Langsung ke konten utama
loading

20 Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop

  

Memperpanjang Umur Baterai Laptop

Setelah sebelumnya membahas 10 Tips Merawat Laptop / Notebook, kali ini masih seputar laptop atau notebook juga yaitu baterai laptop. Baterai laptop tidak jauh beda ngan baterai handphone jadi bisa juga drop atau aus. Malah kalau sudah aus, kadang bisa membuat laptop bekerja ngawur, karena pernah juga pengalaman begini, dan biasanya akan menyebabkan baterai CMOS ikutan rusak.

Lalu bagaimana Tips Memperpanjang Umur Baterai Laptop / Notebook? dibawah akan diberikan banyak tips. Berikut cara memperpanjang umur baterai laptop / notebook: Memperpanjang Umur Baterai Laptop

Optimisasi Power Settings

Tampilan pada layar LCD dan hard disk adalah dua sumber konsumsi baterai terbesar. Kebanyakan laptop dilengkapi dengan skema penggunaan energi yang dapat memperpanjang baterai laptop. Pastikan kamu memilih sesuai petunjuk di buku panduan produk untuk menghemat sebanyak mungkin tenaga.

Redupkan Layar Kamu

Semakin terang layar laptop, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Bila kamu tidak bisa bekerja dengan layar yang redup, paling tidak buatlah layar laptop kamu secara otomatis menjadi lebih redup saat tidak digunakan. Maksimalkan pada power setting untuk keperluan ini.

Beli Laptop Yang Dilengkapi Teknologi Auto Cut-Off Charging

Ini adalah teknologi baru, dimana saat baterai penuh, tapi masih dicolokkan ke listrik, otomatis laptop akan memutus sambungan, jadi baterai tidak terus menerus di charge kalau baterai sudah penuh.

Singkirkan Peralatan Eksternal

Singkirkan atau matikan USB saat tidak digunakan. Peralatan eksternal juga mengambil power dari baterai, jadi saat tidak dicolokkan pada listrik, sebaiknya lepaskan peralatan eksternal.

Jangan Gunakan WiFi atau Bluetooth

Sama seperti peralatan eksternal, WiFi dan Bluetooth mengkonsumsi banyak tenaga. Matikan saat tidak digunakan, maka kerja laptop kamu akan menjadi lebih ringan. Kalau pas digunakan ya jangan dimatikan.

Jangan Menggunakan CD/DVD Drive

Hard drive mengkonsumsi banyak energi, tapi CD/DVD drive mengkonsumsi lebih banyak lagi, apalagi gerakan memutar CD/DVD adalah gerakan yang menyedot listrik besar, sebab ini adalah kegiatan mekanis. Cobalah untuk menyimpan informasi pada hard drive (hardisk) dan gunakan dari sana, khususnya untuk file-file yang sering dibuka.

Hibernate, Jangan Standby

Standby mengurangi penggunaan energi, namun tidak sebanyak hibernation yang membuat pemakaian energi menjadi nol saat tidak aktif.

Jangan melakukan Multitasking

Cobalah untuk mengerjakan satu hal setiap waktu saat kamu mengandalkan baterai. Semakin banyak aplikasi yang jalankan, semakin besar beban yang ditanggung laptop kamu.

Tutup program yang tidak diperlukan

Semakin banyak program yang sedang berjalan, semakin berat laptop kamu bekerja. Tutuplah program-program yang tidak dibutuhkan (printer manager, Itunes, desktop search, dan lain-lain).

Matikan Scheduled Task

Jika kamu menggunakan scheduled task untuk menjalankan program, aturlah sedemikian rupa agar tugas tersebut tidak berjalan saat baterai laptop kamu sedang rendah.

Jangan Bermain Game

Jika kamu tidak memiliki pekerjaan untuk dilakukan, hindarilah bermain game atau menonton DVD. Aktivitas ini menggunakan lebih banyak tenaga dibandingkan kegiatan yang lain. Gunakan PC saja untuk kegiatan ini. Kecuali tentu saja tidak masalah kalau laptop kamu memang laptop gamers.

Kondisikan Baterai Kamu

Baterai baru tidak diisi saat pertama kali kamu terima dan membutuhkan proses conditioning untuk dapat mencapai kapasitas puncak. Conditioning biasanya mencakup pengisian penuh dan pengosongan baterai sampai tiga atau lima kali. Baca buku petunjuk produk lebih teliti untuk tips ini.

Latihlah Baterai Kamu

Proses ini biasa disebut kalibrasi baterai. Jangan meninggalkan baterai yang sedang berisi simpanan power, menganggur untuk waktu yang lama. Cobalah menggunakan baterai kamu sekali dalam sebulan agar baterai kamu tidak kehilangan kapasitasnya. Ini sangat mungkin jika kamu jarang menggunakan baterai (dilepas saat digunakan) atau punya lebih dari satu baterai (baterai cadangan). Tips ini berlaku bagi yang laptopnya bisa dibuka baterainya.

Bersihkan Kontak Metal Baterai

Pemindahan tenaga yang efisien juga dapat memperpanjang umur baterai kamu. Cobalah membersihkan kontak metal setiap beberapa bulan dengan kain halus dan sedikit alkohol. Ini juga berlaku bagi yang laptopnya bisa dibuka baterainya.

Tetap Sejuk

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, laptop kamu beroperasi dengan lebih efisien jika ia dijaga agar tetap sejuk. Penggunaan di ruang ber-AC sangat dianjurkan.

Hindarilah Suhu Ekstrim

Jangan biarkan baterai laptop terbuka pada temperatur ekstrim atau cahaya matahari langsung. Ini berkaitan dengan penyimpanan baterai.

Defrag Secara Rutin

Defragmenting hard drive dapat mengatur ulang posisi file yang ada di hardisk, sehingga dapat digunakan secara lebih efisien dan lebih cepat. Semakin efisien kerja hard drive kamu, semakin kecil beban yang diterima oleh baterai. Di windows 10 ini sudah otomatis, jadi akan dilakukan saat laptop idle.

Tambahkan Memori (RAM)

Kamu dapat memperkecil ketergantungan memori virtual (memori yang dibuat sistem operasi di hardisk saat memori RAM tidak mencukupi) dan mengurangi konsumsi energi dengan menambahkan memori pada laptop kamu.

Tambahkan Baterai Kedua

Jika kamu ingin memaksimalkan produktivitas dari mobilitas laptop kamu, sebaiknya kamu memiliki baterai cadangan ditangan kamu. Ini juga berlaku bagi yang laptopnya bisa dibuka baterainya.

Jangan Meninggalkan Baterai Laptop Di Warung Kopi

Haha... kalau pas cari WIFI gratis di warkop, jangan ditinggal baterinya, pasti digondol maling entar, ini benar-benar bikin baterai tidak awet.

Semoga bermanfaat. Semoga baterai laptop kamu awet.

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “20 Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Senin, 23 Oktober 2017
Last Modified:2020-11-18T00:57:59Z

Recent Posts

    Recent Comments