Langsung ke konten utama
loading

Pertolongan Pertama Jika Laptop Tersiram Cairan (Air)

Di jaman ini semua orang disibukkan dengan aktifitas :-ss harian khususnya urusan pekerjaan yang membuat sesorang dituntut bekerja extra dan jadwal yang amat padat. Untuk yang bekerja di kantor pasti sering menggunakan komputer atau laptop. Barang-barang elektronik canggih semacam itu sudah menjadi teman keseharian kita, bisa dibilang laptop adalah yang kedua setelah smartphone.

Laptop tersiram air

Kali ini adalah membahas bagaimana kalau laptop terkena air atau tersiram air. Tentu saja tidak mungkin Anda sengaja menyiramnya dengan air :)) tapi biasanya karena tidak sengaja. Jika itu sudah terjadi Anda jangan panik dulu, lakukan hal-hal berikut ini: Laptop Dipendam Beras

  1. Jika saat laptop tersiram air kabel charger sedang terpasang, segera cabut kabel charger tersebut, hal ini dilakukan untuk menghindari arus listrik yang tinggi, untuk mencegah kerusakan pada bagian penting laptop akibat sambungan arus pendek lewat air, yang rentan adalah komponen Motherboard.
  2. Silahkan Anda balik laptop, ini bertujuan agar sisa air yang ada didalam laptop keluar (agar keluar dari sela-sela lubang di keyboard). Setelah itu diamkan beberapa jam.
  3. Laptop Tersiram Air Dibalik

  4. Saat membalik laptop untuk mengeluarkan sisa air yang masuk ke laptop, bersihkan bagian-bagian yang basah dengan kain lembut atau tisu, terutama pada bagian USB, lubang charger, LED, dan bagian lainnya.
  5. Kalau semua sudah di lakukan, coba laptop dipendam ke dalam beras, perhatikan di gambar paling atas, cuma itu contohnya adalah ponsel yang dipendam, sebab gak nemu gambar di google. :d Diamkan laptop hingga beberapa jam atau kalau memungkinkan demi keamanan, lakukan sampai beberapa hari, agar air yang berada didalam laptop menguap dan mengering.
  6. Sudah melakukan cara diatas namun tidak memecahkan masalah dan laptop tidak mau menyala juga, maka terpaksa Anda membawa laptop ketempat service laptop, karena mereka memiliki alat deteksi lebih lengkap. Tentu saja tips ini tidak berlaku jika Anda adalah tukang servis laptop. =)).
  7. Laptop Tersiram Air Diservis

Semoga cara diatas bermanfaat, hati-hati kalau ngopi, ~o) agar gak tumpah ke laptop. Penanganan laptop tersiram air diatas penanganannya sama dengan pada handphone. Handphone yang terkena air biasanya akan baik kembali setelah dipendam dalam beras. Tapi kamu tahu tidak, bahwa ternyata bagi manusia, Nasi dari Beras ternyata berbahaya menurut penilitan? :-o

Komentar 4  Recent Comments