loading

17 Cara Berhenti Merokok yang Efektif

Para perokok yang sudah pengalaman, haha :) maksudnya sudah lama menjadi perokok, sebenarnya banyak yang ingin berhenti merokok. Sebab jaman sekarang semua semakin tahu bahaya merokok. Namun bagi yang sudah sangat kecanduan merokok, maka berhenti merokok adalah sebuah langkah yang sangat berat. Bahkan ada sebuah ungkapan dari para perokok bahwa lebih baik tidak sarapan pagi dibandingkan tidak merokok sambil minum kopi di pagi hari.

Cara Berhenti Merokok

Tips berhenti merokok biasanya adalah untuk mengurangi kebiasaan merokok, dan bukan langsung berhenti mendadak. Berhenti mendadak bagi perokok mungkin bisa kalau sedang apes tersesat di hutan dan gak ada yang jual rokok :) sebab kalau tidak kena bencana begitu, sepanjang yang saya tahu, tidak ada yang sanggup berhenti mendadak. :)

Berhenti merokok prosesnya adalah mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi, biasanya sehari habis 1 bungkus maka diusahakan agar sehari jadi setengah bungkus, yang tadinya merokok cuma satu batang sehari, bisa total tidak merokok sama sekali, biasanya akan tercapai setelah memakan jangka waktu tertentu. Makin cepat makin baik.

Sebenarnya kenapa orang-orang bisa merokok? berikut ini adalah alasan atau keuntungan dan kerugian merokok dimana bisa Anda nilai sebenarnya memilih merokok atau tidak itu langkah cerdas atau langkah bodoh sih? mengingat keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungan Merokok (Konon Sih...)

  • Menghilangkan stress
  • Mengobati flu
  • Menghilangkan capek
  • Menambah nikmat dan gairah hidup
  • Lebih jantan dalam bergaul
  • Tambah wibawa
  • Lebih mantap

Kerugian Merokok

  • Risiko tinggi terkena penyakit paru paru
  • Risiko tinggi terkena TBC
  • Risiko tinggi terkena radang tenggorokan
  • Risiko ekonomi hancur
  • Risiko lupa anak istri
  • Risiko bila punya luka sulit untuk sembuh
  • Membuat bibir jadi hitam kecoklatan akibat nikotin yang menempel
  • Sering jadi omelan orang karena baunya yang kurang sedap dari asap rokok
  • Mengurangi tabungan, karena setiap hari merokok sama juga membakar uang, lebih bermanfaat uangnya kita sumbangkan pada fakir miskin atau anak yatim lebih bermanfaat dan dapat pahala.
  • Risiko hutang membengkak karena gak punya uang dan akhirnya ngutang.
  • Meracuni orang sekitar kita, karena asap rokok mengandung nikotin dan zat-zat lainnya yang berbahaya, bisa dhirup orang lain yang pasif merokok bisa terkena penyakit tersebut. Perokok aktif akan lebih kebal dari pada perokok pasif
  • Mempercepat sampai akhirat, pendek umurnya.

Hayoo banyak mana antara keuntungan dan kerugiannya? Selain itu, keuntungan diatas itu apa benar sih? karena itu menurut para perokok bukan menurut penilitian ilmiah. Apa bukan karena pembenaran saja?

Tips Berhenti Merokok

Bagi ahli merokok, Memang sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, karena sudah kecanduan. Tapi mungkin tips berikut ini bisa Anda gunakan untuk mengurangi merokok:

  1. Awal-awal terapi, ganti rokok dengan permen, ini biasanya membantu sekali mengatasi mulut iseng.
  2. Hentikan pelan-pelan kebiasaan minum kopi, istilahnya ngopi, karena biasanya ngopi selalu teman paling asyik dalam merokok.
  3. Jadilah sukarelawan kampanye anti rokok, karena itu bisa melahirkan tanggung jawab untuk diri sendiri tidak merokok sesuai anjurannya sendiri.
  4. Bacalah buku-buku, artikel, konsultasi kesehatan atau surat kabar tentang akibat buruk merokok, sehingga Anda akan menjadi ngeri dan takut akibat yang ditimbulkan dari rokok.
  5. Sebelum menyalakan rokok, pandanglah lama gambar bungkus rokok yang berisi gambar penyakit agak lama, dan bayangkan Andalah penderita di gambar itu, jadi mungkin membuat Anda tidak jadi merokok.
  6. Pergilah kerumah sakit, khususnya rumah sakit paru-paru dan lihat mereka apakah kebanyakan perokok atau bukan, dan pastinya jelas mereka kebanyakan adalah para perokok.
  7. Usahakan lingkungan Anda selalu be-AC dan ini akan membuat Anda sukar merokok. Kamar tidur, ruang tamu dan ruang kerja semua usahakan ber-AC. Selain mencegah merokok, akan membuat Anda sejuk.
  8. Belilah rokok yang murah sehingga selain bisa menghemat pengeluaran, dan bosan merokok, karena rasanya relatif tidak enak.
  9. Jauhkan pikiran tentang rokok alihkan pada pekerjaan yang susah jika dipakai sambil merokok, seperti olahraga, kerja di SPBU (karena dilarang! :) dan bisa kebakaran).
  10. Rokoknya beri atau oleskan tahi kerbau pada ujungnya sehingga Anda tidak jadi merokok karena jijik.
  11. Jangan bawa korek api ke manapun karena bila bawa rokok tanpa korek niat untuk merokok batal dengan sendirinya.
  12. Carilah istri yang anti merokok. Jangan malah mencari istri yang juga merokok, ajuur!
  13. Berdoalah harga rokok semakin mahal biar tidak mampu membeli.
  14. Tulis pada dahi anda tulisan NO SMOKING! biar ingat terus.
  15. Beri mesiu di pangkal rokok Anda, dan pasti Anda akan kapok kalau sampai rokoknya meledak.
  16. Jauhi toko yang menjual rokok. Dekati masjid saja.
  17. Kalau ditawari rokok oleh teman, minta ganti uang saja sehingga Anda tidak tergoda merokok lagi dan bahkan dapat duit.

Nah, 17 tips diatas semoga bisa membuat Anda berhenti merokok. Kalau masih saja tidak mampu berhenti merokok setelah menjalankan tips diatas, ya sudah, lanjuuuuuuuttt!

Komentar 1

  1. Susah, saya pernah melakukan semuanya tapi saat ditawari pas kumpul teman jadi kumat lagi.

    BalasHapus
 
Jika kesulitan memilih ID, gunakan opsi Name/URL, isikan nama Anda, URL isi dengan URL profil facebook atau kalau lupa biarkan kosong. Link aktif di dalam komentar jika tidak relevan akan masuk kotak spam.
<b>, <i> standar bisa digunakan. Tag lain dibawah ini:
{u} text bergaris {/u}
{small} text kecil {/small}
{center} text rata tengah {/center}
{blockquote} text dalam blockquote {/blockquote}
{img} url-gambar {/img}
{youtube} url-video-youtube {/youtube}
{code} kode yang sudah di encode {/code}
Encode kode disini (tidak perlu menambahkan {code} dan {/code}
   

Popular Posts this Week 

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terl...

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Orang Menurut Cara Nyontek mungkin tidak menjadi salah satu ukuran dalam hal yang serius, tapi lumayan untuk menambah referensi dan m...

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Kalender 2018 dan Hari Besar Libur Nasional

Download Kalender 2018 dan Hari Besar / Libur / Cuti Nasional dalam file PDF, sebenarnya mau membuat untuk versi kalender 2018 excel, tapi ...