Langsung ke konten utama
loading

Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO

 

Sebenarnya penulisan yang benar mana ya, Onpage - Offpage atau On Page - Off Page? @-) ah sudahlah mana aja pake dah, yang penting maksudnya sama. Yang paling penting itu adalah tahu bedanya. Setelah tahu bedanya baru bagaimana tekniknya, \:d/ kan gitu?

seo Walaupun pondokjeruk.com adalah blognya seorang pemula, tapi dengan memberanikan diri membahas tentang SEO, anggap saja sebagai media belajar sendiri agar tidak lupa dengan teknik SEO yang selama ini dipelajari dari para ahli SEO.

Bermula seorang sobat bertanya pada saya tentang apa bedanya onpage SEO dengan offpage SEO?, sebenarnya saya juga kurang jelas, :)) tapi daripada tidak menjawab, maka saya jawab juga disini, (sok pinter mode ON) semoga bisa menjadi pengobat kebingungan. Beda Onpage SEO dan Offpage SEO

OnPage SEO

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan tentang sebuah optimasi SEO dari sebuah teknik SEO yang "Hidup". Lho kok hidup? Ya iyalah, sebutannya saja "ON", artinya kan hidup atau nyala? =))

Maksudnya adalah blog atau situs kita memiliki akses penuh ('ON', diartikan 'Berkuasa') pada optimasi ini. Dan ini terjadi di area situs atau blog itu sendiri. Didalamnya mencakup, internal link, susunan template, isi konten, kerapatan keyword dan lain sebagainya yang merupakan bagian dari situs atau blog yang bersangkutan.

OffPage SEO

Sebaliknya Off (Mati) artinya optimasi ini dilakukan dari area yang ada diluar situs, blog atau halaman tertentu. ("Off", diartikan "tidak berkuasa") disini artinya kita hanya akan mendapat linkback jika apa yang ada di situs atau blog mendapat backlink dari situs lainnya. Link tersebut dianggap sebagai suara pada situs yang dituju.

Pada prakteknya para webmaster ternyata menyiasati ini dengan membuat blog dummy, sehingga akhirnya link yang terjadi menjadi disengaja dan dilakukan oleh pihak yang sama.

Padahal konsep ini sebelumnya lebih ditekankan agar link yang terjadi adalah "wajar", maksudnya situs A akan memberi link pada situs B jika ada konten yang menarik dan bermanfaat di situs A. Jadi bukanlah sebuah rekayasa.

Pada banyak kasus di jaman dulu :d maksudnya algoritma google yang lama, kekuatan Offpage SEO lebih bagus dibanding dengan Onpage SEO, tapi kombinasi keduanya ini akan sangat bagus hasilnya. Tapi seiring dengan update algoritma, walaupun offpage SEO penting, tapi kalau linkback didapat dari situs ngawur dan tidak relevan, malah berisiko kena penalty, apalagi kalau linknya berasal dari situs spam, begitu kata para pakar SEO terkini.

Nah diatas itulah penjelasan sederhana perbedaan dari On Page SEO dengan Off Page SEO, Jika ada salah mohon maaf ^:)^ dan monggo dikoreksi, penjelasan diatas menggunakan bahasa dan contoh yang dibuat sendiri, mohon jangan ditertawakan kalau salah, :-ss karena masih seorang pemula.

star
Bagikan

Author

AdminSaya adalah blogger kampung Pondok Jeruk. Jika dalam beberapa posting saya ada yang tidak berkenan, mohon dimaklumi saya wong ndeso. :)

Post “Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO” ini saya unggah dari Wringin Agung, Jombang Sub-District, Jember Regency, East Java, Indonesia. 
Published:Jumat, 10 November 2017
Last Modified:2020-11-18T00:47:35Z

Recent Posts

    Recent Comments