Langsung ke konten utama
loading

Arti Nama Pria-Pria Jawa

Arti Nama Pria Jawa

Nama bernuansa adat Jawa saat ini sudah jarang dipakai para orang tua yang mempunyai anak baru, dan ide postingan ini awalnya mencoba untuk mengabadikan data nama-nama Jawa masa dulu. Namun kok nemu yang nyeleneh. Saat mencari referensi nama-nama Jawa, maksud awal mencari informasi nama yang bertujuan untuk anak-anak atau bayi. Tujuannya semacam yang ada di Koleksi Nama-Nama Anak. Namun kesasar ke humor arti nama pria jawa yang nyeleneh pengartiannya, maka jadilah postingan ini semacam humor setengahnya. Namun kalau mau diartikan serius juga terserah pembacanya.

Nama adalah doa... demikianlah menurut kata-kata bijak, oleh karena itulah kita dianjurkan memberikan nama yang baik pada anak-anak kita. Dibawah ini adalah arti yang mengandung harapan dari orang tua Jawa memberi nama pada anak-anaknya.

Arti dan Harapan Diberi Nama
Pandai menanam bungaRosman
Pandai memperbaiki mobilKarman
Pandai main golfParman
Pandai dalam korespondensiSuratman
Gagah perkasaSuparman
Kuat dalam berjalanWakiman
Berani bertanyaAsman
Agar Ahli membuat kue Paiman
Agar Pandai berdagang Saliman
Agar Pandai melukis atau mengukir Saniman
Agar jadi orang kayaSugiman
Agar besar nanti pandai cari muka Yasman
Agar Suka begituan Pakman
Suka makan toge gorengTogiman
Agar Selalu ketagihan Tuman
Agar Suka telanjang Nudiman
Agar Selalu sibuk terus Bisiman
Agar pinter main gameGiman
Agar bisa sering cuti Sutiman
Agar jadi juragan sate Satiman
Agar jadi juragan trasi Tarsiman
Agar pinter memecahkan problem Sukarman
Agar kalau ujian nggak usah mengulang Herman
Agar pinter bikin jus Yusman
Agar jadi orang yang berwibawa Jaiman
Agar jadi pemain musik Basman
Agar awet muda Boiman
Agar pinter berperang Warman
Agar jadi orang Bali Nyoman
Agar jadi orang Sunda Maman
Agar lincah seperti monyet Hanoman
Agar jadi orang Belanda Kuman
Agar tetep tinggal di Jogja Sleman
Agar jadi tukang sepatu handal Soleman
Agar tetep bisa jalan walau nggak pake mesin Delman
Arti Nama Pria Jawa

Kayaknya yang mengartikan nama-nama Jawa diatas agak mabuk, dan yang jelas bukanlah para pujangga masa dulu. Dan bukan merupakan arti asli namun lebih kayak omongan mantri abud dan kebanyakan makan nasi.

Komentar 2  Recent Comments

  1. Gak kuat ngakak aku, Nudiman paling kocak namanya...

    BalasHapus