Langsung ke konten utama
loading

Bahasa Jawa Memang Kaya Sinonim, Untuk Kata (Jatuh) Saja Begini Banyak [PIDIO]

  

“Jatuh” semua tahu artinya, :) “runtuh” bisa disebut sinonimnya dalam bahasa Indonesia, namun coba cari lagi sinonim untuk kata “jatuh” lainnya, pasti akan sedikit kesulitan karena memang tidak banyak sinonimnya. Dalam bahasa jawa, untuk kata jatuh saja sinonimnya seabreg, dan uniknya, sinonim-sinonim tersebut bukanlah inefisiensi bahasa, sebab pada kenyataannya penggunaannya memang berbeda-beda. Bisa dibilang ini bukanlah sinonim murni, tapi menjadi kata khusus untuk jatuh yang khusus pula. Nggeblak Jatuh

Pengantar diatas akan kamu pahami kalau sudah menonton video pendek dibawah ini, dan kamu bukan orang jawa? coba nanti cari kata-kata sinonim jatuh dalam bahasa Jawa ini dalam bahasa daerah kamu, apa juga sebanyak bahasa jawa?

Berikut Daftar Sinonim Kata Jatuh

  1. Nggeblak
  2. Ndlosor
  3. Ceblok
  4. Nggelundung
  5. Nyungsep
  6. Nyosop
  7. Njungkel
  8. Kejeglong

Ada 8 sinonim kata jatuh dalam bahasa jawa, untuk penggunaannya akan dijelaskan oleh orang barat di video / pidio.

Turis pinter jawa rupanya.

Sinonim Bahasa Madura

Dalam bahasa madura kata jatuh juga ada beberapa, berikut ini yang saya tahu entah kalau ada yang terlewat.

  1. Labu
  2. Gegger
  3. Nyongsep

Abbeh... cuma bisa nyebutin tiga, tapi labu dalam bahasa madura ada pasangannya, misal, labu agentang, dll lupa kalau diingat, kalau pas ada yang bicara baru ingat. :))

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Bahasa Jawa Memang Kaya Sinonim, Untuk Kata (Jatuh) Saja Begini Banyak [PIDIO]” ini saya unggah dari Wringin Agung, Kec. Jombang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. 
Published:Senin, 24 Agustus 2020
Last Modified:2020-11-28T20:33:26Z

Recent Posts

    Komentar 7  Recent Comments