Langsung ke konten utama
loading

Skygofree, Malware Android Tercanggih, Ini Cara Aman Menghindarinya

Skygofree adalah sebuah malware kategori Spyware, :-o yaitu memiliki kemampuan memata-matai, bahkan Skygofree di sebut memiliki kemampuan spionase tercanggih, dan tidak pernah di temukan pada malware lain sebelumnya. Dan malware ini menyerang OS android. Android sendiri dikembangkan berdasarkan linux, dan linux selama ini terkenal dengan kekebalannya terhadap malware, namun seiring semakin terkenal dan pesatnya perkembangan android akhirnya banyak juga ahli yang akhirnya membuat malmare untuk OS ini.

Cara mengatasi Skygofree

Skygofree di sebut memiliki kemampuan spionase tercanggih karena malware ini mampu merekam video, mengintip pesan teks, dan mencuri data dari memori perangkat, Skygofree juga mampu menjalankan mikrofon untuk merekam suara sekitar secara diam-diam saat berada di lokasi tertentu. Hebat bukan? =d> Malware Android Tercanggih

Dari tingkat kecanggihan seperti dibahas di beberapa forum android di luar negeri, Skygofree boleh dibilang setara dengan Pegasus, spyware canggih buatan firma Israel, NSO Group, yang di buat pada tahun 2016 lalu.

Seperti fitur Skygofree, Pegasus adalah alat spionase yang bisa dipakai oleh sebuah negara untuk memata-matai orang tertentu, misalnya untuk alasan keamanan nasional atau politik.

Skygofree sendiri disebarkan melaui halaman arahan, melalui halaman situs-situs berbahaya yang sesuai agar mirip operator halaman seluler seperti Vodafone. Sebarannya masih belum jelas, tapi setidaknya beberapa orang di Italia memiliki perangkat yang sudah terinfeksi Skygofree.

Walau demikan, perusahaan security Kaspersky Lab masih menemukan kelemahan dalam program jahat ini. Seperti kode Skygofree, misalnya, yang mengandung jejak domain bernama h3g.co dan dari sinilah muncul dugaan, bahwa malware tersebut dibagikan oleh sebuah perusahaan teknologi Italia selaku empunya domain.

Berikut ini perkembangan dari malware ini dari grafik yang diambil dari securelist.com:

Skygofree

Lalu bagaimana cara agar tidak terinfeksi malware Skygofree ini?

Caranya mudah, :-bd saat berselancar di internet, usahakan jangan mengunjungi situs yang tidak aman, pastikan di sudut kiri kotak URL browser kamu selalu ada tanda gembok dan itu tanda situs diakses dengan https dan pasti aman, kalau gak ada tanda aman, mending kabur aja dah. :)

Saat kamu berkunjung ke sebuah situs baik sengaja atau tanpa sengaja karena diarahkan otomatis oleh sebuah halaman tertentu, dan kemudian dipaksa mendownload sebuah installer .apk, batalkan downloadnya.

Kalau sudah terdownload, dan installer berusaha menginstall dirinya sendiri, pasti akan ada notifikasi dan permintaaan persetujuan untuk menginstall aplikasi seperti pada umumnya kalau menginstall apk lain. Nah saat itu jangan diberikan ijin!

Dengan begitu dijamin kamu akan terhindar dari malware ini, sebab bagaimanapun OS android bisa disusupi biasanya karena kita tidak pernah membaca ijin-ijin yang diminta sebuah aplikasi dan ini akan menjadi penyebab androidmu berhasil disusupi.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur terinfeksi malware Skygofree ini? @-)

Kalau sudah begini, terpaksa kamu harus menginstall antivirus, dan seperti ulasan diatas bahwa kode malware ini telah ditemukan oleh Kaspersky, maka pasang saja antivirus tersebut. Namun kalau pendapat saya, paling aman adalah reset factory terlebih dahulu saja smartphonenya. Dan ini memang merepotkan ~x( backup datanya.

Makanya lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi cegah sebelum terinfeksi! :d

Komentar 0  Recent Comments