loading

Beli Laptop atau PC Desktop?

Untuk urusan kerja, mengerjakan tugas sekolah, tugas kuliah, saat ini laptop atau notebook lebih popupler dibanding PC (Personal Computer), karena selain lebih praktis dan mobile (bisa berpindah tempat dengan mudah), :) harganyapun semakin murah. Tapi benarkah Laptop adalah pilihan tepat bagi kita?

Laptop atau PC Desktop

Sebenarnya kita harus kembali pada pertanyaan, perlu apa tidak? bukannya ingin apa tidak?. Kalau kita bekerja dirumah, di tempat yang tetap, maka pilihan lebih tepat menggunakan PC, begitu juga sebaliknya jika kita lebih banyak bekerja yang menuntut kita selalu bergerak, misalnya sering melakukan presentasi dimana-mana, maka laptop akan menjadi pilihan lebih baik. Namun pilihan paling baik adalah kita miliki keduanya. :)) Tentu saja hal ini jika anggaran kita memang ada dan tidak mengganggu kebutuhan hidup lainnya. :) Beli Laptop atau PC Desktop

Selain faktor kebutuhan diatas perlu juga dipahami beberapa faktor lain:

  • Laptop relatif lebih mahal daripada PC
  • Untuk spesifikasi yang sama harga laptop selalu lebih mahal daripada PC, jadi kalau memang kita tidak dituntut untuk pindah-pindah dalam bekerja maka sebenarnya PC akan lebih efisien.

  • PC relatif lebih tangguh dibanding laptop
  • Untuk tingkat kualitas yang sama PC lebih tangguh dalam penggunaan dibanding laptop, hal ini berkaitan dengan hardware. Bagaimanapun laptop terdiri dari hardware yang ditata rapat dan kecil untuk menghemat ukuran, dari sisi ruang ventilasi udara saja jauh lebih baik PC.

  • PC bisa lebih flexible dalam melakukan upgrade
  • PC, khususnya yang rakitan lebih mudah melakukan upgrade per-bagian dibanding laptop, bahkan yang build up sekalipun juga jauh lebih mudah menambah kapasitas komponen tertentu.

  • PC lebih mudah mengganti komponen yang rusak
  • Jika ada salah satu komponen yang rusak dari segi kompatibilitasnya lebih baik PC dibanding laptop. Slot-slot yang tersedia juga lebih banyak di PC.

  • Harga komponen PC lebih murah
  • Ini sudah pasti, untuk mudahnya saja silahkan lihat berapa harga baterai laptop yang original, harganya lumayan mencekik leher. Apalagi komponen lainnya seperti DVD Writer, DDR dan lainnya.

Laptop atau PC Desktop

Nah, sepertinya PC memang lebih unggul dari laptop dari faktor-faktor diatas, :D keunggulan laptop adalah pada mobilitasnya yang tinggi. Relatif lebih keren diusung-usung, namun fungsi lainnya PC mampu memberikannya, apalagi kalau urusan game, hmmm...

Selain faktor-faktor diatas, sebenarnya masih banyak yang bisa dipertimbangkan dari pilihan antara membeli PC atau laptop, tiap individu bisa berbeda-beda, tapi cukup diatas itu saja secara umum.

Untuk seorang blogger, maka PC lebih cocok untuk blogger yang masih senang bekerja sendiri di rumah, laptop akan dibutuhkan bagi blogger yang sering ngeluyur ke kawan-kawan bloggernya yang bisa tersebar seantero nusantara bahkan dunia, atau blogger yang sudah membangun kerja jaringan kerjasama yang luas dan menuntut untuk sering nenteng-nenteng data kemana-mana.

Komentar 0

Popular Posts this Week

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terl...

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Orang Menurut Cara Nyontek mungkin tidak menjadi salah satu ukuran dalam hal yang serius, tapi lumayan untuk menambah referensi dan m...

Koleksi Ucapan Selamat Tahun Baru 2018 Banyak Pilihan

Koleksi Ucapan Selamat Tahun Baru 2018 Banyak Pilihan

Tahun baru 2018 sudah akan segera menjelang, jadi persiapan menyediakan ucapan-ucapan tahun baru 2018, sehingga dengan banyaknya kumpulan uc...