Langsung ke konten utama
loading

Cara Membuat File Zip Dengan Winrar

Cara membuat file kompres format zip dengan software winrar :) sebenarnya hanyalah trik sederhana, namun ternyata tidak sedikit yang tidak tahu caranya. Ini terbukti dari beberapa kawan ada yang menginstall winrar dan winzip bersamaan. Memang sah-sah saja menginstall dua program compress di komputer, memang ada fitur-fitur lain yang mungkin dibutuhkan dari masing-masing software, tapi ternyata banyak yang melakukan ini justru hanya untuk membuat file dengan format berbeda, padahal kalau cuma untuk membuat file zip, dengan winrar sudah bisa.

Membuat File Zip Dengan Winrar

Sebenarnya banyak software file compress yang ada, namun winrar dan winzip salah satu, eh, salah dua, :d termasuk yang populer digunakan, dan kedua format ini memiliki fungsi yang sering kita butuhkan. Untuk hasil kompres sebenarnya winrar (.rar) lebih baik atau lebih kecil dibanding winzip (.zip) namun sayang format .rar seringkali tidak mudah / bisa di-extract oleh aplikasi under UNIX / Linux, misalnya untuk file manager CPNEL hosting OS linux dan mySQL database. Oleh sebab itu kita butuh bisa membuat kedua file format .zip dan .rar sekaligus. File Zip Dengan Winrar

Untuk proses pembuatan kedua format compress ini, kita hanya perlu menggunakan winrar saja, karena sudah ada pilihannya. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Klik kanan pada file yang akan dikompres, perhatikan gambar berikut ini:

Membuat File Zip Dengan Winrar

Pilih seperti tanda panah merah diatas, (jika Anda memilih yang kedua, maka akan langsung dibuat file .rar), setelah Anda klik pada Add to archive... maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini:

Membuat File Zip Dengan Winrar

Pilih opsi radio button yang ditandai kotak merah diatas. Lalu klik OK

Dengan langkah-langkah diatas, maka akan ada file format .zip di folder yang sama dengan file / folder asli yang dikompress. Anda bisa mencoba-coba opsi lainnya dari langkah-langkah diatas, misalnya target lokasi file, nama file target beda, diberi password dll.

Mudah bukan?

Komentar 0  Recent Comments