Langsung ke konten utama
loading

Daftar Harga Behel / Kawat Gigi Tahun 2021 Lengkap

 

Daftar Harga Behel 2021 (*) Awalnya ada teman saya yang bertanya berapa harga behel gigi, mau pasang biar keren katanya. Nah meskipun saya tidak suka pasang kawat gigi, akhirnya saya carikan juga daftar harganya biar dia tahu. Sekalian juga berbagi disini biar makin lengkap isi blognya.

Daftar Harga Kawat Gigi / Behel 2021

Sebelum ke daftar harga kawat gigi / behel, sebaiknya kita bahas hal yang perlu dalam pemasangan behel gigi ini. Pemilihan material atau bahan dari behel / kawat gigi harus diperhatikan. Kualitas behel gigi menentukan efisensi jangka waktu perawatan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memastikan kawat gigi yang akan digunakan apakah sudah memenuhi standar atau belum. Jangan sampai kamu menggunakan behel dari kawat jemuran ya... =)) harga behel gigi

Behel / kawat gigi mempunyai beberapa bagian, yaitu:

  • Bracket. Yaitu alat yang ditempel di gigi dengan menggunakan lem khusus. Bracket dapat dibuat dari berbagai macam bahan misalnya metal, keramik atau batu permata saphire. Pastinya semakin baik bahan, harganyapun makin mahal.
  • Kawat lengkung. Kawat ini dipasang pada bracket, yang berfungsi sebagai alat penyalur tekanan pada gigi dan mengatur kemana arah tekanan tersebut agar gigi bergerak kearah yang benar.

Ukuran dan jenis kawat akan disesuaikan dengan kondisi gigi yang sedang dirawat. Kondisi gigi ini juga yang akan mempengaruhi biaya pasang behel gigi oleh dokter gigi.

  • Cincin ortodontik
    Cincin ini disebut juga dengan molar band. Biasanya dipasang pada gigi belakang yang berfungsi sebagai tumpuan kawat pada behel.
  • Karet elastis
    Alat ini digunakan untuk mengikat kawat lengkung dengan bracket. Karena sifatnya yang dapat menghilangkan keelastisan, maka kamu perlu menggantinya secara berkala saat keelastisitasan karet dirasa berkurang. Warna karet dapat kamu pilih sesuai dengan keinginan.

Behel bisa dipasang pada siapapun dengan kisaran umur berapapun. Pemasangan di usia lebih dini lebih disarankan. Tetapi, usia yang dinilai tepat adalah sekitar 8 - 14 tahun. Hal ini disebabkan pada masa ini semua gigi susu sudah mulai tanggal dan gigi permanen sudah mulai tumbuh.

Pemasangan behel pada usia dewasa juga bisa dilakukan. Tetapi karena rahang telah berkembang sempurna, maka perbaikan gigi akan memakan waktu yang cukup lama. Terlebih jika kamu memiliki masalah gigi yang serius seperti gigi tonggos.

Walaupun memakan waktu lebih lama, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Sehingga memasang behel di usia dewasa tidaklah terlambat. kamu masih bisa mengoreksi gigi walaupun sudah dewasa.

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, kamu harus berkonsultasi dulu dengan Dokter Ahli untuk menentukan jenis behel gigi yang sesuai. Tetapi, jika tujuan kamu menggunakan behel hanya untuk estetika semata, gunakan behel jenis lepasan yang mudah dipakai. Jenis behel lepasan juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan behel jenis permanen.

Biaya pemasangan behel tergantung dari permasalahan gigi yang ingin dikoreksi dan jenis behel yang kamu inginkan. Biaya pasang behel di dokter gigi spesialis orthodonti tentunya lebih mahal dibandingkan dengan dokter gigi biasa.

Hal tersebut dikarenakan dokter spesialis akan mengatasi masalah koreksi gigi yang lebih rumit dan serius serta membutuhkan pengerjaan yang lebih ekstra sehingga biayanya lebih mahal.

Walaupun biaya pasang behel di dokter gigi spesialis orthodonti lebih mahal, bagi kamu yang memiliki permasalahan susunan gigi yang serius, berkonsultasi ke dokter spesialis dapat membuat kamu lebih puas.

Untuk pemasangan behel transparan akan lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan behel biasa. Biaya memasang di ahli gigi mungkin lebih murah, namun keamanannya tidak terjamin karena tidak di tangan oleh ahlinya.

Jika kamu ingin memasang behel, sangat disarankan untuk konsultasi dan memasangnya di dokter gigi pilihan kamu agar lebih aman dan memiliki kemajuan yang baik dan cepat. Harga behel dapat dibagi menjadi dua tipe sebagai berikut.

  • Pemasangan behel gigi permanen
  • Pemasangan ini bertujuan untuk merawat gigi dengan permasalahan cukup parah. Harga termurahnya adalah Rp 5.000.000, sampai dengan Rp 12.000.000 atau bahkan lebih, tergantung tingkat keparahan dan jenis behel yang digunakan.

    Untuk harga behel gigi asli dengan bahan metal, kamu bisa memasangnya dengan harga Rp 5.000.000. Jika behel kamu berbahan metal titanium, harganya lebih mahal yaitu Rp 7.500.000 sampai dengan 12.000.000. Harga behel gigi transparan akan lebih mahal lagi. ~x(

  • Pemasangan behel gigi lepas pasang
  • Harga pemasangan ini lebih murah dibandingkan behel permanen. Biasanya kamu bisa menggunakan jenis behel ini jika kamu hanya memerlukan koreksi yang ringan atau dalam tahap akhir koreksi gigi. kamu cukup menyiapkan dana sekitar Rp. 500.000,- sampai dengan Rp. 4.000.000,- untuk mendapatkan behel gigi lepas pasang. Harga sangat dipengaruhi jenis behel yang kamu pilih.

Berikut ini adalah daftar harga kawat gigi yang dikumpulkan dari banyak sumber.

Daftar Harga Kawat Gigi Tipe Bracket Metal

Jenis kawat gigi/behelHarga (Rp)
Bracket metal mini ortodhontic400.000-500.000
Bracket metal mini/std protec520.000
Bracket metal mini biom560.000
Bracket metal mini imd licency USA570.000
Bracket metal mini motif protec580.000
Bracket metal mini root protec590.000
Bracket metal mini orthoamerica680.000
Bracket metal mini motif orthoamerica730.000
Bracket metal orthoclasic680.000
Bracket metal std epsilon800.000
Bracket metal std classone810.000
Bracket metal dentaurum German980.000

Daftar Harga Kawat Gigi Tipe Bracket Transparant

Jenis kawat gigi/behelHarga (Rp)
Bracket transparant composite 3b700.000
Bracket transparant composite medkraft820.000
Bracket transparant ceramic classone780.000
Bracket transparant ceramic protec980.000

Daftar Harga Kawat Gigi Lepas Pasang

Jenis kawat gigiHarga (Rp)
Behel lepas pasang twin colour (atas atau bawah saja)90.0000
Behel lepas pasang twin colour (atas bawah)160.000
Behel lepas pasang power chain (atas atau bawah saja)90.000
Behel lepas pasang power chain (atas bawah)160.000
Behel lepas pasang tin colour mix PO (atas twin colour, bawah PO)150.000
Behel lepas pasang power chain mix PO (atas power chain, bawah PO)150.000

Harga-harga di atas adalah harga umum, bisa terjadi perbedaan harga, biasanya disesuaikan dengan kebijakan masing-masing dokter gigi. Tetapi dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin memasang kawat gigi. Satu lagi jangan lupa, meski pakai behel kalau gigi kamu partai golkar alias kuning, itu tidak keren lagi loooh... so lihat juga Cara Memutihkan Gigi dan Membersihkan Noda Gigi.

Hhhh... padahal gigi asli selalu lebih berharga... @-) tanpa biaya lagi :)

Referensi

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Daftar Harga Behel / Kawat Gigi Tahun 2021 Lengkap” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Sabtu, 30 Desember 2017
Last Modified:2020-12-16T06:11:34Z

Recent Posts

    Komentar 1  Recent Comments