Langsung ke konten utama
loading

Kalkulator Teorema Pythagoras Dengan 2 Cara Langkah Penyelesaian Otomatis

Kalkulator Teorema Pythagoras dibawah ini akan memudahkan :-bd bagi para orang tua dalam melakukan evaluasi pada Pekerjaan Rumah (PR) anak-anaknya ketika PR tersebut membahas Teorema Pythagoras. Soal matematika maksudnya ya. Meskipun Rumus Teorema Pythagoras mudah, tapi kalau menghitung manual ya lama juga karena ada proses kuadrat dan kemudian mengakarkannya kembali, dan ini ada tiga sisi yang dihitung karena untuk segitiga siku-siku. Belum lagi kalau soal PR-nya ada 5, ^:)^ ampun dah, mau ngoreksi aja kayak disuruh memanjat ke langit.

Selain bagi para orang tua, ini juga akan berguna bagi para tukang bangunan yang sering mengitung panjang kayu untuk bidang miring. Ah, pokoknya bergunalah daripada ngitung manual, baiklah langsung saja dibawah ini. Kamu bisa memasukkan 2 sisi manapun yang diketahui. Teorema Pythagoras


Kalkulator Phytagoras

Untuk angka desimal, gunakan titik (.) bukan koma (,) karena memakai aturan internasional.
Segitiga siku-siku
Hasil

Langkah Penyelesaian

Rumus Default

Diketahui:

2 = 2 2
2 = 2 2
2 =
2 =

=

=

Rumus Akar Kuadrat

Diketahui:

=2 2
=2 2
=
=

=


Selain kalkulator diatas, bagi para orang tua juga ada Kalkulator KPK 2 & 3 Bilangan. KPK bukan yang ngurus korupsi payah itu ya, \m/ tapi Kelipatan Persekutuan Terkecil. Ini juga memudahkan menghitung dan mengevaluasi Pekerjaan Rumah anak-anak kita, khususnya dimasa wabah COVID ini kita bisa lebih sering mengevaluasi agar anak-anak tidak melempem karena sekolahnya tidak maksimal sebab hanya dari rumah.


Teori Dari Kalkulator Pythagoras

Dalil Phytagoras berbunyi:

Sisi miring atau sisi terpanjang dalam segitiga siku-siku sama dengan kuadrat sisi-sisi lainnya.

Rumus Phytagoras (Pythagoras):

Dalam membaca rumus lihat gambarnya agar lebih paham.

Teorema Pythagoras

Rumus Phytagoras Biasa

Rumus sisi miring:

b2 = a2 + c2

Rumus sisi tegak:

a2 = b2 – c2

Rumus sisi mendatar:

c2 = b2 – a2

Rumus Phytagoras Akar Kuadrat

Rumus sisi miring:

b =a2 + c2

Rumus sisi tegak:

a =b2 - c2

Rumus sisi mendatar:

c =b2 - c2

Note: Rumus pythagoras, hanya berlaku pada segitiga siku-siku saja.


Contoh Soal Phytagoras dan Pembahasannya

Untuk membuktikan kebenaran kalkulator Phytagoras diatas silahkan diuji pada soal dibawah ini, atau kalau kurang silahkan cari di situs lain soal-soal Phytagoras, atau langsung soal di buku pelajaran sekolah.

Contoh Soal:

Segitiga siku-siku memiliki sisi tegak (AB) panjangnya 15 cm ,dan sisi mendatarnya (BC) 8 cm, berapakah cm sisi miringnya (AC)?

Penyelesaian:

Pakai Rumus Default

Diketahui: AB = 15; BC = 8

AC2 = AB2 + BC2
AC2 = 152 + 82
AC2 = 225 + 64
AC2 = 289

AC =289

AC = 17

Pakai Rumus Akar Kuadrat

Diketahui: AB = 15; BC = 8

AC =AB2 + BC2
AC =152 + 82
AC =225 + 64
AC =289

AC = 17

Baiklah sampai jumpa di postingan aplikasi online yang lain, yang akan memudahkan kita melakukan sesuatu. Semoga niat membuat aplikasi untuk mengoreksi pekerjaan sekolah anak-anak tercapai dan tidak malas saya membuatnya. Karena memang biasanya saya baru bikin kalau saya sendiri kerepotan melakukan sesuatu secara manual. Untuk Aplikasi lain yang sudah dibuat, silahkan cari saja :) dan filter dengan memilih kategori.

Komentar 2  Recent Comments