Langsung ke konten utama
loading

Apa itu Zodiak (Zodiac) Ramalan Bintang?

 

Zodiak (Zodiac) yang seringkali disebut sebagai Ramalan Bintang, yang sering ada di surat-surat kabar kita pasti sudah tahu, tapi benarkah Anda tahu apa itu sebenarnya zodiac? Kalau belum silahkan dilanjutkan membaca ulasan kali ini. Zodiak (zodiac) adalah istilah bahasa Yunani, aslinya adalah "Zoodiacos Cyclos", artinya Lingkaran Hewan. Lingkaran hewan disini yang dimaksud adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika, tetapi istilah ini dapat pula merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 13.

Zodiak

Konsep dipercaya muncul pertama kali berasal dari peradaban Lembah Sungai Eufrat, saat itu kemungkinan hanya muncul dengan enam rasi, Taurus, Cancer, Virgo, Scorpio, Capricornus, dan Pisces, yang kemudian dipecah menjadi 12 karena penampakan tahunan 12 kali Bulan purnama pada bagian-bagian berurutan dari sabuk khayal tersebut. pengertian zodiak

Diatas ada kata dicetak tebal "Lingkaran Ekliptika", dibawah ini penjelasannya:

Di bola langit terdapat garis khayal yang disebut dengan lingkaran ekliptika. Kalau diamati dari bumi, semua benda tata surya (planet, Bulan dan Matahari) beredar di langit mengelilingi lingkaran ekliptika. Keistimewaan dari kedua belas zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Jadi dapat disimpulkan zodiak adalah semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran ekliptika. Rasi-rasi bintang tersebut dibawah ini:

  1. Aquarius: Pembawa Air, Matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jan - 16 Feb (26 hari)
  2. Pisces: Ikan, Matahari berada di depan rasi ini selama 16 Feb - 11 Mar (24 hari)
  3. Aries: Domba, Matahari berada di depan rasi ini selama 11 Mar - 18 Apr (38 hari)
  4. Taurus: Kerbau, Matahari berada di depan rasi ini selama 18 Apr - 13 Mei (25 hari)
  5. Gemini: Si Kembar, Matahari berada di depan rasi ini selama 13 Mei - 22 Jun (40 hari)
  6. Cancer: Kepiting, Matahari berada di depan rasi ini selama 22 Jun - 21 Jul (29 hari)
  7. Leo: Singa, Matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jul - 10 Ags (20 hari)
  8. Virgo: Gadis Perawan, Matahari berada di depan rasi ini selama 10 Ags - 16 Sep (37 hari)
  9. Libra: Timbangan, Matahari berada di depan rasi ini selama 16 Sep - 31 Okt (45 hari)
  10. Scorpio: Kalajengking, Matahari berada di depan rasi ini selama 31 Okt - 23 Nov (23 hari)
  11. Sagitarius: Si Pemanah, Matahari berada di depan rasi ini selama 23 Nov - 18 Des (25 hari)
  12. Capricorn: Kambing Laut, Matahari berada di depan rasi ini selama 18 Des - 21 Jan (34 hari)

zodiak menurut ahli

Lalu apa hubungan rasi-rasi bintang diatas dengan ramalan bintang? yang jelas rasi diatas akhirnya dihubungkan dan digunakan untuk Astrologi. Astrologi adalah ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda-benda di tata surya (planet, bulan dan matahari) dengan nasib manusia. Karena semua planet, matahari dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptik, otomatis mereka juga beredar di antara zodiak. Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tata surya di dalam zodiak. Jadi sebenarnya ramalan bintang adalah ramalan astrologi.

Tiap orang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir awal desember akan berzodiak Sagitarius, Karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius. Kedudukan Matahari sendiri dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapat dua macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sebagian besar astrologer Barat menggunakan zodiak tropikal.

Diatas itulah sekedar ulasan umum, sedangkan untuk teknik dan detilnya dari ramalan bintang mungkin perlu seorang peramal atau astrologer untuk menjelaskannya, karena jelas saya tidak mampu menjelaskannya. Namun jika Anda ingin mendapatkan ramalan bintang zodiak dari aplikasi web online yang update tiap hari, monggo dilihat di Ramalan Zodiak / Ramalan Bintang Hari Ini.

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Apa itu Zodiak (Zodiac) Ramalan Bintang?” ini saya unggah dari Jl. Pasar No.11, Wringin Agung, Kec. Jombang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68168, Indonesia. 
Published:Kamis, 7 September 2017
Last Modified:2018-02-07T05:41:28Z

Recent Posts

    Recent Comments