Langsung ke konten utama
loading

Tips Mengatasi Susah Tidur (Insomnia), Cara Alami Menyembuhkan Sulit Tidur

 

Insomnia atau sulit tidur harus diatasi, :d karena tidur adalah salah satu kebutuhan manusia seperti halnya kebutuhan untuk makan, tubuh membutuhkan istirahat. Jika Anda mengalami susah tidur maka pasti jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan akibat gangguan kesehatan lainnya. Jika gangguan ini sudah menahun, maka bisa dikatakan bahaya.

Insomnia

Gangguan susah tidur sering disebut sebagai insomnia. Dan karena banyak yang mengalami masalah ini, sampai-sampai banyak beredar pula obat-obatan untuk mengatasinya. Namun mengatasi masalah sulit tidur dengan obat-obatan jika tidak sangat terpaksa sebaiknya tidak dilakukan, karena dikhawatirkan menimbulkan efek samping pada tubuh kita, apalagi jika dilakukan untuk jangka waktu yang lama. Insomnia

Berikut ini tips atau cara menanggulangi sulit tidur secara alami:

  1. Insomnia Tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat badan dalam kondisi siaga. Akibatnya tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudah ditentukan saat tidur dan bangun, usahakan jadwal tersebut dipatuhi.
  2. Tempat tidur seharusnya hanya digunakan untuk tidur, tidak digunakan untuk kegiatan lain, Kegiatan lain disini misalnya nonton TV, menulis dan kegiatan lainnya yang tak adal kaitannya dengan tidur. Ada juga orang yang menganjurkan untuk membaca saat sulit tidur, jadi biasanya setelah mata lelah maka anda akan mengantuk dan tentu anda bisa tidur.
  3. Jangan menggunakan peralatan elektronik seperti ponsel menjelang tidur, alasannya tentu sama dengan point sebelumnya.
  4. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar. Tentu saja ini tidak mutlak, karena ada juga orang yang justru tidak dapat tidur dalam keadaan gelap.
  5. Apabila Anda sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Tidur siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya pada malam hari tidur akan sering bangun, dan bila Anda ingin begadang maka coba saja tidur siang maka pada malam harinya Anda akan lebih sulit tidur. Tanpa tujuan begadang, sebaiknya jangan tidur siang.
  6. Insomnia Hindari makanan minuman tertentu. Makanan dan minuman disini seperti makanan manis sebaiknya dihindari menjelang tidur, demikian pula minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi.
  7. Kendalikan asupan kafein. Bukan hanya kopi yang mengandung kafein, tetapi juga teh dan cokelat. Kurangi porsi mengonsumsi kafein di sore hari, lebih-lebih sesudah makan malam. Usahakan enam jam sebelum waktunya tidur Anda tidak lagi mengonsumsi kafein.
  8. Kendalikan Stres. Stres kadang diperlukan untuk meningkatkan diri, tetapi jangan sampai mengganggu tidur. Yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan semua masalah sebelum menaiki tempat tidur. Ucapkan syukur dan terima kasih karena Anda mengalami banyak hal yang memusingkan. Ibarat piknik, Anda punya pengalaman beragam. Namun, katakan pada tubuh dan pikiran Anda bahwa sekarang adalah saatnya beristirahat.
  9. Jadwalkan ulang olahraga malam. Olahraga memang bisa membuat tubuh rileks dan memudahkan tidur. Meski demikian, Anda bisa sulit tidur jika berolahraga dekat dengan waktu tidur. Masalahnya, tidur butuh suhu tubuh lebih rendah, sedangkan olahraga membuat suhu tubuh naik. Lakukan olahraga sebelum makan malam.

Jika tips diatas tidak mampu mengatasi masalah sulit tidur Anda, maka boleh dibantu dengan obat-obatan membantu mempermudah tidur, namun harus diingat jangan sampai menjadi kecanduan obat. Dan yang paling aman konsultasikan dengan dokter.

star
Bagikan

Author

AbdullahHamba (Allah) yang berusaha tidak malu saat menghadap ^:)^ Gusti (Allah). Pencinta Nabi (Muhammad) Rasulullah.

Post “Tips Mengatasi Susah Tidur (Insomnia), Cara Alami Menyembuhkan Sulit Tidur” ini saya unggah dari Surabaya, Surabaya City, East Java, Indonesia. 
Published:Senin, 22 Januari 2018
Last Modified:2020-07-13T03:33:42Z

Recent Posts

    Recent Comments