loading

Tahun Kabisat, Apa Benar Anda Sudah Tahu? (Leap Year Checker Tool)

Tahun Kabisat

Sudah banyak yang tahu apa itu tahun kabisat, namun benarkah pemahaman Anda tidak salah? Semua pasti akan bilang bahwa tahun kabisat adalah tahun dimana dalam satu tahun terdiri lebih satu hari daripada tahun lainnya, dan 1 kelebihan hari ini ditambahkan pada bulan Februari yang biasanya berjulah 28 hari menjadi 29 hari. Dalam bahasa Inggris tahun kabisat disebut Leap Year, secara definisi adalah sebuah Tahun Syamsiah, yaitu tahun yang berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari, di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.

Tahun kabisat ini ada disebabkan satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Mungkin selisih ini dianggap tidak terlalu besar, namun jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir 1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik).Untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra menjadi 29 Februari.

Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).

Salah kaprah di masyarakat, karena tahun kabisat umumnya terjadi tiap 4 tahun sekali, maka asalkan ada angka tahun yang habis dibagi 4 (hasil bagi 0), maka itulah pasti tahun kabisat. Padahal tidak semua begitu, untuk lebih jelasnya lihat pada algoritma perhitungan tahun kabisat dibawah.

Algoritma Tahun Kabisat

Terdapat algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan sebagai berikut:

  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Tahun Kabisat menurut definisi ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian (1582). Setelah membaca artikel ini, Anda sudah tahu lebih banyak tentang apa itu tahun kabisat. Untuk melakukan cek apakah tahun tertentu adalah kabisat atau bukan, Anda bisa menggunakan form aplikasi perhitungan tahun kabisat dibawah ini, jadi gak perlu pake kalkulator dan mikir 4 faktor algoritma diatas. Silahkan cek sendiri.

Tahun Kabisat

Leap Year Checker Tool Pondok Jeruk

Semoga tool untuk mengecek tahun kabisat dan ulasan diatas bermanfaat.

Komentar 0

 
Jika kesulitan memilih ID, gunakan opsi Name/URL, isikan nama Anda, URL isi dengan URL profil facebook atau kalau lupa biarkan kosong. Link aktif di dalam komentar jika tidak relevan akan masuk kotak spam.
<b>, <i> standar bisa digunakan. Tag lain dibawah ini:
{u} text bergaris {/u}
{small} text kecil {/small}
{center} text rata tengah {/center}
{blockquote} text dalam blockquote {/blockquote}
{img} url-gambar {/img}
{youtube} url-video-youtube {/youtube}
{code} kode yang sudah di encode {/code}
Encode kode disini (tidak perlu menambahkan {code} dan {/code}
   

Popular Posts this Week 

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terl...

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Orang Menurut Cara Nyontek mungkin tidak menjadi salah satu ukuran dalam hal yang serius, tapi lumayan untuk menambah referensi dan m...

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Download Kalender 2018 dan Hari Besar / Libur / Cuti Nasional dalam file PDF, sebenarnya mau membuat untuk versi kalender 2018 excel, tapi ...