Langsung ke konten utama
loading

Aplikasi Mencari Hari, Pasaran dan Neptu Jawa

Untuk melengkapi blog dengan tool-tool untuk orang jawa kali ini membuat form untuk mencari hari dan pasaran. Kita bisa melihatnya di penanggalan / kalender yang dilengkapi dengan pasaran jawa, namun bagaimana kalau kita ingin melihat jauh kedepan atau jauh kebelakang, misalnya untuk melihat weton tanggal lahir kita hari dan pasarannya apa? nah cari dimana kalender tahun tersebut? Sebenarnya aplikasi semacam ini banyak ditemui di aplikasi android maupun online, nah yang ini termasuk aplikasi online.

Namun pondokjeruk.com selalu memberi yang “lebih”, misalnya form dibawah ini dilengkapi dengan kalender pada tanggal yang dicari, sehingga kamu bisa crosscheck pada kalender yang ada di rumahmu untuk mengujinya. Juga tidak perlu mengetik tanggal manual. Tombol hitung akan aktif setelah kamu mengisi tanggal. Cari Hari dan Pasaran Jawa

Langsung saja gunakan form dibawah ini untuk mencari hari dan pasaran jawa otomatis dan cepat juga akurat.

APLIKASI

Sulit melompat tanggal dengan datepicker? Lihat caranyanya!. Mau melompat 1000 tahun juga cepat.

PENJELASAN NEPTU DAN WETON

Neptu adalah besaran nilai yang dihitung dengan menjumlahkan nilai hari dan nilai pasaran. Seperti diketahui, selain mengenal hari seperti ahad / minggu, senin, selasa, sampai dengan sabtu, orang Jawa juga mengenal istilah pasaran seperti pahing, pon, wage, kliwon, dan legi. Penjumlahan antara nilai hari dan pasaran inilah yang disebut dengan neptu.

Weton adalah istilah tanggal lahir, weton berasal dari kata "metu" / keluar, yang sama artinya dengan lahir. Nah biasanya orang lahir kan pada tanggal tertentu, dan tanggal tersebut pasti memiliki hari dan pasaran, dan pasti memiliki neptu pula. Maka istilah weton adalah hari dan pasaran yang merujuk pada tanggal kelahiran seseorang.

Istilah weton ini menjadi rancu karena sering orang menyebut hari dan pasaran sebagai weton, padahal bukan, weton khusus tanggal lahir, sedangkan hari dan pasaran lebih umum. Misal saat orang jawa mau pindah rumah biasanya mencari hari baik, hari baik ini dihitung dari hari dan pasaran, hari pindahan ini tidak tepat disebut weton.

Cara Menghitung Hari, pasaran dan Neptunya

Form diatas menghitung otomatis mengkonversi tanggal masehi ke penanggalan jawa, sekaligus mencari hari, pasaran dan neptunya, namun kadang kita perlu tahu nilai dari masing-masing hari dan pasaran tanpa harus tahu tanggal masehinya, berikut ini tabelnya:

HariNilaiPasaranNilai
Ahad5Wage4
Senin4Kliwon8
Selasa3Legi5
Rabu7Pahing9
Kamis8Pon7
Jumat6  
Sabtu9  

Berikut ini tabel perhitungan silangnya, lebih mudah jika mencari neptu dari hari dan pasaran:

#Wage (4)Kliwon (8)Legi (5)Pahing (9)Pon (7)
Minggu (5)913101412
Senin (4)81291311
Selasa (3)71181210
Rabu (7)1115121614
Kamis (8)1216131715
Jumat (6)1014111513
Sabtu (9)1317141816

Berkaitan dengan hari dan pasaran ini, jika kamu akan melakukan ramalan perjodohan apakah cocok berdasarkan tanggal lahir, form diatas kurang cocok sebab hanya menampilkan satu tanggal dan tanpa analisa. Untuk perjodohan gunakan perhitungan jodoh berdasar weton online.

Semoga bermanfaat. Lihat juga Watak dan Keberuntungan Berdasarkan Mangsa atau Mongso atau aplikasi untuk menghitung selamatan orang meninggal sampai 1000 hari.

Recent Comments