Langsung ke konten utama
loading

Peluang Mendapat Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang Tahun 2018

Mendapatkan beasiswa pelatihan guru dari Jepang yang gratis di tahun 2018 pasti sangat menarik bagi para guru, :) selain bisa mendapatkan ilmu, pelatihan, dan tentu saja pengalaman berada di negeri yang bisa bersalju dan tempat asal banyak otomotif yang ada di Indonesia.

Beasiswa Pelatihan Guru

Pemerintah Jepang via Kedutaan Jepang di Indonesia kali ini memberikan tawaran Teacher Training bagi guru terbaik. Program Teacher Training adalah salah satu program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho / MEXT). Program ini dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya.

Yang berhasil mendapatkan beasiswa akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lama studinya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang) dari September 2018. Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang

Jadwal Seleksi Beasiswa

Masa Pendaftaran8 Desember 2017 – 12 Januari 2018
Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen29 Januari 2018
Ujian TulisAwal Februari 2018
Pengumuman Hasil Ujian TulisPertengahan Februari 2018
Ujian WawancaraAkhir Februari 2018
Pengumuman Hasil Ujian WawancaraAwal Maret 2018
Pengumuman Final dari MEXT Juli 2018
Berangkat ke Jepang September 2018

Fasilitas Beasiswa

  1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya.
  2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih 143.000 Yen / bulan
  3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang.
  4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar.
  5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.
  6. Tanpa ikatan dinas.

Persyaratan Beasiswa

  1. Usia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2018 (lahir pada atau setelah 2 April 1983).
  2. Lulusan minimal D4 atau S1.
  3. Guru (pegawai negeri, swasta, honorer) yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal, yaitu SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dan sejenisnya), serta SLB.
  4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2018.
  5. Semua bidang pendidikan ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama dan Perhotelan.
  6. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan).
  7. Bersedia belajar bahasa Jepang.
  8. Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya sebagai guru setelah program beasiswa berakhir.
  9. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi / situasi yang ada di point 10, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini.
  10. Buka Dokumen PDF

Jika Anda berminat untuk mencoba keberuntungan dalam program beasiswa ke Jepang ini, silahkan Anda buka informasi lebih lanjut di laman Kedutaan Jepang di Indonesia tentang beasiswa ini pada tombol berikut:

Selamat berjuang bagi Anda para tuan guru yang akan mengikuti tes ini dan meraih beasiswa, semoga berhasil merebut kesempatan ini.

Komentar 0  Recent Comments