Langsung ke konten utama
loading

Menemukan Materi Campuran di Seluruh Halaman Blog / Website Dengan Cepat (HTTPS Mixed Content Issues)

Cara membersihkan materi campuran (HTTPS Mixed Content Issues) (*) di seluruh halaman blog ini berkaitan dengan posting cara mengaktifkan SSL / HTTPS blog custom domain di blogger.com dengan aman sebelumnya. Dan ini adalah tips yang mudah dan cepat dalam mengidentifikasi di laman mana masalah Mixed Content terjadi.

HTTPS Mixed Content Issues

Jika jumlah post hanya 10 mungkin tidak akan menjadi masalah, namun jika postingnya sudah ada diatas 100 biji, atau bahkan jika 500 post maka ini akan sangat melelahkan dan membuat frustasi. Nah kali ini berbagi tips bagaimana cara cepatnya. Namun sebelum menuju pada teknik, perlu dimengerti dulu apa itu yang disebut dengan materi campuran. Materi Campuran Blog Website

Situs / blog yang mendukung HTTPS adalah langkah penting untuk melindungi situs dan user dari serangan, akan tetapi materi campuran bisa membuat perlindungan itu menjadi sia-sia. Untuk melindungi blog dan user, kita perlu menemukan dan memperbaiki masalah materi campuran.

Menemukan dan memperbaiki materi campuran adalah tugas penting, namun dalam "menemukan" ini bisa memakan waktu yang sangat besar. Panduan dibawah akan membahas beberapa teknik untuk membantu prosesnya.

Pengertian Materi Campuran

HTTPS Mixed Content atau Materi campuran terjadi jika HTML dimuat melalui koneksi HTTPS yang aman, akan tetapi sumber daya lainnya (seperti gambar, video, stylesheet, skrip) dimuat melalui koneksi HTTP yang tidak aman.

Inilah yang disebut sebagai materi campuran karena materi HTTP maupun materi HTTPS dimuat untuk menampilkan laman yang sama, dan permintaan awal sudah aman melalui HTTPS. Browser modern menampilkan peringatan tentang tipe materi ini untuk menunjukkan kepada pengguna bahwa laman ini berisi sumber daya yang tidak aman.

Blog di Blogger.com Terhadap HTTPS Mixed Content

Untuk blog di blogger.com yang sudah migrasi ke HTTPS, dan sudah melakukan proses lanjutan seperti di Kupas Tuntas SSL / HTTPS Blog Custom Domain di Blogger.com, maka sebenarnya sudah aman dari mixed content.

  1. Kenapa bisa aman?
  2. Apakah semua post sudah aman?
  3. Apa tidak diperlukan apapun lagi setelah itu?

Jawaban dari 3 pertanyaan akan kita bahas satu persatu.

  1. Aman. Karena ternyata blogger.com akan otomatis mengubah konten di posting jika ditemukan http:// menjadi //. Itu artinya gambar dan tag sensitif lain akan diload mengikuti protocol induk blognya menjadi https:// dan ini menjadikan gambar diload juga dalam https:// msekipun dulu pada saat posting menggunakan http://. Gak ngerti? perhatikan 2 URL gambar dibawah.
  2. Di dalam postingan kita memasukkan alamat gambar seperti:

    http://2.bp.blogspot.com/bla/bla/bla/name.png

    Kalau dilihat di source code posting blog akan diubah otomatis menjadi:

    //2.bp.blogspot.com/bla/bla/bla/name.png

    Dengan demikian, maka masalah keamanan HTTPS Mixed Content ini sudah teratasi otomatis. Tapi jangan senang dulu, karena ini masih akan menimbulkan masalah lain.

  3. Ya, semua aman. Misal punya 450 posting, semua akan aman saja.
  4. Bagi saya perlu. Jika kamu memutuskan untuk mengabaikannnya maka itu terserah kamu. Namun perlu diketahui bahwa karena masalah pemotongan bagian protocol (http://) di gambar pada contoh diatas, akan membuat error dalam mark-up halaman. Ini jika di blog kita menggunakan markup dari https://schema.org. Untuk lebih jelasnya coba uji halaman terstruktur salah satu posting yang mengandung gambar tanpa penulisan protocol. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:
  5. Materi Campuran Blog Website

    Nah error kan? tapi ini jika kita menggunakan mark-up yang mengandung gambar. Kalau tidak ya tidak akan error.

    Selain itu akan membuat erro tombol berbagi, berikut ini contohnya untuk tombol like facebook:

    Mixed Content

    Setelah di klik error-nya muncul keterangan yang disebabkan masalah ini, yaitu tidak ada bagian protocol HTTP atau HTTPS di meta og:image maupun mark up dan postingan. Lihat gambar berikut ini:

    Mixed Content

Cara Menemukan Laman Mengandung Materi Campuran

Untuk menemukan laman mana saja di blog kita bisa menggunakan 3 cara yang pernah saya lakukan dari yang biasa sampai yang cepat dan mudah.

1. Cara Manual

Cara ini paling melelahkan dan memakan waktu. Sebab namun bisa dilakukan juga. Caranya sederhana, buka daftar isi blog, lalu buka semua posting satu persatu, setelah laman terbuka, buka page source laman dengan Ctrl + F, dan di source code, gunakan lagi Ctrl + F dan cari http://, kalau ditemukan, edit post tersebut dengan klik pada link edit di post yang sudah terbuka sebelumnya, link ini hanya tampil pada admin blog atau author post.

Saya pribadi menyerah kalau pakai cara ini. Malas lah alasannya!.

2. Menggunakan Alat Pengujian Data Terstruktur

Ini adalah menggunakan bantuan tool dari google sendiri yaitu buka laman Alat Pengujian Data Terstruktur Google, kemudian cara memasukkan URL-nya bukan URL per post, tapi URL dari archives / arsip. Dengan begitu kita relatif tidak perlu memasukkan sangat banyak. Gunakan URL seperti berikut ini:

https://www.pondokjeruk.com/2017/12/

https://www.pondokjeruk.com/2017/11/

https://www.pondokjeruk.com/2017/10/

https://www.pondokjeruk.com/2017/09/

Intinya masukkan saja perbulan. Ini tergantung berapa banyak arsip bulanan blog kamu. Kalau misalnya sudah ukuran tahun, maka gunakan saja URL untuk tahun:

https://www.pondokjeruk.com/2017/

Kalau postingnya banyak, bisa digunakan next URL dari induk URL archives awal. Dengan cara ini maka akan ada temuan seperti gambar berikut ini:

Materi Campuran Blog Website

Nah kita jadi tahu post mana saja yang error, jadi kita tinggal edit post tersebut tidak harus membuka seluruh post tiap halaman seperti cara manual diatas. Untuk kasus contoh gambar, kita bisa tahu rincian post kalau di klik dari jumlah laporan kesalahan itu.

3. Menggunakan Software HTTPS Checker

Ini adalah cara paling cepat dan paling mudah tanpa capek. Lalu kenapa kok diletakkan paling akhir? Karena sayang sekali software ini yang versi gratis memiliki batasan jumlah laman hanya sampai 500 laman. Jadi kalau posting kamu melebihi jumlah itu, tidak akan bisa dicover seluruhnya.

Untung saja Pondok Jeruk migrasi ke HTTPS sebelum mencapai 500 posting, jadi masih bisa dicover seluruhnya. Cara menggunakan aplikasi ini silakan download dulu installernya:

HTTPS Checker.

Download aplikasi installernya klik tombol seperti dibawah ini kalau laman web tersebut sudah terbuka:

Materi Campuran Blog Website

Setelah itu instal saja di PC / Laptop kamu sampai selesai dan terinstall dengan baik. Kalau sudah diinstall, buka aplikasi itu dan masukkan URL blog kamu lalu klik Run seperti gambar-gambar berikut ini:

HTTPS Mixed Content Blog Website
Software HTTPS Checker
HTTPS Mixed Content Blog Website
HTTPS Checker sedang bekerja

Tunggu sampai proses selesai. Software tersebut akan meng-crawl semua laman di blog. Tapi pastikan navigasi blog kamu bisa mencapai seluruh posting, kalau navigasinya terputus ya bisa jadi tidak ketemu semua.

Kalau sudah selesai maka akan ada laporan seperti berikut ini:

HTTPS Mixed Content Blog Website
Hasil HTTPS Checker

Klik pada masing-masing temuannya, dan akan tampil rincian dari bagian-bagian yang salah, seperti gambar dibawah ini:

Materi Campuran Blog Website

Materi Campuran Blog Website

Setelah semua laman mana yang mengandung materi campuran teridentifikasi, kita edit post itu di blogger.com.

Note:

enclosure blogger

Jika kamu pernah mengaktifkan dan menggunakan Fitur Enclosures / Lampiran Blogger, Mixed Content bisa juga terjadi disini, karena saya mengalaminya sendiri.

Akhirnya terpaksa saya harus mencari sumber mp3 dari situs yang menggunakan SSL agar tidak error, sebab musik tidak akan bisa diputar kalau diakses dari HTTP. Lihat di gambar atas, ada temuan ke file mp3, dan itu seperti yang ada di enclosures. (Lihat Gambar)

Ini perlu diingatkan karena seringkali lupa.

Kesimpulan

Inti dari posting kali ini sebenarnya adalah cara menemukan laman yang mengandung HTTPS Mixed Content di blog dengan cepat, namun bukan cara cepat dan serentak mengedit posting sebab kalau blog di blogger.com kita tidak memiliki akses ke database data posting.

Kalau blog di Wordpress self hosting atau platform blog lainnya di server sendiri, maka editing HTTPS Mixed Content ini bisa sangat cepat hanya lewat phpMyAdmin dan memberikan perintah SQL pada kontennya, meski ada 100 ribu posting juga hanya perlu satu langkah saja ngeditnya.

Sekian dulu catatan posting tentang blog kali ini, bagi kawan blogger yang menggunakannya semoga bermanfaat.

HTTP Kelaut Aje!

:)) :)) :)) :)) :)) :))

Update

Semua cara diatas masih sangat merepotkan dan penuh keterbatasan. Menggunakan Alat Pengujian Data Terstruktur, kita kesulitan menggunakan URL archive, karena ada maksimal resultnya, tidak semua halaman diperiksa. Sedangkan dengan menggunakan Software HTTPS Checker tidak ada laporan kesalahan, karena oleh blogger.com sudah diconvert ke // untuk http:// gambar, padahal tetap akan error untuk mark up dan tombol berbagi seperti disebutkan diatas.

Untuk cara paling cepat silahkan ke Membersihkan Materi Campuran (Mixed Content) di Seluruh Posting Blog Dengan Cepat Hanya Pakai Satu Tangan.

Komentar 6  Recent Comments

  1. Intinya cuma bisa untuk menemukan kesalahan kan. Proses pembetulannya tetap harus satu2. Ah, saya angkat tangan duluan. Biarin aja ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk markup memang satu persatu :( tapi kalau mengatasi error fungsinya di browser bisa otomatis pakai script yang intinya mengubah http ke https. :)

      Hehe blog ini juga belum dibetulkan semua.

      Hapus
    2. Hahaha... :)) barusan lihat blog sampeyan ada 341 posting, jelas takut kalau semua ada error wkwkwk...
      {img}https://3.bp.blogspot.com/-46KeqJadyp4/WkDPUJF4iLI/AAAAAAAAApA/-ofACDbQpokp_8fof4nwOC83SX1-X3Q3ACLcBGAs/s1600/2017-12-25_171229.jpg{/img}

      Hapus
    3. Saya lebih suka menyebutnya malas daripada takut, ๐Ÿ˜‚

      Nantilah kalau senggang dibenerin ๐Ÿ˜Š

      Hapus
    4. Iya kalau malas semua juga malas. Ponjer sudah selesai kemarin. 60% posting yang gambarnya mixed content.

      Hapus
  2. Sudah beres sekarang ponjer ya, tadi ngecek.

    BalasHapus