Langsung ke konten utama
loading

Cara Menambah Nilai Aktiva Bila Nilai Buku Telah Habis Agar Bisa Disusutkan Kembali di Accurate

Ini memang sering menjadi masalah, sebab setelah disusutkan ternyata fisik dari aktiva tetap masih joss, apalagi kalau kemudian kita perlu melakukan revaluasi aktiva karena memang kita melakukan upgrade, atau service besar-besaran yang sebenarnya menambah umur ekonomis dari aktiva. Misalnya untuk kendaraan kita ganti mesin baru yang harganya sangat material, maka biaya tersebut perlu disusutkan bukan dibiayakan agar proporsional dalam alokasi biayanya.

Nilai Aktiva

Nah di accurate accounting untuk melakukan revaluasi ini caranya bukan menilai kembali aktiva lama, tapi menambahkan aktiva baru tapi dengan nama yang sama, dan biaya yang dimasukkan adalah biaya tambahan tadi, dalam contoh diatas adalah pembelian mesin dan ongkos pasangnya. Baiklah langsung saja kita ke langkah-langkah di accurate.

Karena kita tidak bisa mengedit di Aktiva yang bersangkutan maka cara yang harus dilakukan adalah dibuatkan Aktiva Tetap baru dengan Kode Aktiva yang berbeda dan inputkan Asset Description dengan nama yang sama. Kemudian pada tab Expenditure isi dengan akun yang menampung Nilai Biaya atas reparasi aktiva tersebut, lalu Save. SELESAI!

Komentar 0  Recent Comments