loading

Cara Mengatasi Laporan Neraca Accurate Accounting Tidak Seimbang

Laporan Neraca kok bisa tidak seimbang, lha terus apa tidak menyalahi aturan dasar Akuntasi yang Harta = Hutang + Modal? Nah ini sebenarnya banyak dialami oleh pengguna accurate accounting, tapi kalau transaksi masih sedikit biasanya bisa ditelusuri, dan parahnya kalau ternyata transaksi semua beres. Lalu apa yang menyebabkan neraca menjadi tidak seimbang di accurate?

Accurate Accounting

Apa sebabnya sih untuk gampangnya pasti ada masalah, cuma masalahnya saya kurang jelas, dan kalau mau berpendapat ya ini adalah bug program ketika mengalami sesuatu yang mungkin kita sendiri lupa sudah melakukan apa sampai neraca tidak seimbang antara Debit dan Kreditnya.

Baiklah langsung cara mengatasi masalah ini saja yang penting, percuma membahas bug program kalau tidak memiliki akses kedalam programnya sendiri.

Report balance sheet atau neraca yang tidak balance atau seimbang bisa Anda perbaiki dengan menggunakan file repair CalcGLActual. Silahkan di Download dulu berikut ini:

CalcGLActual (583KB)

Setelah di download ikuti langkah-langkah menjalankan file repair CalcGLActual berikut ini:

  1. Pastikan Anda sudah melakukan back up / copy database Anda (sebagai data cadangan data)
  2. Pastikan seluruh user telah logout dari ACCURATE sebelum menjalankan repair ini
  3. Extract attachment tersebut ke C:\Program Files\CPSSoft\Accurate 3, jika windows Anda versi 64 bit lokasinya di C:\Program Files (x86)\CPSSoft\Accurate 3
  4. Jalankan repair tersebut, masukkan alamat databasenya, lalu klik run
  5. Jika proses repair sudah selesai, klik OK dan close window repairnya
  6. Buka kembali ACCURATE-nya dan cek Neraca Anda

Semoga berhasil dan sukses, neraca Anda kembali seimbang antara debit dan kreditnya. Lihat juga Perhitungan HPP (COGS) Metode Persediaan AVERAGE, jika ada kondisi Item Minus sebagai referensi.

Komentar 0