Langsung ke konten utama
loading

Sejarah Asal Kota Hollywood

Kalau kita mendengar tentang kata Hollywood, (*) pasti yang terbayang adalah dunia perfilman yang glamour, dimana para aktor dan aktris-nya seringkali menyabet piala oscar. Bagaimana asal mula sampai Hollywood menjadi ikon perfilman? dan seperti apa Hollywood dulu?

Sejarah Asal Kota Hollywood

Hollywood dulu direncanakan untuk menjadi suatu model masyarakat yang penduduknya bebas dari minuman keras. Daerah itu ditemukan oleh keluarga Wilcox, yang membeli tanah itu di tahun 1887.

Suatu ketika, Nyonya Wilcox sedang duduk di kereta api, disebelah seorang wanita yang mempunyai rumah musim panas dengan nama "Hollywood". Rupanya Nyonya Wilcox menyukai bunyi dari nama tersebut. Akhirnya ia memilih nama Hollywood untuk menamakan daerahnya. Sejarah Asal Kota Hollywood

Selama 20 tahun, Hollywood merupakan desa dengan 500 warga dengan masalah yang tidak lebih berat daripada bagaimana menjaga domba mereka untuk tidak berkeliaran di alun-alun desa.

Sepuluh tahun kemudian, Hollywood berubah menjadi pusat perfilman nasional untuk dua alasan. Pertama, cuacanya memungkinkan masa pembuatan film yang panjang. Kedua, para pembuat film sering khawatir dituntut karena melanggar hak cipta. Karena Hollywood cukup dekat dengan Meksiko, maka mereka bisa menyeberang perbatasan untuk mendapat kekebalan hukum bila diperlukan. :)) Ternyata biar mudah melarikan diri para pelanggar hak ciptanya.

Tanda nama Hollywood awalnya ditulis "Hollywoodland", yang merupakan ungkapan iklan untuk perusahaan pembangunan perumahan. Namun, empat huruf di belakang nama itu akhirnya dibuang, dan tulisan "Hollywood" terus terpampang dipinggir bukit tersebut hingga saat ini.

Kalau kita mengetikkan kata kunci "Hollywood Land" di youtube maka yang muncul adalah film-film jadul, karena mungkin film tersebut dibuat ketika nama Hollywood masih Hollywoodland.

Recent Comments