Langsung ke konten utama
loading

Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online Terpercaya)

  

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal dibawah ini sangat berguna untuk orang jawa, karena di keluarga manapun tidak akan terlepas dari musibah kematian, :( dan sebagai orang jawa biasanya kita akan mengikuti adat untuk melakukan selamatan peringatan kematian mulai 1 sampai dengan 7 hari, kemudian 40 hari, 100 hari, pendhak 1, pendhak 2, dan terakhir 1.000 hari kematian. Perhitungan Selamatan Meninggal

Sebenarnya perhitungan untuk ini sudah dirumuskan sejak dulu oleh para pujangga jawa, namun seiring perkembangan teknologi, semua sekarang sudah diwakilkan ke komputer untuk melakukan perhitungannya, selain cepat, sebuah aplikasi tidak akan lupa rumusnya.

Kali ini Pondok Jeruk akan memberikan form aplikasi perhitungan untuk keperluan ini, dan tinggal memasukkan tanggal geblak, atau tanggal meninggal, lalu semua akan diberikan informasinya.

Update 5 Agustus 2020

Form aplikasi ini diperbarui lagi dan sekarang menggunakan datepicker tidak perlu mengetik tanggal, pilih bulan lalu ngetik lagi tahun, hasl perhitungan dilengkapi kalender bulan masing-masing selamatan. Yang terpenting versi ini Anda bisa langsung print / cetak hasilnya ke kertas di printer atau menjadi file PDF via handphone untuk memudahkan share ke saudara. :-bd

Untuk print ke PDF, gunakan fasilitas printer to PDF di ponsel Anda. Hasil print-nya sudah bersih, tidak mencetak seluruh halaman ini, hanya hasil perhitungannya saja. Ada tiga pilihan print, gunakan yang Anda perlu.

Namun bagi Anda yang pernah kemari dan jika Anda lebih menyukai format form lama (2 model), Anda bisa menggunakannya DISINI. Atau jika mungkin form disini Error, coba pakai yang cadangan.

Form dibawah tidak bisa menghitung kematian yang belum terjadi, :( jadi maksimal terbaru adalah BESOK (BESOK bisa karena jika meninggalnya sore atau malam, di banyak daerah ikut tanggal besoknya.). Jika Anda ingin memaksakan menghitung kematian yang akan terjadi di masa depan (lebih dari besok), silahkan pakai form satunya versi 1.0 yang dilepas tanggalnya. Eh, memangnya ada ya, yang merencanakan mati? =)) :)) Kalau memang hanya mencari hari dan pasaran, sebaiknya menggunakan Aplikasi Cari Hari, Pasaran dan Neptu Jawa.

Baiklah langsung saja pada form aplikasinya berikut ini:


Aplikasi Selamatan Orang Meninggal

Sulit melompat tanggal dengan datepicker? Klik / tap pada tombol Help diatas (sebelah kanan input tanggal). Mau melompat 1000 tahun juga cepat dan mudah. :d
إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

*) Hari meninggal biasa disebut hari geblak.

**) Pendhak I adalah 1 tahun menurut kalender jawa (hijriyah), setahun 354 hari.

***) Pendhak II adalah 2 tahun (708 hari), menurut kalender jawa.


Note: Perhitungan pendhak ini bisa berbeda dengan tanggal ulang tahun geblak di kalender jawa, cek dibawah penjelasannya dan solusi jika berbeda.


Ubarampe Selamatan

Ubarampe maksudnya adalah persyaratan sesuai adat dalam melaksakan selamatan untuk orang yang meninggal. Sebagai wacana saja kalau menurut adat jawa yang murni, berikut ini pantangan dan anjuran untuk selamatan orang meninggal.

Untuk Semua Selamatan

Selametan
Ilustrasi Selametan

Untuk semua selamatan disini maksudnya selamatan mulai 1 sampai dengan 7 hari, 40, 100, pendhak, sampai 1000 harinya sama harus ada hal-hal berikut ini.

Nasi gurih, lauk pauknya garingan, artinya tidak boleh memakai sayur-sayuran. Lauknya biasanya ingkung ayam, yaitu ayam yang lengkap tidak dipotong-potong, dimasak kering (panggang) dalam keadaan wutuh artinya seekor tidak dipotong-potong, sedangkan lainnya boleh dipotong seperti biasa. Kue-kuenya, jangan melupakan kue apem.

Kembang Kum yaitu bunga yang ditempatkan dalam tempat yang berisi air.

Salawate (saren) sekadarnya.

Juga jangan lupa membuat sandingan yaitu semacam sajen yang bahannya diambilkan dari makanan yang dipakai selamatan, seperti nasi gurih, lauk yang dipakai selamatan dengan kue-kue yang ada, kopi, kembang kum, rokok dan korek dan kendi isi air mentah serta kobokan isi air (untuk cuci tangan).

Barang-barang tersebut ditempatkan pada tempat tertentu yang tidak terganggu oleh orang yang lalu lalang dan diberi lampu (boleh listrik yang ada di ruangan itu, atau lampu teplok dan sebagainya kalau belum ada aliran listrik)

Khusus Selamatan 1000 Hari

Ubarampe di atas (Untuk Semua Selamatan) ditambah dengan kain kafan 3 meter, tikar, sandal, piring, cangkir 1 stel, sendok, payung, lampu teplok, kalau ada pakaian atau benda-benda yang menjadi kelangenan / kesenangan orang yang meninggal tersebut dapat diikutsertakan. Semua barang-barang ini ikut dikendurikan.

Pantangan

Hal-hal yang harus diingat yaitu:

Walaupun menyembelih kambing atau sapi, tetapi jangan lupa lauk ingkung ayam. Kalau disembelihkan kambing atau sapi, kulitnya jangan dijual tetapi disedekahkan. Lauk yang dipergunakan untuk selamatan itu harus habis pada malam itu juga dan jangan sampai menyisakan untuk hari esok, lebih-lebih kalau sisa itu berupa yang masih mentah, misalnya, satu paha sapi, atau kambing. Demikianlah kalau adat asli jawa.

Cara Hitung Selamatan

Nah berkaitan dengan perhitungan hari kematian ini, maka dibawah akan dijelaskan metode asli Jawa cara perhitungannya, kalau form diatas itu kan otomatis karena sudah dijadikan bahasa mesin, berikut ini perhitungan manualnya sebagai pengetahuan saja, karena pasti sekarang sudah malas menghitung manual kalau sudah ada kalkulator khususnya. :)

Jumlah Hari dan Pasaran

NoNama HariNoNama Pasaran
1.Ahad1.Kliwon
2.Senin2.Legi
3.Selasa3.Pahing
4.Rabu4.Pon
5.Kamis5.Wage
6.Jum’at 
7.Sabtu 
Jumlah Hari: 7Jumlah Pasaran: 5

Rumus Menghitung

Cara menghitung memakai rumus berikut:

Hari KeRumus HariRumus Pasaran
31 + 21 + 2
71 + 61 + 1
401 + 41 + 4
1001 + 11 + 4
10001 + 51 + 4

Contoh Kasus

Pak Karto meninggal pada Hari Jum’at Legi, maka cara menghitung sebagai berikut ini:

Cara Menghitung HariCara Menghitung Pasaran
Hari KeRumus HariJatuh padaRumus PasaranJatuh pada
3Jum’at + 2AhadLegi + 2Pon
7Jum’at + 6KamisLegi + 1Pahing
40Jum’at + 4SelasaLegi + 4Kliwon *
100Jum’at + 1SabtuLegi + 4Kliwon *
1000Jum’at + 5RabuLegi + 4Kliwon *

Berdasarkan tabel diatas, maka peringatan selamatan Pak Karto sebagai berikut:

SelamatanJatuh Pada
3 hariAhad Pon
7 hariKamis Pahing
40 hariSelasa Kliwon
100 hariSabtu Kliwon
1000 hariRabu Kliwon

Kesimpulan Kasus

Sebelum membaca kesimpulan dibawah ini, perhatkan pada tabel diatas yang bagian ditandai bintang *) pada pasaran kliwon.

*) Hari pasaran 40 hari, 100 hari, dan 1.000 hari pasti sama karena merupakan kelipatan jumlah pasaran (5). Jadi:
40 hari=5 x 8
100 hari=5 x 25
1.000 hari=5 x 200

Perhitungan Pendak

Khusus untuk perhitungan pendhak 1 dan pendhak 2 ini, ada keterbatasan dari aplikasi diatas karena jangankan aplikasi yang merupakan bahasa mesin, bahkan manusia sendiri sering bingung dalam masalah ini sebab penanggalan jawa dan hijriyah ada penyesuain 11 kali dalam siklus 30 tahun dimana merupakan tahun kabisat qomariyah. Jika Anda ingin lebih tahu tentang masalah ini, lihat bahasan Kalender Hijriyah dan Kalender Jawa.

Aplikasi diatas menggunakan jalan tengah untuk perhitungan yaitu dengan mencari hari dengan rentang waktu 354 hari sebagai 1 tahun / pendak, dan untuk pendak 2 dengan 354 x 2 = 708. Pada kenyataannya, ada 11 tahun dalam siklus 30 tahun jumlah harinya 355 hari, dan ini membuat aplikasi kesulitan, karena penentuan kabisat ini di Indonesia saja sering berbeda seperti kita tahu hari raya Idul Fitri sering berbeda. Namun perlu Anda tahu bahwa meski ada perbedaan di tahun tertentu, pada siklus berikutnya akan sama lagi, panjang untuk bahasan ini, tak mungkin diulas disini, Anda bisa lebih mengerti jika Anda tahu ilmu hisab dan rukyatul hilal. Paling tidak Anda pasti tahu bahwa kadang hari raya Idul Fitri barengan, kadang beda lagi, itu karena siklus ini.

Solusi Jika Hasil Pendak Aplikasi Berbeda dengan Tanggal Geblak

Berbeda disini maksudnya begini, misal Pak Joko meninggal pada tanggal 2 Ruwah / Sya'ban, lalu aplikasi menghitung bahwa pendak jatuh pada tanggal yang jika dilihat di kalender jawa terkini tanggal 1 Ruwah, maka Anda sebaiknya memilih untuk menentukan pendak sesuai tanggal geblak yaitu tanggal 2 Ruwah, sebab itu adalah ulang tahun meninggalnya, dan coba amati, tahun saat itu, atau tahun sebelumnya pasti jumlah hari dalam setahun bukan 354, tapi 355 hari. Aplikasi tidak bisa tahu masalah kabisat ini karena penentuannya tidak seperti tahun masehi yang 4 tahun sekali secara konsisten. Selengkapnya lihat Kalender Hijriyah dan Kalender Jawa.

Pendak Berulang

Pendak berulang maksudnya adalah pendak tahun-tahun setelahnya, 5 tahun, 10 tahun, dan seterusnya, dalam masyarakat sering disebut selamatan haul. Nah untuk masalah ini tidak perlu aplikasi lagi, tinggal melihat tanggal geblaknya di kalender, peringatan dan selamatan dilakukan pada tanggal tersebut. Untuk contoh diatas berarti peringatan haulnya dilakukan tiap tanggal 2 Ruwah tiap tahun.


Rekomendasi Aplikasi atau Bahasan Adat Jawa

Nah sekian dulu bahasannya untuk masalah perhitungan kematian adat Jawa. Semoga bermanfaat. Hanya info, berkaitan dengan perhitungan hari dan pasaran ini, juga berkaitan dengan adat Jawa, ada beberapa yang terkait dan mungkin Anda belum tahu, diantaranya:

Pesan pondokjeruk.com

Hati-hati dengan aplikasi sejenis ini di situs lain, karena dari pengalaman kami survey, beberapa hasilnya salah, karena tidak sesuai dengan perhitungan rumus sesuai primbon jawa. Kalau disini silahkan dibuktikan dengan rumusnya diatas atau kalau Anda punya primbon yang menggunakan metode perhitungan lain, silahkan diuji. ^:)^

Perlu diketahui perhitungan untuk selamatan jawa ini tidak sama dengan perhitungan standar, banyak aplikasi sejenis, bahkan yang ada di oogle Playstore menggunakan cara menghitung dengan standar pemrograman biasa, dan hasilnya jadi salah.

Apalagi Bahkan banyak blog / situs lain yang hanya melakukan saling copy paste kode script yang salah tersebut dan menyesatkan, kami bukan menonjolkan aplikasi kami, tapi memberikan informasi tentang kesalahan yang banyak terjadi. Kalau Anda amati di blog Pondok Jeruk ini tidak ada iklan (yang menyebalkan), jadi murni kami berbagi dengan Anda semua, tidak ada untungnya sebenarnya bagi kami untuk menonjolkan aplikasi ini.

Bisa membantu dan sekedar mendapat like saja sudah merupakan kegembiraan bagi kami semua admin Pondok Jeruk.

“Apakah Anda rela kalau selamatan meninggalnya orang-orang dekat kita yang kita cintai salah tanggal karena kecerobohan pembuat aplikasi atau tukang copas?”

Itulah sebabnya pesan ini kami rasa perlu disampaikan. Sampaikan juga pesan ini pada saudara-saudara Anda, jangan sampai jadi korban perhitungan salah.

Salam persaudaran kami ucapkan pada poro sedulur semua. :)

Download Aplikasi Android

Karena beberapa permintaan pengunjung, saya sediakan saja aplikasi untuk diinstall. Pada dasarnya sama saja dengan membuka halaman ini, cuma kalau sudah di install, akan langsung menuju ke halaman ini dari aplikasi tanpa perlu cari di google dulu.

Aplikasi Tunggal

Anda bisa mendownload file APK di bagian lampiran dibawah. Saya Anggap Anda tahu cara menginstall aplikasi Android dari sumber bukan play store (atau cari di google caranya). Saya tidak tempatkan di google playstore karena aplikasi ini memang gratis dan tanpa ada iklan mengganggu dan menyedot kuota data internet Anda, dan untuk mendaftarkan ke playstore saja kena biaya $25, menyiapkan kartu kredit, dan prosedur rumit lainnya. Jadi ya APK saja saya sediakan tidak perlu dipasang di playstore.

Saya sendiri lebih merekomendasikan untuk mem-bookmark halaman ini daripada install Aplikasi, tetapi kalau Anda tidak familiar dengan manajemen bookmark yang baik, atau sering menghitung kematian orang-orang sekitar Anda, misalnya Anda seorang Modin di kampung, install juga baik.

Saya menggunakan appsgeyser.com untuk mengcompile menjadi aplikasi andorid dan sudah saya setting tanpa iklan biar tidak mengganggu. Saya coba tidak ada, namun jika ada diantara saudara-saudara yang menginstall menemukan ada iklan muncul, tolong laporkan di komentar karena berarti appsgeyser.com tidak fair sesuai setting saya saat membuat, dan iklannya di inject oleh appsgeyser.com. Jika terjadi begitu maka aplikasi andorid ini akan saya hapus.

Aplikasi Lengkap

Saya tidak menyangka bahwa yang mendownload aplikasi ini cukup banyak, jadi terpikir juga sekalian memudahkan Anda semua, saya buatkan bundel aplikasi banyak sekaligus dalam satu antarmuka. Jadi saat butuh hitung selamatan langsung ada, mau lihat primbon ada, mau hitung neptu dan pasaran ada, mau tafsir mimpi ada, hitung hamil ada, dll. Juga akan mengikuti perkembangan jumlah aplikasi online di pondokjeruk.com tanpa perlu update aplikasi, karena isi daftar aplikasinya akan saya tambah seiring bertambahnya aplikasi online dan otomatis akan masuk ke daftar dalam aplikasi ini.

Selain itu dengan aplikasi ini akan lebih cepat menuju form, karena waktu di tap / klik langsung menuju form isian, loadingnya juga lebih cepat. Berikut ini tampilan aplikasinya setelah di install di android:

Aplikasi tools pondokjeruk.com 1
Aplikasi tools pondokjeruk.com 2

Di lampiran / enclosures bawah ada 2 pilihan download APK, yang saya rekomendasikan yang kedua (App Versi Baru), yang pertama (App Versi Lawas) isinya hanya aplikasi hitung selamatan ini, dari awal tidak saya rekomendasikan. Sedangkan yang kedua isinya banyak pilihan dan loading awal lebih cepat. Tapi terserah pilih mana. :)

star
Bagikan

Author

Faisalحَسْبُنَا اللّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Post “Aplikasi Hari Selamatan Orang Meninggal (Perhitungan Online Terpercaya)” ini saya unggah dari Surabaya, Surabaya City, East Java, Indonesia. 
Published:Sabtu, 23 September 2017
Last Modified:2020-12-19T07:43:06Z

Recent Posts

    Lampiran 2
    No. TypeContent
    1. application/apkLampiran application/apk
    2. application/apkLampiran application/apk

    Komentar 73  Recent Comments