Langsung ke konten utama
loading

Cara Menambah Berat Badan (Menggemukkan Badan) Dengan Ramuan Tradisional

Sebelum membahas tips menambah berat badan, perlu diinformasikan bahwa artikel ini berkaitan dengan topik, cara menggemukkan badan, mempergemuk badan / tubuh, cara menambah berat badan, badan kurus menjadi gemuk, dan lainnya. Jika sebelumnya sudah memberikan tips agar langsing, sekarang malah sebaliknya, agar gemuk.

Menggemukkan Badan

Sebenarnya, faktor keturunan juga mempengaruhi bentuk tubuh dan berat badan seseorang. Jika orang tua dan kerabat mayoritas bertubuh ramping, maka biasanya seseorang akan cenderung akan ramping juga. Begitu juga sebaliknya, kalau dalam kerabat banyak gemuk, maka biasanya akan menjadi gemuk juga.

Faktor yang mempengaruhi berat badan

1. Faktor genetika

Jika kedua orang tua dan saudara memang memiliki masalah yang sama yaitu susah gemuk, maka kemungkinan besar Anda memang kurus secara genetika.

2. Masalah metabolisme tubuh

Misalnya adanya gangguan pada sistem penyerapan (absorpsi) nutrisi di saluran pencernaan. Atau bahkan mungkin ada masalah di sistem pencernaan. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami gangguan pencernaan (sering sembelit, sering diare, atau sering merasa nyeri di perut) ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam (internist) untuk memastikan apakah benar ada gangguan pada tubuh Anda.

Untuk menambah berat badan alias agar bertambah gemuk, pertama adalah tips ramuan tradisional untuk menggemukkan badan secara alami, berikut ini ramuannya:

Bahan-bahan:

  • Biji Ceguk (50 Butir)
  • Madu (1 Sendok makan)
  • Air Panas (1/2 Cangkir)

Cara Penggunaan:

Cuci bersih Biji Ceguk, kemudian giling hingga halus. Seduh dengan 1/2 cangkir Air Panas dan 1 sendok makan madu. Minumlah air ramuan penambah berat badan tersebut selagi hangat pada malam hari sebelum tidur.

Selain ramuan diatas, untuk menggemukkan badan tentunya harus diimbangi dengan makan yang cukup dan mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi, konsumsi buah-buahan, perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup. Makanlah makanan yang mengandung biji-bijian, sayur, buah, produk makanan yang rendah lemak, makanan berprotein (ikan, buncis, dan kacang polong). Juga perlu menambahkan lemak dan gula untuk diet ekstra kalori. Pilih lemak yang ada di kacang-kacangan dan minyak. Saat menambahkan gula, pilih makanan manis yang mengandung nutrisi seperti muffin, yogurt, pie buah, dan jus.

Makanlah 3 kali sehari ditambah snack diantaranya akan menambahkan kalori untuk meningkatkan berat badan.

Berikut beberapa cara cepat menggemukkan badan secara alami juga:

1. Olahraga

Dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat, sehingga fungsi tubuhpun akan baik. Usahakan setidaknya dalam satu minggu minimal olah raga sekali. Dengan bentuk olah raga yang dapat membuat Anda setidaknya berkeringat.

2. Minum susu

Susu selain sehat juga dapat menggemukkan badan Anda, khususnya susu full cream. Disarankan untuk minum susu jenis full cream dua kali sehari.

3. Kunyah makanan

Saat makanan di dalam mulut maka kunyahlah sampai halus. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kerja lambung. Apalagi makan-makanan yang sulit dicerna. Karena selain di mulut tidak ada lagi gigi di tempa lain, hahaha.

4. Makan dengan teratur

Setiap hari makanlah dengan teratur. Selalu sarapan di pagi hari, makan siang tepat waktu kemudian makan malam. Dan di antaranya dapat diselingi makanan tertentu.

5. Jenis makanan

Jenis makanan yang Anda makan sesuaikan dengan aktivitas Anda. Jika Anda seorang yang banyak bergerak maka makanlah yang banyak mengandung karbohidrat atau lemak. Karena jika kelebihan, maka karbohidrat dan lemak akan ditimbun. Berbeda dengan protein yang tidak akan ditimbun tubuh.

6. Tidur yang cukup

Tubuh kita minimal butuh waktu 8 jam untuk istirahat. Usahakan untuk selalu tidur siang.

7. Kurangi merokok dan begadang

Apabila kamu merokok, maka kurangi hal tersebut, dan apabila kamu sering begadang maka hilangkan kebiasaan itu.

8. Jika memungkinkan, konsumsi putih telur satu kali sehari

Ini sebenarnya mudah, biasanya putih telur bisa kita pesan pada penjual jamu, karena biasanya mereka hanya menggunakan kuning telurnya, puith telurnya ditampung dan dijual terpisah. Dengan begini harganya akan semakin murah.

9. Periksa kesehatan Anda

Jika Anda pernah gemuk dan kemudian kurus coba cek kesehatan Anda. Jika bukan karena penyakit maka setidaknya dengan tips cara cepat menggemukkan badan ini Anda sudah ada perubahan dalam waktu satu bulan.

10. Meminum air putih

Air putih merupakan salah satu dari banyak minuman yang mengandung lebih dari seribu manfaat. Mengkonsumsi air putih lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman bersoda serta cappucinno. Walaupun mengkonsumsi kedua minuman tersebut dapat membuat badan menjadi gemuk, akan tetapi kurang baik bagi kesehatan mengkonsumsi banyak dari kedua minuman tersebut.

Jika Anda ingin diet yang spesifik dan terarah dalam meningkatkan berat badan, berkonsultasilah dengan pakar diet. Selain itu, gunakan trainer pribadi dalam tiap latihanmu untuk mendapatkan pengarahan maksimal.

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Cara Menambah Berat Badan (Menggemukkan Badan) Dengan Ramuan Tradisional” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Jumat, 20 Oktober 2017
Last Modified:2017-12-25T10:33:51Z

Recent Posts

    Komentar 3  Recent Comments