaian terbaik mereka dengan semua perhiasan emasnya. Inilah ajang pamer sekaligus kekerabatan.

5. Etnis Madura itu sangat menjunjung harga diri

Madura

Prinsip "poteh tolang ango poteh mata" atau lebih baik berputih tulang daripada berputih mata mereka junjung tinggi. Itulah sebabnya jika harga diri mereka terluka, carok-lah penyelesainnya. Apa saja yang mengganggu harga diri itu? Diantaranya tanah dan istri. Jadi jangan coba-coba mengambil tanah mereka secara licik, karena akan mereka pertahankan sampai mati. Dan jangan berani menganggu perempuan mereka, karena matilah jawabannya. Heuuu mengerikan sekali Gan!

6. Orang Madura sangat menghormati orang yang dituakan

Orang yang dituakan disini diantaranya kiai, guru, dan orangtua. Bahkan apa kata kiai itulah kata mereka. Ingat Kasus Nipah, ketika  petani di Nipah mempertahankan tanah mereka yang diambil paksa pemerintah untuk dibuat waduk? Pada saat itu para petani yang dipimpin KH Alawi mempertahankan tanahnya mati-matian. Banyak petani yang menjadi korban karena ditembaki polisi dan tentara.

7. Orang Madura umumnya nggak suka sayur

Mereka terbiasa makan daging, baik daging kambing maupun sapi. Sementara orang Madura kepulauan lebih suka mengkonsumsi ikan. Ketidaksukaan makan sayur ini bisa kita lihat dari makanan khasnya seperti soto madura, sop kaki, sate madura, atau kikil. Bahkan gado-gado ala madura berisi campuran kentang, lontong, sedikit kecambah dan kubis, serta bakso. Mungkin hal ini berhubungan dengan tanah mereka yang kering sehingga cuma bisa ditanami ubi kayu dan jagung.

8. Orang Madura di Kepulauan Sangat Ramah

Mereka tak akan membiarkan seorang perempuan berjalan sendirian tanpa tempat tujuan. Begitu tahu Anda berjalan seorang diri, segera mereka menawarkan rumahnya untuk tempat menginap. Dijamin tak ditarik bayaran, bahkan mereka juga akan menjamu  Anda dengan kopi dan makan gratis.

9. Etnis Madura itu suku pengembara dan pantang menyerah

Jika Anda berjalan-jalan ke pelosok nusantara, bahkan ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, bahkan Australia, pasti akan menemukan orang Madura. Orang Madura memang ada dimana-mana, umumnya mereka bekerja pada sektor "kotor" yang enggan dijamah suku lain seperti pengepul barang bekas hingga pedagang, disinilah justru kehebatan dan keuletannya. Mereka meninggalkan kampung halamannya demi mencari penghidupan yang layak. Pulau Madura memang dikenal tandus. Bagi para pengembara ini berlaku motto kumpul ora kumpul sing penting mangan.

10. Orang Madura itu memiliki kemampuan seksual yang luar biasa

Nah yang ini kayaknya hanya mitos, namun karena mereka memiliki jamu kuat yang disebut ramuan madura, akhirnya dugaan ini banyak dipercaya. Kekuatan di atas ranjang ini sudah kondang dimana-mana. Selain itu perempuan Madura juga pandai menjaga bentuk tubuhnya dengan aneka jamu madura.

Komentar 0

Jika kesulitan memilih ID, gunakan opsi Name/URL, isikan nama Anda, URL isi dengan URL profil facebook atau kalau lupa biarkan kosong. Link aktif di dalam komentar jika tidak relevan akan masuk kotak spam.
<b>, <i> standar bisa digunakan. Tag lain dibawah ini:
{u} text bergaris {/u}
{small} text kecil {/small}
{center} text rata tengah {/center}
{blockquote} text dalam blockquote {/blockquote}
{img} url-gambar {/img}
{youtube} url-video-youtube {/youtube}
{code} kode yang sudah di encode {/code}
Encode kode disini (tidak perlu menambahkan {code} dan {/code}

Popular Posts this Week

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terl...

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Download Kalender 2018 dan Hari Besar / Libur / Cuti Nasional dalam file PDF, sebenarnya mau membuat untuk versi kalender 2018 excel, tapi ...

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Orang Menurut Cara Nyontek mungkin tidak menjadi salah satu ukuran dalam hal yang serius, tapi lumayan untuk menambah referensi dan m...