Langsung ke konten utama
loading

Cara Perhitungan Manual Petungan Jodoh Jawa

Perhitungan Manual Petungan Jodoh Jawa, judulnya koyok iyo' iyo-o :)), tapi memang kali ini membahas teknik manual hitung jodoh berdasarkan primbon, namun terbatas pada dasar yang dipakai dalam Aplikasi Hitung Perjodohan Jawa Online yang ada di Pondok Jeruk. Saya letakkan terpisah agar tidak membuat postingan disitu menjadi sangat panjang dengan tabel-tabel. Petungan Jodoh

Selama ini di Ponjer, selalu memberikan teknik manual dari semua aplikasi yang dibuat agar bisa dijadikan rujukan dan pengujian, siapa tahu ternyata ada bug dalam aplikasi yang saat dibuat terlewatkan dipikirkan kemungkinannya. Nah di perhitungan perjodohan di aplikasinya, sudah panjang, kalau ditambah data-data manualnya kan sangat besar nanti halamannya, makanya diletakkan disini saja.

Hitung Jodoh Jawa

Perhitungan jodoh menurut primbon jawa tidak hanya satu jenis saya bahkan menyebutnya banyak, namun dalam bahasan ini seperti saya katakan diatas, saya batasi pada apa yang digunakan di aplikasi di pondokjeruk.com, jadi jangan bilang ini tidak lengkap dan lain-lain. Intinya semua primbon itu bisa dijadikan data aplikasi namun saya tidak punya primbon lengkap jadi hanya menghitung yang ada saja.

Aplikasi ini saja dulu dibuat sebagai bahan praktek belajar excel. Jadi aplikasi awalnya pakai excel saja menggunakan fungsi vlookup. Sederhana sekali.

Tabel Hari dan Pasaran

Berikut ini tabel hari dan pasaran dan kalau ini sifatnya umum, hampir seluruh orang jawa tahu dan banyak yang hafal, kecuali saya yang gak hafal. ;))

HariNilaiPasaranNilai
Ahad5Wage4
Senin4Kliwon8
Selasa3Legi5
Rabu7Pahing9
Kamis8Pon7
Jumat6  
Sabtu9  

Siapa yang lahir hari Jumat misalnya, maka dia dapat nilai hari 6, dan kalau waktu itu pasarannya Pahing misalnya, maka nilai pasarannya 9. Lalu kedua angka dijumlahkan, dan itulah Neptu. Untuk kasus ini berarti jumlahnya 15.

Dengan tabel diatas masih harus melakukan perkalian untuk mencari neptu, maka berikut saya buatkan tabel yang memudahkan, tinggal lihat pertemuan kolom dan baris.

Tabel Neptu

Tabel Neptu ini cara mencari nilainya dengan mencari hari dalam baris dan pasaran di kolom lalu titik pertemuannya adalah nilai neptunya.

#Wage (4)Kliwon (8)Legi (5)Pahing (9)Pon (7)
Minggu (5)913101412
Senin (4)81291311
Selasa (3)71181210
Rabu (7)1115121614
Kamis (8)1216131715
Jumat (6)1014111513
Sabtu (9)1317141816

Dalam kasus hitung jodoh, tabel diatas dipakai agar cepat dalam menentukan neptu kedua orang pasangan yang akan dihitung.

Tabel Sifat Pasaran

Berikut ini tabel sifat dari tiap pasaran, ini diterapkan pada masing-masing dari pasangan yang dihitung jodohnya pada aplikasi.

PasaranSifat
WageKamu termasuk orang yang memiliki pendirian teguh dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, tidak banyak bicara namun berhati keras. Sayangnya, dalam beberapa hal sepertinya kamu agak lemah dalam berpikir.
KliwonKamu termasuk orang yang cerdas, pandai bicara dan pandai dalam mencari rejeki sekalipun tidak pandai menyimpan uang (alias boros). Kamu termasuk tipe orang yang suka menolong, namun demikian sifat kamu yang mudah tersinggung perlu lebih dikendalikan.
LegiBeruntunglah kamu, karena kamu termasuk orang yang banyak disukai orang lain karena sikap ksatriamu. Kamu mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. Disisi lain, kamu punya budi pekerti yang halus dan sopan santun. Mau menerima dan suka memberi. Satu kelemahan kamu, jika mempunyai keinginan sulit dibantah.
PahingKamu termasuk orang yang berotak cerdas dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, suka apa saja yang kamu lihat, suka menyendiri. Kekurangan kamu adalah kurang bisa bergaul dan suka pamrih dalam memberikan bantuan pada orang lain.
PonKamu termasuk orang yang cerdas, pandai mencari rejeki dan tidak boros. Berani berkorban, banyak bicara, suka memamerkan harta kekayaan dan yang perlu diingat adalah jika kamu marah sangat menakutkan!

Tabel Hasil Hitung Jodoh

Sebelum ke cara perhitungan sebaiknya semua tabel dimunculkan saja agar nanti saat menghitung bisa langsung mencocokkan dengan tabel yang sudah ada berikut tabelnya.

SisaHasil Hitungan
0

Keluargamu sebenarnya pandai mencari penghasilan, bisa kaya tapi sering ditipu atau dikecewakan orang. Bisa langgeng asal selalu bersyukur, sabar dan memaafkan.

Sebutan untuk pasangan ini: Garangan Macan.

1

Keluargamu besar wibawanya dan luas pengalamannya, tetapi rejeki agak sulit. Jika punya anak satu, kalo laki-laki, ayahnya yang kalah. Kalo perempuan, ibunya yang kalah. Jika tidak sabar bisa bercerai.

Sebutan untuk pasangan ini: Pisang Pinugel

2

Keluargamu akan tenang, tentram, dan selamat serta bahagia rumah tangganya, serta mendapat rejeki yang langsung dan lumintu. Bisa jadi pengayoman sanak saudara.

Sebutan untuk pasangan ini: Sanggar Waringin

3

Keluargamu akan selalu mendapat kemuliaan dan mendapat penghormatan. Kehidupan terang, tapi banyak berandai-andai. Cepat kaya, tapi sering dikecewakan orang.

Sebutan untuk pasangan ini: Gedong Rembulan

4

Keluargamu bisa menjadi pemimpin atau memberi teladan pada tetangga disekitarnya, tetapi panas di tempat tidur, artinya sering sakit-sakitan, selalu gelisah, dan sering beda pendapat dengan pasangan.

Sebutan untuk pasangan ini: Bale Kedhawang

5

Keluargamu akan selamat, tapi tidak kuat kaya, jika ada uang lebih akan cenderung untuk membelanjakannya. Kalo punya anak, sesudah dewasa akan timbul masalah yang cukup berat. Seringkali mengalami kesulitan dan mendapat malu.

Sebutan untuk pasangan ini: Gajah Plasungan

6

Keluargamu bisa cari penghasilan, tapi tidak bisa menyimpan uang, jika ada uang lebih akan cenderung untuk membelanjakannya. Banyak pertentangan pendapat, agak gelap hati tapi tabah dalam menghadapi segala penderitaan.

Sebutan untuk pasangan ini: Warak Pangrungrungan

Bagaimana cara menghitung perjodohannya dari tabel-tabel diatas? Sebaiknya menggunakan contoh kasus agar mudah mengerti.

Contoh Perhitungan Jodoh

Paijo lahir pada tanggal 22 Januari 1996 dan Paijah lahir pada tanggal 21 Desember 1999. Maka perhitungannya sebagai berikut:

Neptu Paijo

Hari dan pasaran untuk tanggal 22 Januari 1996 adalah Senin Legi, kalau tidak percaya ya silahkan dilihat di kalender, saya menghitungnya di Aplikasi Mencari Hari, Pasaran dan Neptu Jawa. Berikut ini tabel neptunya dan silahkan dicocokkan dengan tabel rumus diatas.

Hari & PasaranNilai
Senin4
Legi5
Neptu9

Sifat Paijo berdasarkan tabel (Lihat Legi) diatas sebagai berikut:

Beruntunglah kamu, karena kamu termasuk orang yang banyak disukai orang lain karena sikap ksatriamu. Kamu mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. Disisi lain, kamu punya budi pekerti yang halus dan sopan santun. Mau menerima dan suka memberi. Satu kelemahan kamu, jika mempunyai keinginan sulit dibantah.

Neptu Paijah

Hari dan pasaran untuk tanggal 21 Desember 1999 adalah Selasa Kliwon, silahkan dilihat di kalender. Berikut ini tabel neptunya dan silahkan dicocokkan dengan tabel rumus diatas.

Hari & PasaranNilai
Selasa3
Kliwon8
Neptu11

Sifat Paijah berdasarkan tabel (Lihat Kliwon) diatas sebagai berikut:

Kamu termasuk orang yang cerdas, pandai bicara dan pandai dalam mencari rejeki sekalipun tidak pandai menyimpan uang (alias boros). Kamu termasuk tipe orang yang suka menolong, namun demikian sifat kamu yang mudah tersinggung perlu lebih dikendalikan.

Rumus Perhitungan Jodoh

Rumus perhitungan jodoh dari data diatas adalah sebagai berikut:

( Neptu calon 1 + Neptu calon 2 ) / 7 Kemudian ambil sisanya.

Dibagi 7 itu sepertnya jumlah hari, tapi saya tidak tahu pastinya, pokoknya rumusnya gitu dari primbon. Yang dimaksud ambil sisanya adalah begini, untuk kasus diatas itu jumlah neptu Paijo dan Paijah adalah 20. 20 / 7 = 2,8. Artinya hanya sampai 14 bisa habis dibagi 7, tersisa 6 (20 - 14 = 6). Nah angka 6 inilah yang dilihat pada Tabel Hasil Hitung Jodoh diatas hasilnya:

Keluargamu bisa cari penghasilan, tapi tidak bisa menyimpan uang, jika ada uang lebih akan cenderung untuk membelanjakannya. Banyak pertentangan pendapat, agak gelap hati tapi tabah dalam menghadapi segala penderitaan.

Sebutan untuk pasangan ini: Warak Pangrungrungan

Untuk mencari sisa ini jika pakai excel (sesuaikan cell dimana angka berada) dan alur perhitungannya seperti berikut:

(Neptu1 + Neptu2 ) - ( ( Neptu1 + Neptu2 ) - ROUNDDOWN( ( Neptu1 + Neptu2 ) / 7; 0 ) )

Jika pakai javascript:

var Neptu1 = 9;
var Neptu2 = 11;
var SisaHitung = (Neptu1 + Neptu2 ) - ( ( Neptu1 + Neptu2 ) - Math.floor( ( Neptu1 + Neptu2 ) / 7 ) );

Jika pakai PHP:

$Neptu1 = 9;
$Neptu2 = 11;
$SisaHitung = ($Neptu1 + $Neptu2 ) - ( ( $Neptu1 + $Neptu2 ) - floor( ( $Neptu1 + $Neptu2 ) / 7 ) );

Petungan Jodoh Jawa

Kesimpulan

Jadi pada dasarnya aplikasi ini sederhana, namun untuk mempercepat perhitungan dan keakuratan, tentu saja pakai aplikasi lebih enak. Kalau dihitung manual, kesalahan karena salah menentukan neptu lebih besar terjadi. Sedangkan pakai aplikasi tidak akan salah selama tanggal yang dimasukkan benar. Jadi kalau sudah ada aplikasi, lalu kenapa masih menghitung manual? ;)

Tentu saja dengan catatan... “Aplikasinya tidak salah!” Kalau yang di Pondok Jeruk? Ya silahkan ^:)^ saja diuji.


Post ini penjelasan kepada saudara yang bertanya via contact us. Karena mungkin menjadi pertanyaan orang lain saya buatkan post disini. Ini pembahasan teknologi dan budaya, bukan pembahasan klenik.

Komentar 3  Recent Comments