Langsung ke konten utama
loading

Cara Membuat Tahu

Cara membuat tahu ini seperti biasa akan bermanfaat bagi orang yang ingin membuka peluang usaha (*) dengan berjualan tahu, kalau untuk dikonsumsi sendiri, jujur saja muka Anda lama-lama akan kayak tahu gara-gara kebanyakan makan tahu.

Cara Membuat Tahu

Tahu ini berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi".

Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han. Jadi tahu ini sebenarnya adalah makanan kuno.

Dibawa para perantau Cina, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia. Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya yang terkenal adalah tahu Sumedang dan Tahu Kediri.

Baiklah sekarang langsung saja menuju cara / resep membuat tahu enak. Ikuti saja petunjuk dibawah:

  • Kedelai ditampi untuk dipilih biji yang besar.
  • Kedelai dicuci, lalu direndam dalam air besar selama enam jam.
  • Kedelai dicuci lagi selama setengah jam.
  • Kedelai disosoh dan dipecah menggunakan MESIN PEMECAH KEDELAI.
  • Kemudian digiling sampai halus, menggunakan MESIN GILING KEDELAI PISAH AMPAS, dan susu kedele mengalir ke dalam tong penampung.
  • Susu kedelai langsung direbus sampai mendidih di dalam mesin pemasak berukuran besar.
  • Susu kedelai lalu dipindahkan dari wajan ke bak atau tong untuk disaring dengan kain belacu atau kain mori kasar yang telah diletakkan pada sangkar bambu. Agar semua sari dalam susu kedelai tersaring semua, pada kain itu diletakkan sebuah papan kayu dan seseorang naik di atasnya dan menggoyang-goyangnya. Limbah penyaringan, yang disebut ampas tahu, diperas lagi dengan menyiram air dingin, sampai tidak mengandung sari lagi. Penyaringan dilakukan berkali-kali hingga bubur kedelai habis.
  • Air saringan yang tertampung dalam tong warna kuning atau putih dicampur dengan asam cuka agar menggumpal. Selain asam cuka, dapat juga ditambahkan air kelapa, atau cairan whey (air sari tahu bila tahu telah menggumpal) yang telah dieramkan, atau bubuk batu tahu (sulfat kapur).
  • Air asam dipisahkan dari gumpalan atau jonjot putih dan disimpan, sebab masih dapat digunakan lagi. Gumpalan atau jonjot tahu yang mulai mengendap dituangkan dalam CETAKAN TAHU DARI KAYU dan dialasi kain belacu. Adonan tahu kotak dikempa selama satu menit, sehingga air yang masih tercampur dalam adonan tahu itu terperas habis. Adonan tahu berbentuk kotak yang sudah padat dipotong-potong, misalnya dengan ukuran 6 x 4 cm2. Tahu pun siap dijual.

Semoga bermanfaat dan jika Anda jadi berjualan tahu, semoga laris. Berikut ini ada beberapa video cara membuat tahu yang dikumpulkan dari youtube.

Cara membuat tahu Bahan Kedelai 1 kg Cuka makan 11/2 sendok Alat: Blender Kain kasa Panci/wajan besar This video is originally uploaded by ig fans_mucle01. Cara membuat tahu, dengan cetakan, sebelum di buat menjadi kuning Cara membuat tahu, dengan cetakan, sebelum di buat menjadi kuning. Proses Bikin Tahu Proses Pembuatan Tahu Sehat Nigarin 1. Kedelai di cuci sampai bersih, rendam selama 4-12jam, kemudian di cuci lagi (kulit ari tidak di kelupas) 2. Lakukan ... Cara Membuat Tahu Bulat gurih dan lembut Tahu adalah makanan populer di Indonesian,semua orang menyukai Tahu.Tahu bisa diolah menjadi makanan utama maupun sebagai camilan. Kali ini dapur ... Cara Membuat Tahu Sendiri Di Rumah+alat yang digunakan inilah Cara Membuat Tahu Sendiri Di Rumah+alat yang digunakan,,Pastinya bayak orang yang suka dengan makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang ... Cara membuat Tahu - How to make Tofu Pembuatan tahu dengan cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Bahan utama yang pembuatan tahu adalah kedelai, air jeruk/cuka, dan air.
Koleksi Video Cara Membuat Tahu
URL
TitleCara membuat tahu
DescriptionBahan Kedelai 1 kg Cuka makan 11/2 sendok Alat: Blender Kain kasa Panci/wajan besar This video is originally uploaded by ig fans_mucle01.
Unduh MP4 3GP WEBM MP3 M4A
Cara membuat tahu
Cara membuat tahu, dengan cetakan, sebelum di buat menjadi kuning
Proses Bikin Tahu
Cara Membuat Tahu Bulat gurih dan lembut
Cara Membuat Tahu Sendiri Di Rumah+alat yang digunakan
Cara membuat Tahu - How to make Tofu
widget by Pondok Jeruk List Video Builder

Komentar 0  Recent Comments