Langsung ke konten utama
loading

Diagram Relasi Tabel Wordpress

Wordpress sebagai sebuah CMS (Content Management System) yang dibicarakan kali ini, :) bukan wordpress yang bisa bikin blog gratisan itu. Bagi penggunanya yang hanya memanfaatkan wordpress asal pakai maka tidak perlu mengetahui susunan relasi tabel dari databasenya, namun bagi yang suka oprek-oprek kode PHP dan ingin membuat plugin wordpress maka pengetahuan tentang susunan tabel wordpress sangat diperlukan.

Diagram Relasi Tabel Wordpress

Kalau kita melihatnya di phpmyadmin, maka relasi tabelnya sulit digambarkan, karena kita hanya akan melihat tabel-tabel saja meskipun ada keterangan tentang jenis field dan ada keterangan tentang primary key dan lain-lain. Akan makin bingung kalau lihat tabel meta, karena banyak berisi ID dan foreign key saja. Tabel Wordpress

Saat main-main ke wordpress.org kesasar pada masalah tabel relasional wordpress ini, akhirnya save as untuk koleksi kalau nanti diperlukan. Terutama hubungannya dengan custom field wordpress yang sering saya gunakan untuk membuat jenis postingan dengan data tertentu.

Lho ada yang pusing masalah relasi tabel? Secara umum tiap database selalu memiliki beberapa tabel yang memiliki hubungan. Hubungan bisa Satu ke Banyak, Banyak ke Satu, Banyak ke Banyak. Halah yang gak ngerti abaikan saja dah, lagian yang penting blognya bisa hidup beres, gak perlu tahu database segala, sepertinya keruwetan kode ini bukan salah satu keuntungan blogger.

Dibawah ini gambar relasi tabel wordpress, yang butuh save as dah mumpung ingat, yang gak butuh ya sudah liat tok kan gapapa sambil mengagumi karya pengembang Wordpress, atau hanya sekedar biar mata capek liatnya. :)) (klik untuk memperjelas gambar)

Diagram Relasi Tabel Wordpress

Komentar 0  Recent Comments