Langsung ke konten utama
loading

Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install

Banyaknya aplikasi di playstore seringkali membuat kira pusing ~x( mau pilih yang mana, untuk aplikasi dengan fungsi yang sama saja, misalnya untuk mengunci aplikasi WhatsApp, kita harus memilih begitu banyak aplikasi. Kalau semua memuaskan sih enak, kalau gak enak, maka itu bisa bikin kesal, karena setelah menginstall aplikasi, akhirnya dibuang juga dengan uninstall lagi. Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install

Untuk mencoba aplikasi android tanpa harus meng-install aplikasi kita bisa menggunakan Android Instant Apps. Android Instant Apps adalah fitur terbaru dari Google yang memungkinkan penggunanya dapat mencoba aplikasi tanpa harus meng-install aplikasi tersebut. Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia di OS Android Nougat. Untuk OS versi lama ya terpaksa tidak bisa dan harus pakai cara biasa diinstall dulu baru dicoba.

Cara Mengaktifkan Fitur Android Instant Apps

Agar smartphone android kamu bisa mencoba aplikasi tanpa harus meng-install, kamu harus mengaktifkan fitur Android Instant Apps terlebih dahulu. Berikut ini cara mengaktifkannya:

1. Buka menu Setting, lalu pilih menu Google.

Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install 1

2. Pilih menu Aplikasi Instan. Lalu klik toggle di pojok kanan atas untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install 2

3. Setelah kamu aktifkan, akan ada informasi dan disclaimer yang akan ditampilkan. Setelah kamu baca, tap YA, SAYA IKUT. Maka toggle yang di pojok kanan atas layar akan menyala ke posisi on. Dan fitur Instant Apps sudah diaktifkan.

Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install 3

Sampai langkah ini sebenarnya smartphone kamu, atau lebih tepatnya akun google kamu sudah bisa melakukan percobaan aplikasi android tanpa harus meng-installnya. Untuk mencoba fitur ini caranya baca lebih lanjut.

Cara Menggunakan Fitur Android Instant Apps

Buka aplikasi Google Chrome, lalu ketikkan aplikasi yang ingin dicoba. Cari aplikasi yang di sertai dengan kata “Instant“.

Note: Tidak semua aplikasi tersedia dalam fitur Instant, hanya aplikasi yang sudah tersedia dalam platform cloud-based yang memiliki fitur Instant Apps.

Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install 4

Tap aplikasi yang ingin kamu coba, aplikasi tersebut akan otomatis terbuka. Di dalam aplikasi tersebut, kamu tidak hanya bisa melihat tampilan luarnya saja tetapi kamu juga bisa mencoba berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi. Jadi silahkan dicoba-coba, lalu ganti coba aplikasi lainnya.

Itulah cara lengkap dan langkah-langkah menggunakan fitur android Instant Apps yang berguna untuk mencoba aplikasi tanpa harus menginstallnya.

star
Bagikan

Author

Jati SusilowatiOrang jawa biasa, yang mencoba mensyukuri nikmat dari gusti (Allah). Sura Dira Jayaningrat, x( Lebur Dening Pangastuti. ~o) @};- SEMANGAT!

Post “Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install” ini saya unggah dari Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia. 
Published:Senin, 4 Desember 2017
Last Modified:2018-02-20T15:43:45Z

Recent Posts

    Komentar 6  Recent Comments