Langsung ke konten utama
loading

Cara Memilih Jasa Ahli SEO / Pakar SEO

 

Pakar SEO atau Ahli SEO adalah seseorang yang sangat kompeten dalam membuat halaman web menjadi nomor 1 (*) dalam SERP (Search Engine Result Pages). Keahlian ini didapatkan dalam rentang waktu yang relatif lama, dan Pakar SEO haruslah selalu mengupdate ilmunya mengikuti algoritma mesin pencari, khususnya adalah google, sebab selain google adalah rajanya mesin pencari saat ini, algoritma google seringkali berubah seiring perkembangan internet.

Ahli SEO / Pakar SEO

Sebenarnya seorang ahli SEO tidak harus selalu mampu membuat halaman web menjadi nomor 1 di halaman SERP, akan tapi asalkan bisa tampil dihalaman depan google, itu sudah baik, sebab hasil pencarian juga seingkali disesuaikan dengan masing-masing user google, hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu bisa berlainan antara user satu dengan lainnya.

Tapi biasanya seorang pakar SEO akan mampu membuat halaman web yang dikehendakinya nangkring di halaman pertama, sebab kalau ada di halaman ke 65 misalnya, siapa yang akan membukanya? tidak banyak netter begitu sabar membuka halaman google sampai halaman ke 65, apalagi ke seratus sekian, wkwkwk. :)) Pakar SEO Indonesia

Itulah pengertian Ahli SEO atau Pakar SEO, sebab saat ini banyak sekali orang mengklaim dirinya sebagai Ahli SEO, sebab konon dia mampu membuat halaman web apapun menjadi tampil dihalaman muka google, dan untuk mendapatkan rahasia dari ilmu SEO-nya biasanya kamu harus membeli paket video atau ebook yang dibanderol dengan harga-harga tertentu. Sepertinya ebooknya itu yang bisa membuat kita menjadi seorang pakar SEO juga. Kalau semua pakar lalu siapa yang paling pakar? hayya...

Pengertian SEO dan SEM

O iya, lupa SEO itu adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization, jadi adalah cara melakukan optimasi agar halaman web bisa menjadi kuat di mesin pencari google. SEO ini pada akhirnya akan berkaitan dengan SEM yaitu Searh Engine Marketing, sebuah pendekatan teknik marketing via mesin pencari, dengan tampil dihalaman pertama google, otomatis akan banyak pelanggan potensial yang akan masuk ke sebuah web, apalagi kalau web tersebut memang berjualan produk atau jasa.

Nah jika Anda adalah orang yang membutuhkan jasa SEO, untuk mendongkrak penjualan online Anda, Anda perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai hal ini, karena kalau sama sekali tanpa pengetahuan, maka mudah sekali Anda akan mendapatkan jasa SEO abal-abal dan menjadi korban praktek SEO yang sesat. Bukan malah untung tapi sudah jatuh tertimpa tangga pula karena situs Anda bisa malah dihapus indexnya oleh google.

Tips Memilih Pakar SEO

Dalam memilik konsultan SEO yang baik, pertama orang atau perusahaan yang Anda pilih harus memiliki skill SEO yang terupdate, dan harus fair dalam menjelaskan pada Anda apa yang dia akan lakukan terhadap situs Anda, karena SEO bukanlah semata-mata memberi backlink lalu sudah. Berikut ini yang perlu Anda tanyakan pada calon Ahli SEO yang akan Anda sewa jasanya.

  1. Dapatkah Anda menunjukkan kepada saya contoh hasil kerja optimasi SEO sebelumnya dan berbagi beberapa kisah sukses? Ini penting karena bukti adalah segalanya.
  2. Apakah Anda mematuhi Pedoman Webmaster Google? Kalau melanggar, hati-hati!
  3. Bagaimana Anda mengukur keberhasilan dalam optimasi?
  4. Apa pengalaman Anda dalam usaha saya? apakah ada saran tertentu yang khusus dengan usaha saya?
  5. Apa teknik SEO yang terpenting bagi Anda?
  6. Sudah berapa lama Anda bekerja dalam jasa SEO dan bagaimana saya tahu bahwa Anda adalah pakar SEO?
  7. Bagaimana cara saya menghubungi Anda? Apakah Anda bersedia memberi tahu semua perubahan yang Anda lakukan pada situs saya, dan menyediakan informasi mendetail tentang rekomendasi Anda serta semua alasannya?

Nah pertanyaan diatas bisa Anda tambahi atau kurang saat melakukan negosiasi dan menentukan apakah akan menggunakan jasa Pakar SEO tersebut. Tapi Anda juga harus tahu tentang SEO walau tidak ahli, karena kalau tidak maka misalnya saja Anda bertanya untuk pertanyaan nomor 7 diatas, bagaimana bisa Anda menilai Ahli SEO tersebut menjawab wajar atau ngawur?

Download Ebook SEO

Untuk itu silahkan mempelajari ebook SEO yang sudah pasti tidak akan sesat karena dibuat oleh google sendiri, Anda hanya perlu membacanya sebagai wacana saja, kecuali mau menjadi pakar SEO juga, maka pelajari dengan detil. Silahkan didownload ebook berikut ini:

Ebook SEO

Ahli SEO / Pakar SEO

Bukan hanya para pencari jasa Pakar SEO saja yang bisa memanfaatkan ebook diatas, bagi blogger, webmaster, atau siapapun yang ingin belajar SEO, silahkan dipelajari, sehingga jika belajar lebih lanjut secara otodidak di internet, Anda tidak akan tertipu atau tersesat tutorial SEO abal-abal, karena sekarang banyak blogger belum ahli SEO juga sudah menulis tutorial, kalau bener mendingan, kalau sesat dan ngawur, yang belajar jadi ikut kejebur sumur. :)

Sekian dulu bahasan mengenai pakar SEO, ah... saya hanya bisa ngiler bisa menjadi Ahli SEO atau pakar SEO, :( sebab dengan blog baru semacam blog ini mana bisa menjadi ahli SEO dan pakar SEO, seorang pakar SEO konon selalu menggunakan domain dengan DA tinggi dan menggunakan blog dengan self hosting yang harus membayar mahal untuk memilikinya, karena kalau membeli hosting murah, dengan keahlian SEO-nya justru bisa membuat blognya down karena kebanyakan pengunjung. Namanya saja ahli SEO, tentu saja trafik blognya lebih dari 100.000 pageviews perhari. Kalau masih dibawah itu, maka perlu dipertanyakan apakah dia ahli SEO tulen atau jangan-jangan ahli SEO gadungan.

Catatan Belajar SEO

Ini adalah bagian update dari artikel. Posting ini sebenarnya juga merupakan sarana belajar SEO. Mencoba bersaing dengan kata kunci ahli SEO, Pakar SEO, Master SEO dan lain sebagainya berkaitan dengan teknik SEO. Namun sayang sekali masih belum terasa hasilnya di mesin pencari.

Namun jika ada perkembangan akan diusahakan di update disini. Untuk kata kunci ahli SEO, pakar SEO dulu saja yang difokuskan, dan sepertinya dengan ahli SEO lebih baik hasilnya di SERP.

star
Bagikan

Author

Faisalحَسْبُنَا اللّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Post “Cara Memilih Jasa Ahli SEO / Pakar SEO” ini saya unggah dari Surabaya, Surabaya City, East Java, Indonesia. 
Published:Senin, 11 September 2017
Last Modified:2020-11-18T00:59:49Z

Recent Posts

    Komentar 15  Recent Comments