loading

Membersihkan Materi Campuran (Mixed Content) di Seluruh Posting Blog Dengan Cepat Hanya Pakai Satu Tangan

Masalah HTTPS mixed content ini benar-benar membuat penasaran dan jengkel, :( karena membuat halaman error juga untuk tombol berbagi, ini disebabkan bagian protocol yang tidak menggunakan https akan membuat meta tag og:image tidak memiliki protocol URL. Tentu selain laporan kesalahan dalam mark up laman. Tapi ternyata hanya dengan satu tangan dalam waktu kurang dari 15 menit, saya sudah berhasil membersihkan semuanya.

HTTPS mixed content

Tidak perlu banyak pengantar, langsung saja dengan metode paling cepat yang saya gunakan untuk membersihkan seluruh posting dari konten campuran di blog. Kalau kamu mau menggunakan cara ini, pastikan kamu sudah membaca dahulu Kupas Tuntas SSL / HTTPS Blog Custom Domain di Blogger.com (Cara Migrasi Aman Tanpa Kehilangan Index) dan Menemukan Materi Campuran di Seluruh Halaman Blog / Website Dengan Cepat (HTTPS Mixed Content Issues), meskipun ada metode yang tertulis disitu telah dipatahkan di posting kali ini, namun ulasan lain akan membantu juga, termasuk pengertian dan kenapa perlu melakukan pembersihan materi campuran. Materi Campuran

Baiklah langsung saja pada langkah pembersihan seluruh posting dari mixed content HTTPS di blog dengan paltform blogger.com baik yang menggunakan domain blogspot, maupun custom domain.

  1. Buka Halaman Blogger Tool Sitemap.
  2. Setelah itu masukkan URL homepage blog kamu (gunakan https://) di form bagian bawah, set pilihan ke "50 per page" agar langsung melihat banyak, lalu klik Submit, seperti berikut ini:
  3. HTTPS mixed content

  4. Akan terbuka seperti gambar dibawah ini, dan perhatikan pada kolom MC (Mixed Content), jika bertanda merah maka artinya URL gambar di posting tersebut menggunakan HTTP, jika bertanda biru artinya sudah menggunakan HTTPS, dan yang biru abaikan saja karena sudah benar.
  5. HTTPS mixed content

  6. Yang bertanda merah , klik pada tombol edit disamping kanannya (lihat gambar diatas yang dilingkari), itu langsung akan membuka Edit post di blogger.com atas posting tersebut.
  7. Tidak perlu mengeditnya manual, tapi setelah edit di blogger terbuka, langsung saja klik pada tombol Perbarui, nanti akan ada peringatan seperti gambar berikut ini:
  8. HTTPS mixed content

    HTTPS mixed content

  9. Nah klik pada link Perbaiki seperti bagian yang ditandai kotak diatas.
  10. Setelah tersimpan tutup tab browser dan kembali lakukan untuk posting yang lain dari langkah 4 diatas. Begitu seterusnya. Saya melakukannya sambil tiduran. :))

Dengan cara ini, kita benar-benar akan menggunakan 1 tangan saja untuk mengedit posting. Semua tinggal klik tanpa mengetik apapun. Tangan terbebas dari memegang keyboard.

Berapapun jumlah posting kamu, puluhan ribu sekalipun akan bisa dibersihkan, karena halaman Blogger Tool Sitemap bisa menunjukkannya untuk kamu yang terbagi halaman-halaman, kalau capek ya jangan sekaligus, bisa dicicil saat santai.

Sekian dulu, semoga bermanfaat, dan kamu menjadi blogger beruntung. ^:)^


Update

Untuk menggunakan cara ini, khususnya jika menggunakan smartphone, tidak perlu membuka blogger tool, cukup masukkan URL homepage blog kamu pada form dibawah ini, pastikan menggunakan HTTPS saat submit.

Kecuali jika kamu menggunakan PC / Laptop, maka lebih direkomendasikan menggunakan laman blogger tool, sebab informasi dan field yang ditampilkan lebih banyak.

Form Mencari HTTPS Mixed Content

URL
/

Daftar Posting

NoPosts MC

Komentar 2

  1. Bagus juga nih yang ini caranya. Nanti pas senggang saya coba ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, :) semoga memberi manfaat.

      Hapus