Langsung ke konten utama
loading

Cara Membaca Ayat Kaf Ha Ya Ain Shad ( كهيعص )

Bacaan (Al-Quran) surah Maryam ayat 1 yang berupa huruf berjajar Kaf-ha-ya-ain-shad (كهيعص) ini memiliki keunikan dalam membacanya, banyak sepertinya yang belum tahu. :) Info ini bagi saudara muslimin dan muslimat yang belum tahu. Siapa saja yang tahu abaikan ^:)^ saja.

Kaf Ha Ya Ain Shad Kaf-ha-ya-ain-shad di surah Maryam ayat 1 itu huruf shad harus dibaca qalqalah meski tidak mati ke dal. Terkadang saat saya mendengar orang tadarus di speaker banyak yang membacanya seperti membaca huruf saja, shad memang berakhiran "d" / "dal" tapi kalau diucapkan biasa terbiasa tanpa qalqalah. Khusus di ayat ini bacanya harus ada qalqalah-nya. Kaf Ha Ya Ain Shad

Silahkan verifikasi :-bd dengan mendengarkan mp3 bacaan Syaikh As-Sudais dan sudah saya potong 3 ayat pertama Surah Maryam berikut ini:

Kaf Ha Ya Ain Shad Jika masih kurang buktinya silahkan buka beberapa daftar murattal para Qari' Internasional dibawah ini dan kemudian putar MP3 Surah Maryam atau kalau masih kurang juga :)) cari bacaan para qari' lainnya di youtube ada banyak sekali. \m/

Kalau ada yang tanya kenapa? 8-} misal saat kita mengkoreksi bacaan teman saat nyimak tadarus, lalu ngeyel :p karena tidak ada dal mati di akhir, maka selain membagikan tulisan ini kepadanya, jelaskan bahwa:

Al-Quran itu turun bukan kertas (tulisan) melayang ke Rasulullah tapi berupa suara Malaikat Jibril. Baru disampaikan ke Sahabat dan itu juga suara Rasulullah (Muhammad) direkam dalam ingatan para Sahabat, dan bersambung sanadnya sampai sekarang. (*) Penulisannya dilakukan team Sahabat Rasulullah saat itu dan tulisan sampai saat ini itulah yang muncul ke kita, tapi bacaannya tidak semua ikut kaidah tajwid normal, meskipun bagian cara baca Kaf Ha Ya Ain Shad ini juga bagian dalam ilmu tajwid.

Jika dijelaskan keseluruhan cara baca ayat Kaf Ha Ya Ain Shad (كهيعص) ini, termasuk dengan panjangnya berupa ketukan, maka seperti dibawah ini, angka menunjukkan jumlah lama ketukan.

Kaf 6, ha 2, ya 2, 'ain 6 (ikhfa dengan shod), shod 6 (qolqolah dal - dalam sho"d")

Komentar 1  Recent Comments