Langsung ke konten utama
loading

Tips Agar Anak Pintar

Tips Membuat Anak Pintar (*) Dibawah ini perlu bagi para orang tua untuk mengetahui demi anak-anak tercinta. Yaitu tips agar anak-anak kita akan menjadi anak pintar dan membuat kita bahagia. Kecerdasan memang adalah anugerah bawaan, tapi latihan juga memegang peranan penting bagi siapapun untuk mengembangkan potensinya.

Anak Pintar

Tips ini tentu saja untuk anak-anak yang sudah lahir, tapi jika Anda adalah calon ibu dan sedang menghitung-hitung kehamilan dan menunggu kelahiran, Anda tetap perlu berusaha membangun kecerdasan anak dari konsumsi makanan, salah satunya adalah membiasakan Ibu hamil untuk makan ikan di saat hamil agar anak menjadi cerdas.

Tips dibawah mencoba membantu Anda untuk menangani anak. Faktor yang mempengaruhi kepintaran seorang anak juga ditentukan oleh lingkungannya. seperti lingkungan keluarga, masyarakat serta dirinya sendiri. Anak Pintar

Ada banyak hal yang bisa membuat anak menjadi lebih pintar, tentunya selain dengan belajar di sekolah. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat anak menjadi lebih pintar, seperti:

Bermain Permainan yang Berpikir

Catur, teka-teki silang dan sudoku selain menyenangkan juga mendukung strategi berpikir anak-anak, bagaimana cara menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan yang kompleks. Apalagi saat ini banyak tersedia permainan-permainan yang dijual di toko buku yang merangsang anak untuk berpikir. Belikan saja mainan tersebut.

Bermain Musik

Bermain musik selain menyenangkan juga bisa merangsang pertumbuhan otak kanan. Menurut sebuah studi di Universitas Toronto, diadakannya pelajaran musik bisa memberikan keuntungan dalam meningkatkan IQ anak dan performa akademisnya. Semakin lama waktu yang digunakan untuk bermain musik maka efek yang dihasilkan juga semakin besar.

Untuk masalah ini memang sudah terbukti. Meskipun tidak meningkatkan kecerdasan sekalipun, bermain musik melatih otak untuk selaras antara otak kanan dan otak kiri. Sebab bermain musik harus tepat ketukan tempo dan dua tangan akan memainkan dalam aturan yang jelas. Dua tangan ini digerakkan oleh bagian otak yang berbeda, jadi semakin dilatih, akan membuat orak terlatih bekerja sama dengan baik.

Pemberian ASI

ASI adalah makanan otak yang paling dasar. Peneliti secara konsisten terus menunjukkan berbagai macam keuntungan ASI yang behubungan dengan pertumbuhan bayi. Anak yang mengkonsumsi ASI eksklusif akan memiliki tingkat kepintaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi ASI hanya beberapa bulan saja.

Oleh sebab itulah sejak 14 abad yang lalu Rasulullah SAW menyuruh para ibu memberi ASI pada bayi sampai dua tahun, sebab ternyata terbukti hal ini membuat anak-anak menjadi cerdas.

Membiasakan Berolahraga

Para peneliti di Universitas Illinois menunjukkan hubungan yang kuat antara kebugaran dan prestasi akademik di antara anak-anak sekolah dasar. Semakin bugar badan sang anak maka kemampuan dalam menerima pelajaran juga meningkat. Sebaiknya mendorong anak untuk terlibat dalam aktivitas fisik atau organisasi olah raga tertentu sesuai dengan minat anak.

14 abad yang lalu juga Rasulullah SAW menyuruh melatih anak-anak berkuda dan memanah sebagai bentuk olah raga di jaman itu. Oleh sebab itu, membiasakan anak-anak berolah raga ini selaras dengan sunnah.

Singkirkan Makanan Siap Saji

Mengurangi asupan gula, lemak trans dari makanan siap saji dan menggantinya dengan makanan bergizi tinggi yang baik untuk perkembangan mental anak usia dini serta berfungsi dalam perkembangan motorik anak pada usia 1-2 tahun pertama. Contohnya anak-anak memerlukan zat besi untuk perkembangan jaringan otak yang sehat, anak yang kekurangan zat besi akan lambat dalam menerima rangsangan.

Bagaimanapun juga di dunia ini, yang asli murni tanpa pengawet selalu yang terbaik, semua rekayasa manusia pada akhirnya tetap memiliki efek samping.

Mengembangkan Rasa Ingin Tahu

Para ahli mengatakan orang tua yang menunjukkan rasa ingin tahunya pada anak akan mendorong anak untuk mencari ide-ide baru, sehingga merangsang anak untuk berpikir. Mengajari anak keterampilan baru serta pendidikan di luar rumah juga bisa mengembangkan rasa ingin tahu anak dan intelektualnya.

Oleh sebab itu, anak-anak yang banyak bertanya, itu harus kita sikapi dengan bijak, jangan karena kita malas menjawab malah memarahinya sebagai cerewet.

Budayakan Membaca

Membaca adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangan kognitif anak-anak dari segala usia. Cara ini bisa dimulai dengan sering membacakan anak dongeng sebelum tidur dan sering-seringlah memberikan anak hadiah buku yang bisa menarik perhatiannya.

Untuk masalah ini tidak perlu penjelasan, kalau Anda sendiri malas membaca, maka bisa jadi Anda bukanlah orang yang pintar :)) bercanda ya.

Mengajarkan Kepercayaan Diri

Orang tua sebaiknya meningkatkan semangat dan optimisme anak-anak. Berpartisipasi dalam tim olahraga atau kegiatan sosial akan membantu meningkatkan kepercayaan diri sang anak diantara teman-temannya.

Kepercayaan diri selain akan membangun mentalnya juga akan membuatnya cerdas, sebab keduannya berbanding lurus. Tidak ada satupun di dunia ini anak cerdas dan pintar yang minder.

Memberikan Sarapan yang Sehat

Para peneliti meyakinkan bahwa mengonsumsi sarapan yang sehat akan meningkatkan memori dan konsentrasi anak dalam belajar. Anak-anak yang tidak dibiasakan sarapan cenderung lebih mudah marah dan kurang konsentrasi pada waktu belajar, sementara anak yang sarapan akan tetap fokus dan bergerak selama jam sekolah.


Nah itulah cara-cara untuk membuat anak-anak menjadi pintar. Pintar memang tidak sama dengan cerdas. Namun dengan latihan yang tepat, anak-anak yang kurang cerdas juga bisa menjadi pintar.

Kecerdasan adalah anugerah Allah yang tidak bisa kita kejar, namun belajar dan berlatih adalah usaha kita sendiri, dan Allah SWT tidak akan mengabaikan sebuah usaha. Semoga anak-anak kita menjadi insan yang cerdas, Amin.

Perlu juga diketahui bahwa meskipun anak kita pintar dan cerdas serta ranking di sekolah, janganlah kita mendewakan ranking sekolahnya, sebab akan menjadi tekanan bagi anak-anak. Untuk lebih jauh tentang ulasan ini silahkan lihat di Ranking di Sekolah Bukanlah Segalanya.

Komentar 6  Recent Comments

  1. Ada satu lagi yang selalu ibu saya lakukan untuk anak-anaknya. Yaitu selalu mengucapkan kata-kata yang baik kepada anak-anak dan doa yang tidak pernah terputus untuk kebaikan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang senjata paling hebaat dari seorang ibu adalah doa mbak. Dan itu yang saya harapkan sampai saat ini meskipun saya sudah punya anak juga. :)

      {blockquote}Tips diatas hanya agar anak pintar, tapi kepintaran tanpa moral dan akhlak yang baik akan menjadi buta. Jadi akhlak yang nomor satu, baru ilmu. Sebab moral baik saja tanpa ilmu juga lumpuh.
      {small}kata guru saya{/small}
      {/blockquote}

      Salam kenal mbak Khairunnisa, kata suami saya njenengan blogger wanita yang pintar. :)

      Hapus
    2. Salam kenal juga, Mba. Saya mah blogger yang biasa aja.

      Btw, saya jadi kepo nih. Suaminya mas Faisal atau Achmad Husain? ๐Ÿ˜…

      Hapus
    3. Mas Faisal Mbak, Achmad itu keponakan :)

      Mbak Nisa katanya pinter nulis, sedang aku ini hanya ngepostkan artikel dulu di blog tahun 2010-an yang sudah mati blognya karena gak diperpanjang, cuma bisa koreksi penulisan saja :( Disuruh belajar nulis gak bisa. Cuma ikut-ikutan aja posting di blog kalau pas longgar, tapi cuma posting ulang.

      Hapus
    4. Kebetulan aja, Mba, saya suka menulis, jadi disalurkan lewat blog.

      Saya langsung suka dengan blog ini. Konsepnya keroyokan. Satu blog yang diasuh oleh satu keluarga ๐Ÿ˜Š

      Menulis itu ngga perlu banyak mikir mba. Tulis aja apa yang mau ditulis. Sering baca, mencoba dan sering menulis, lama-lama mba juga mahir ๐Ÿ˜‰

      Hapus
    5. Memang menulis harus punya bakat dan hobi sepertinya mbak, kalau gak ada hoby, seperti disuruh masuk ke sumur saja kalau diminta menulis :)), 2 hari bisa cuma 1 paragraf doang. Sudah gak pede dari awal.

      Btw, posting-posting disini memang 90% masih memindahkan posting dari blog lama yang dianggap masih relevan mbak. Padahal dulu juga dari hasil rewrite. Sebab yang ahli menulis tidak ada di sini, mohon dimaklumi kalau tidak seperti posting blog para blogger master.

      Hapus