loading

Kebiasaan Buruk di Grup WhatsApp yang Perlu Dihindari

Dengan menjadi populernya aplikasi chatting WhatsApp, (*) maka grup-grup pertemanan juga banyak dilakukan di WhatsApp. Memang salah satu fitur WhatsApp adalah adanya grup yang memudahkan kita untuk bertukar informasi dalam satu room. Tapi, di semua komunitas itu pasti ada etikanya, jadi kita perlu tahu apa saja etika yang terlarang di grup WhatsApp.

Apa saja perbuatan yang harus kita hindari di grup WhatsApp? langsung saja kita bahas berikut ini. Kebiasaan Buruk di Grup WhatsApp

Jangan Sombong di Grup

Semua pasti tahu kalau sombong itu perilaku buruk! Nah, ini juga wajib kamu hindari ketika menjadi anggota grup WhatsApp. Kenapa? Karena, anggota grup lain akan sebal dengan kamu. Parahnya lagi! Ketika kamu bersikap sombong di grup WhatsApp, orang lain akan malas menanggapi pesan kamu di grup tersebut.

Jangan Mengirim Foto atau Video Asusila

Foto atau Video Asusila

Jangan mengirim foto atau video berbau p0rn0grafi di grup WhatsApp. Tidak semua anggota grup akan suka menerima kiriman pesan jenis ini, karena, hal itu merupakan sesuatu yang sangat sensitif. Selain itu, untuk menghindari anak di bawah umur melihat foto atau video asusila tersebut.

Asyik Sendiri dengan Salah Satu Orang di Grup

Jangan sampai kamu dengan teman kamu dianggap nyampah di grup WhatsApp. Jadi, mulai sekarang kalau kamu ingin berbincang secara pribadi, ya jangan di grup, langsung saja dengan orang tersebut secara personal.

Jangan Menyebarkan Aib Orang di Grup

Menyebarkan Aib Orang

Yang namanya menyebar aib orang itu perbuatan buruk, bisa menjadi ghibah kalau benar-benar terjadi, dan bisa menjadi fitnah kalau yang kamu sebarkan salah. Keduanya adalah dosa. Apalagi aib yang kamu sebar tersebut adalah salah satu anggota di grup WhatsApp tersebut. Jangan sampai orang tersebut malah jadi kesal dengan kamu, bisa jadi anggota tersebut akan keluar dari grup WhatsApp.

Jangan Menyebarkan Berita Hoax

Menyebarkan Berita Hoax

Berita Hoax adalah berita-berita palsu yang tidak jelas kebenarannya. Kebiasaan ini akan membuat orang lain merasa kalau kamu itulah sebenarnya si hoax, padahal bisa jadi kamu dapat berita dari tempat lain. Selain itu, hal ini juga akan membuat anggota lain yang di grup akan malas membuka grup WhatsApp.

Jangan Melakukan Perdebatan di Grup

Perdebatan ini bisa jadi ada sangkut-pautnya dengan berita hoax diatas. Bisa saja kan, anggota grup akan memberikan pendapatnya saat kamu menyebarkan berita hoax dan akhirnya berakhir menjadi perdebatan. Nah, ini akan menjadi boomerang bagi kamu sendiri. Anggota lain bisa tidak nyaman dengan perdebatanmu.

Jangan Menambahkan Orang Asing Jadi Anggota

Memasukkan anggota lain di grup secara sembarangan, tanpa melihat tema grup adalah hal tidak menyenangkan. Fitur WhatsApp invite grup tanpa admin, bisa membuat anggota grup WhatsApp terkadang iseng. Akibatnya banyak orang asing yang sembarangan masuk grup. Hal ini bisa mengganggu anggota grup WhatsApp lainnya.

Jangan Melakukan Promosi Terus-Menerus

Promosi di grup boleh-boleh saja, tapi kalau terus-terusan promosi dagangan di grup WhatsApp, ini bisa mengganggu anggota grup WhatsApp lainnya. Jadi, promosi di grup WhatsApp yang wajar saja. Apalagi jangan sampai setiap kamu gabung ke percakapan, isinya hanya promosi! Sekali waktu, ikuti topik yang dibahas anggota lainnya.

Jangan Keluar Masuk Grup

Kalau mau keluar ya keluar terus, jangan bolak-balik. Kalau mau terus jadi anggota ya terus saja, lagian apa sih untungnya keluar masuk grup? Kalau memang sekali waktu perlu tenang tanpa notifikasi kan tinggal di silent saja grupnya. Karena tindakan keluar masuk grup ini bisa menyinggung anggota lain dan admin grupnya.

Jangan Terus-Terusan Menggunakan Tulisan Aneh

Meskipun pesan WhatsApp dengan tulisan terbalik dan pesan WhatsApp tulisan gaul menarik digunakan, tapi jangan terus-menerus digunakan. Sebab bosan dan sebal juga kalau anggota grup lain harus repot dan susah payah kalau semua pesan kita menggunakan huruf-huruf aneh. Jadi gunakan sesekali saja.

Nah diatas itu jangan dilanggar, dan beretikalah dalam berkomunitas di grup WhatsApp. Jangan sampai juga WhatsApp kamu kena bajak, agar tidak merusak namamu di grup yang dilakukan orang lain. Mungkin memang perlu aplikasi WhatsApp kita kunci.

Komentar 2

  1. keren-keren artikelnya gan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya rewrite dari hasil browsing gan, bisanya cuma gitu. Bukan penulis asli yang punya ilmu banyak buat ditulis :d

      Hapus

Popular Posts this Week

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online)

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terl...

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Kamu Dari Cara Nyontek dan Perkerjaan Yang Cocok

Tipe Orang Menurut Cara Nyontek mungkin tidak menjadi salah satu ukuran dalam hal yang serius, tapi lumayan untuk menambah referensi dan m...

Koleksi Ucapan Selamat Tahun Baru 2018 Banyak Pilihan

Koleksi Ucapan Selamat Tahun Baru 2018 Banyak Pilihan

Tahun baru 2018 sudah akan segera menjelang, jadi persiapan menyediakan ucapan-ucapan tahun baru 2018, sehingga dengan banyaknya kumpulan uc...