Langsung ke konten utama
loading

Cara Mengubah Gambar WebP menjadi JPG

WebP Kali ini membahas bagaimana cara mengubah gambar .WebP menjadi .JPG dan sebaliknya, :) bahkan sebenarnya cara dibawah bisa mengubah format apapun, pokoknya lengkap sekali. Tapi sebelum membahas cara mengconvert .WebP menjadi .JPG, kita bahas dulu apa itu .WebP.

WebP adalah format gambar yang dikembangkan oleh Google sebagai alternatif format gambar umum (seperti PNG atau JPG) dengan kualitas yang setara namun dengan ukuran yang lebih kecil. Dari keterangan tersebut, dengan menggunakan WebP, loading gambar di web bisa semakin cepat dan juga menghemat ruang penyimpanan di server.

WebP (cara bacanya weppi) saat ini telah digunakan di berbagai situs milik Google seperti Google Play Store dan Google Chrome Web Store. Format gambar besutan Google tersebut sudah diperkenalkan sejak tahun 2010 yang lalu.

Kalau komputer kamu tidak bisa membuka file dengan format WebP ini, kamu bisa melakukan download codec WebP untuk Windows yang sudah disediakan oleh Google. Dibawah ini link downloadnya: webp image converter

WebP Codec for Windows

Lalu bagaimana cara mengubah format gambar WebP menjadi JPG atau PNG? karena jika digunakan untuk koleksi atau ingin dibagikan, sepertinya lebih simple kalau berformat selain WebP.

Caranya mudah, yaitu dengan menggunakan software atau aplikasi XnConvert. Aplikasi ini gratis, dan sakti juga, apalagi bukan software berbayar. Caranya mudah kok, pasti bisa, karena tinggal pilih input dan outputnya, lalu jadi. Bukan hanya untuk file WebP, untuk file format lain juga bisa, bahkan bisa mengconvert banyak sekaligus (bulk convert).

xconvert

Baiklah langsung saja di download dibawah ini, ukuran installer cuma 14MB.

XnConvert

Dibawah ini ada dua gambar yang sama dari format berbeda, yang pertama adalah WebP sedangkan yang kedua adalah JPG. Coba saja di download dan bandingkan ukurannya. Gambar ini juga hasil convert dengan XnConvert.

Klik untuk memperbesar gambar untuk membandingkan kualitasnya. Eh, itu gambar orang thawaf kehujanan pas musim haji. Tapi gak sampai banjir, kalau mau lihat yang banjir lihat di foto-foto Ka'bah kebanjiran.

Bailah sekian dulu, semoga bermanfaat. Lihat juga bagaimana convert foto menjadi text foto.

Komentar 2  Recent Comments

  1. Payah! gak bisa di download, gak niyat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah diperbaiki bos... :) hayya... :) maaf ^:)^

      Hapus