Langsung ke konten utama
loading

Cara Mudah Mengatasi Printer Bermasalah - User Intervention Required

User Intervention Required

Saat printer kamu mengeluarkan notifikasi di windows dengan isi peringatan seperti, "Printer need user intervention" atau "'Canon iP2700 series' has a problem that requires your intervention" dan sejenisnya. Maka sebenarnya pernah terjadi masalah di printer sebelumnya. Dan masalah itu harus diatasi. Masalahnya biasanya karena kertas habis, tinta habis, kertas selip, atau selang infus tinta masuk angin untuk pengguna printer modif infus, dan bisa juga masalah lain yang lupa disebutkan.

Yang jadi masalah ketika kita sudah melakukan intervensi misalnya jika kertas selip, sudah kita betulkan dan sudah dibersihkan kertas yang nyantol, tapi windows masih saja mengatakan bahwa perlu intervensi, maka sepertinya kamu perlu melakukan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka Devices and Printers di menu Control Panel.
  2. Klik kanan pada ikon printer kamu yang mengalami trouble dan pilih See what's printing, maka sebuah window akan muncul.
  3. Hapus atau cancel antrian cetak yang ada pada daftar didalam window tersebut dengan cara klik Menu Printer pilih Cancel All Documents.
  4. Cobalah lakukan print kembali apabila masih belum bisa dan masih mengeluarkan pemberitahuan "User Intervention Required" maka cobalah dengan cara berikutnya.

Sebelum melakukan langkah dibawah ini, bersihkan lagi antrian cetak (langkah 1 sampai 3 diatas) lalu lakukan sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R dan ketikkan services.msc setelah muncul kotak Run, klik OK, maka akan muncul Windows "Services".
  2. Carilah "Print Spooler" Pada tab sebelah kanan dan pada kolom Name. Lalu klik Restart. Perhatikan gambar dibawah kalau bingung (klik untuk memperbesar).
  3. Windows Services

  4. Apabila sudah selesai, coba kembali untuk mencetak.

Sampai tahap ini saya berhasil melakukan cetak, intinya printer menerima respon perintah dari PC / laptop. Jika masalah timbul dari selang tinta yang masuk angin, setelah langkah-langkah diatas sudah dilakukan, lakukan proses perawatan seperti gambar dibawah ini.

Printer Maintenance

Semoga bermanfaat bagi yang mengalami problem Printer need user intervention. Untuk masalah lain seperti bagaimana manambah kertas ukuran folio di printer, lihat Cara Menambahkan Kertas Folio di Daftar Kertas Printer.

Komentar 0  Recent Comments