Langsung ke konten utama
loading

Cara Benar Setting Moderasi Komentar di Blogger

Setting moderasi komentar di blogger dot com sebenarnya sudah tahu sendiri-sendiri bagi yang ngeblog pakai blogger. Tapi kali ini hanya menulis tentang pengalaman saya sendiri yang sudah goblok dalam melakukan setting moderasi komentar. Awalnya sih memang komentarnya dilepas saja, asal ada yang komentar langsung saja tampil.

Tapi ketika para spammer yang promosi j*di bola membabi buta komentar spamming, dan promosi gak jelas yang konon diskon-lah, pesugihan tanpa tumbal-lah dan lain sebagainya, terpaksa akhirnya diganti ke moderasi tiap ada komentar masuk. Setting

Nah disini awal kesalahan terjadi, saat semua komentar masuk memerlukan moderasi sebelum ditampilkan, harusnya sekalian dimasukkan alamat email yang akan dikirimi pesan jika ada komentar baru. Kalau tidak, tidak akan tahu kalau ada komentar baru masuk di blog, dan inilah yang saya alami. Bukan karena apa, saat mengubah setting, saya kira sudah langsung akan dikirim ke admin kalau ada komentar baru, karena biasanya tiap ada komentar akan langsung masuk ke email.

Tapi tunggu punya tunggu, kok gak ada komentar masuk? akhirnya saya cek, dan lho... kok sekarang ada menu baru "Menunggu Moderasi" dibawah menu komentar. Hayya... akhirnya saya cek, dan gubrak! ternyata ada beberapa komentar masuk dan tidak ada notifikasi di email kalau ada komentar masuk. Maaf pada para komentator yang komentarnya nyantol di moderasi tanpa saya tahu.

Setting Moderasi

Akhirnya buka lagi setting komentar dan mengisikan email, lalu beres sekarang, tiap ada komentar masuk yang menunggu moderasi pasti ada pemberitahuan via email.

Jika moderasi komentar penuh, maksudnya semua komentar memerlukan moderasi, maka ada 2 setting yang perlu diperhatikan seperti gambar yang ditandai panah berikut ini:

Setting Moderasi

Untuk "Postingan, Komentar, dan Berbagi" masukkan email penerima notifikasi, bisa sampai 10 kalau gak salah, ini jika author blog lebih dari 1 bisa dimanfaatkan. Untuk "Email", pada "Moderasi Komentar", masukkan juga alamat email, jika author hanya 1, ya sama dengan alamat email sebelumnya. Jika lebih dari 1 author, entah bisa gak ini disetting ke beberapa email, karena saya cuma memasukkan 1 saja. Setelah komentar di aprrove, baru akan ada notifikasi lagi ke email yang sudah dimasukkan di "Postingan, Komentar, dan Berbagi" tadi.

Setting Moderasi

Setting Moderasi

Nah begitulah postingan ecek-ecek kali ini, karena cuma mangkel saja dengan ke-goblok-an saya sendiri, jadi kepikiran ditulis aja, namanya juga blog gado-gado, ya bahas Resep Pepes, bahas bau badan, ahli SEO, dan lain-lain. Sekalian mungkin saja nanti ada yang saking newbie-nya sampai settingan guampang begini masih mencari tutorialnya, haha.

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Cara Benar Setting Moderasi Komentar di Blogger” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Rabu, 18 Oktober 2017
Last Modified:2020-07-29T07:09:52Z

Recent Posts

    Komentar 2  Recent Comments