Langsung ke konten utama
loading

Cara Berbagi Lokasi Real Time Dengan Seseorang di Google Map (Cara Paling Praktis Tidak Ribet)

Berbagi lokasi realtime (*) dengan orang lain di google map dikhususkan untuk orang-orang terdekat kita, jadi tidak selalu kita harus berbagi lokasi ketika kita akan bertemu di tempat lain. Misalnya saat berbelanja dan kita berpisah tempat, kita bisa langsung tahu lokasi orang itu tanpa harus tanya dan minta dikirim lokasi terkini. Kita tinggal saja langsung melihat di aplikasi google map dan langsung tahu dimana lokasi istri atau anak kita.

Cara Berbagi Lokasi Real Time

Ini lebih efisien dan tidak cerewet minta lokasi terkini. Selain itu ini bisa digunakan untuk mengawasi lokasi anak-anak kita kapanpun. Asalkan smartphone mereka aktif dan lokasi mereka tidak dikacaukan sengaja. Saya tidak akan memberikan cara mengacaukan lokasi ini, sebab seringkali digunakan untuk keburukan. Jadi kali ini adalah murni cara membagikan lokasi kita sesungguhnya. share lokasi realtime

Langsung saja pada caranya berbagi lokasi real-time. Ikuti gambar-gambar dibawah ini sudah bisa menjelaskan bagaimana cara berbagi lokasi terus-menerus dengan orang lain. Dan jika ini diaktifkan terus tanpa batas waktu, jangan bingung kalau sekali waktu google akan memperingatkan kita via email bahwa kita sedang aktif berbagi lokasi dengan seseorang, karena itu salah satu upaya google melindungi privacy kita, karena dimungkinkan berbagi lokasi ini dilakukan sembunyi-sembunyi oleh orang lain, misalnya smartphone kita disadap.

Semua gambar dibawah silahkan di tap / klik jika kurang jelas, karena petunjuknya ada yang ditulis di gambar.

1. Buka aplikasi google map kemudian tap pada bar menu di kiri atas. Kemudian pilih "Bagi lokasi"

Cara Berbagi Lokasi Real Time

2. Kalau sudah kita akan melihat seperti gambar berikut ini:

Cara Berbagi Lokasi Real Time

3. Tambahkan orang di menu sebelah kanan atas seperti gambar diatas. Lalu akan muncul seperti gambar berikut ini:

Cara Berbagi Lokasi Real Time

4. Pilih waktu berbagi lokasi, karena tujuannya biar tidak repot berulangkali berbagi lokasi, pilih "Hingga dinonaktifkan". Lalu tap pada "Pilih Orang". Akan muncul daftar kontak seperti dibawah ini:

Cara Berbagi Lokasi Real Time

5. Pilih orang yang dimaksud, kalau banyak kontaknya ketikkan nama, email, atau nomor telepon pada kotak pencarian disebelah atas nanti akan ketemu. Kalau sudah dipilih, lalu tap Bagikan seperti gambar berikut ini:

Cara Berbagi Lokasi Real Time

6. Selesai, sekarang orang yang sudah kamu pilih bisa melihat lokasimu. Untuk percobaan lakukan dengan saling berbagi dengan orang terdekatmu.

Cara dan Tips Menggunakan Berbagi Lokasi Real-Time

Cara-cara diatas adalah cara berbagi lokasinya, namun kalau tanpa tips tambahan akan kesulitan bagaimana akses cepat untuk fitur ini. Sekarang kalau kamu melakukan langkah ke 1 diatas, akan muncul semacam berikut ini, tergantung berapa orang yang sudah berbagi lokasi dengan kamu:

Cara Berbagi Lokasi Real Time

Untuk memudahkan akses cepat saat ingin tahu lokasi dari seseorang, maka kamu perlu menambahkan shortcut / jalan pintas di smarphone kamu, biar tidak harus buka aplikasi map lalu tap beberapa kali. Perhatikan dua gambar berikut ini:

Cara Berbagi Lokasi Real Time

Cara Berbagi Lokasi Real Time

Nah saat kita mau melihat lokasi si A misalnya, kita akan langsung menuju ke map lokasi si A hanya sekali tap / klik.

Note:

Saat kita melihat lokasi seseorang yang berbagi lokasi dengan kita, kita akan diberitahu kapan terakhir lokasi itu terekam, misalnya semenit yang lalu, atau bahkan satu jam yang lalu, kalau ingin memperbarui, cari menu segarkan / refresh di map lokasi orang itu, dan google akan mencoba menyegarkan lokasi, dan kalau berhasil maka lokasi terekam akan memberikan informasi "baru saja".

Juga perlu diketahui bahwa saat lokasi disegarkan dari ponsel kamu, di smartphone target yang dicari lokasinya akan muncul indikator di bagian atas smartphone bahwa lokasinya sedang diawasi dan dicari, kalau memang sudah tahu sedang berbagi lokasi dengan orang lain ya jangan kaget. :-o Smartphone menunjukkan indikator ini karena perintah refresh lokasi bukan berasal dari keinginan pemilik.

Demikianlah cara berbagi lokasi secara real-time dengan orang lain di aplikasi google map. Dan semua yang saya tulis diatas hanya berlaku untuk smartphone normal. Kalau smartphonenya "sakti", maka bisa tidak berlaku, ini seperti smartphone saya. :)) Kalau tidak saya ijinkan bahkan google map tidak memiliki akses ke lokasi asli saya. Untuk masalah smatphone "sakti" ini, mungkin lain kali saja kalau ada kesempatan diulas, hanya teknik rooting saja.

Komentar 2  Recent Comments

  1. Artikel ini langsung mengingatkan saya pada komentarnya Mba Jati soal berbagi lokasi realtime dengan keluarga 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya lupa berterimakasih karena posting ini lahir setelah lihat posting mba Nisa. :) jadi ingat dan lalu screenshot-2 lalu posting.

      Hapus