Langsung ke konten utama
loading

Mitos Burung Phoenix

Mitos Burung Phoenix

Saat membaca kadang kita menemukan istilah burung phoenix, sebenarnya apa itu burung phoenix? dan kenapa sering muncul dalam bahasan sejarah atau karya berbau mitologi? bahkan saat menonton film, burung phoenix juga seringkali muncul, khususnya film berlatar belakang jaman dulu.

Phoenix dalam mitologi Mesir adalah burung legendaris yang keramat. Burung Api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan. Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun. Setelah hidup selama itu, Phoenix membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari abunya, munculah burung Phoenix muda.

Siklus hidup burung Phoenix seperti itu (regenerasi), bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sebagai sosok yang baru. Oleh karena itulah phoenix dikenal sebagai simbol dari keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, dan simbol dari kebangkitan tubuh setelah mati. Jika kamu pernah menonton Film Harry Potter, disitu ada adegan tentang burung ini.

“Phoenix” juga merupakan nama bahasa Inggris yang diberikan kepada burung yang paling penting dalam mitologi Cina, yang disebut Fenghuang, dengan banyak karakteristik dan arti simbolis.

Mitos Burung Phoenix

Phoenix juga adalah tokoh sentral di Libanon budaya kuno dan modern, seperti Libanon adalah keturunan dari Fenisia dan sering mengklaim diri mereka anak-anak Phoenix. Libanon, dan Beirut khususnya, seringkali digambarkan secara simbolis sebagai burung phoenix yang telah dihancurkan dan dibangun kembali 7 kali selama sejarah panjang.

Di Cina, Fenghuang (“凤凰”) adalah sebuah mitos burung mirip dengan phoenix. Ini adalah makhluk kedua yang paling dihormati dari makhluk legendaris (kedua setelah naga), sebagian besar digunakan untuk mewakili ratu dan perempuan. Phoenix adalah pemimpin burung.

Di Jepang, phoenix disebut ho-ō (kanji: “凤凰”) atau fushichō (不死鸟?), Secara harfiah “Burung Abadi”.

Dalam cerita rakyat Rusia, phoenix muncul sebagai Zhar-Ptitsa (Жар-Птица), atau firebird, subjek yang terkenal pada 1910, balet skor oleh Igor Stravinsky.

Phoenix ini ditampilkan dalam bendera Alexander dan banyak kapten lain selama Revolusi Yunani, Yunani yang melambangkan kelahiran kembali, dan dipilih oleh John Capodistria (1828 - 1832). Selain itu, mata uang Yunani modern pertama menggunakan nama phoenix. Meskipun digantikan oleh lambang kerajaan ,dia tetap menjadi simbol populer, dan digunakan lagi di tahun 1930-an oleh Republik Hellenic Kedua. Namun, penggunaannya oleh Junta militer dari 1967 - 1974 membuatnya sangat tidak populer, dan telah hampir menghilang dari penggunaan setelah 1974, dengan pengecualian dari Orde Phoenix dari Yunani.

Itulah sekitar mitos phoenix dan sejarahnya.

Komentar 0  Recent Comments