Langsung ke konten utama
loading

Cara Mengatasi DVD/CD Drive/Writer Error

 

Cara Sederhana Memperbaiki DVD/CD Drive/Writer Error. Tulisan ini adalah pengalaman pribadi pusing karena DVD drive laptop saya tidak bisa membaca CD atau DVD yang dimasukkan. Gejala kerusakan DVD Drive ada beberapa macam. Saat saya masukkan DVD Film loadingnya gak selesai-selesai, lampu indikator DVD nyala terus. Jika saya masukkan CD, maka dikenali sebagai CD blank dan muncul pilihan Burn Disc.

DVD/CD Drive/Writer Error

Pusing juga awalnya, sampai kepikiran mau beli baru. Mencari informasi di internet ternyata sarannya kurang memuaskan dan tidak bisa langsung dijalankan karena malam-malam susah mencari solusi yang didapatkan. Akhirnya saya nekat saja melakukan experiment dan ternyata berhasil dengan memuaskan dan tanpa biaya besar. DVD/CD Drive/Writer

Namun agar lengkap dan aman saya akan tuliskan cara mudah mengatasi DVD Drive atau DVD Writer yang tidak bisa membaca saya susun urutan penyelesaiannya seperti dibawah ini:

Diagnosa

Coba beberapa CD atau DVD karena dimungkinkan yang rusak adalah CD/DVD-nya. Jika ada komputer lain yang dilengkapi DVD/CD Drive, coba dikomputer lain tersebut apakah bisa dibaca. Kalau ternyata di komputer lainnya bisa dibaca, berarti memang ada masalah di DVD/CD drive.

Solusi

  • Jika ada DVD/CD Cleaner gunakan untuk membersihkan.
  • Jika tidak ada DVD/CD Cleaner, namun DVD/CD Drive kamu bisa dilihat lensa optiknya (biasanya laptop) maka bersihkan dengan cutton but saja, gunakan cairan pembersih laptop. Ini adalah penyelesaian yang saya lakukan dari masalah diatas.
  • Jika kedua hal diatas tidak bisa, maka terpaksa kamu membeli DVD/CD Cleaner dan bersihkan DVD/CD Drive kamu.
  • Kalau masalah belum teratasi, bawa ke services resmi, khususnya jika laptop karena memperkecil risiko rusak.
  • Terakhir adalah, buang DVD/CD Drive kamu dan beli yang baru.

Tindakan Pencegahan

  • Gunakan DVD/CD yang baik mutunya dan baik pula proses burningnya.
  • Bersihkan DVD/CD Drive secara berkala.

Semua solusi diatas sesuaikan dengan keadaan dan kondisi kamu, tidak harus selengkap diatas. Semoga bermanfaat. Singkat kan? ini memang cara singkat menyelesaikan masalah DVD writer bermasalah, bukan cara membetulkan dengan cara dibongkar, karena itu adalah cara teknisi bukan pengguna biasa.

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Cara Mengatasi DVD/CD Drive/Writer Error” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Sabtu, 30 September 2017
Last Modified:2020-06-13T06:06:48Z

Recent Posts

    Recent Comments